. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 05 April 2023

Dinding Ari Diminati Pendaki Mancanegara, Ini Faktor Penguatnya


Dinding Ari, yang berketinggian 2.167 Mdpl sekaligus menjadi puncak tertinggi kedua Gunung Galunggung, ternyata peminatnya bukan cuma pendaki Nusantara pun mancanegara.

Informasi menarik tentang pendaki asing yang pernah mendaki puncak Gunung Galunggung yang masuk wilayah  Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat tersebut, TravelPlus Indonesia peroleh dari Abah Toteng selaku warga lokal yang rumahnya di Desa Cidugaleun biasa dijadikan basecamp (BC) jalur pendakian (japen) ke puncak Dinding Ari.

Menurut Abah Toteng, pendaki mancanegara yang pernah mendaki puncak Dinding Ari bernama Steven Ramsey dari Amerika Serikat dan Carissa Apolo dari Filipina.

"Keduanya tercatat datang tanggal 6 Juli 2020. Mereka naik atau nanjak tanggal 7 Juli 2020 dan turun pada tanggal yang sama alias  tektok," terangnya belum lama ini.

Selain kedua pendaki tersebut, masih ada  warga asing lagi yang datang. Namanya Aroy dari Timor Leste, seorang mahasiswa geologi yang melakukan tugas kuliah di Gunung Galunggung.

"Tapi Abah lupa lagi tahun berapa Aroy datang, karena waktu itu masih belum didata," ungkapnya.


Berdasarkan informasi tersebut membuktikan Dinding Ari yang merupakan bagian dari Gunung Galunggung, juga sudah mendapat perhatian wisatawan mancanegara baik untuk tujuan pendakian maupun pendataan ataupun penelitian.

Dibanding dengan Kawasan Wisata Gunung Galunggung yang berada di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, nama Dinding Ari memang belum begitu tersohor.

Ini disebabkan karena publikasi dan promosi puncak Dinding Ari tak bisa dipungkiri kalah jauh dibanding Kawasan Wisata Gunung Galunggung. Coba saja Anda cek di google, lebih dulu dan lebih banyak informasi tentang Kawasan Wisata Gunung Galunggung daripada Dinding Ari.

Ditambah lagi Kawasan Wisata Gunung Galunggung yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya ini lebih mudah diakses dan lebih cepat sampai ke kawah Galunggung dengan hanya menapaki 620 anak tangga serta ditambah banyak objek wisata lain di sekitarnya. Sedangkan Dinding Ari, aksesnya kalau dari Jakarta dengan kendaraan umum harus ke pusat Kecamatan Singaparna terlebih dulu lalu ke Kecamatan Cigalontang tepatnya ke BC Abah Toteng di Desa Cidugaleun, dan ditambah lagi harus melakukan pendakian yang tidak bisa dianggap enteng untuk sampai ke puncaknya.

Dengan kata lain, Kawasan Wisata Gunung Galunggung lebih bersifat wisata rekreasi yang peminatnya tentu jauh lebih umum (banyak), dibandingkan Dinding Ari yang bermuatan wisata petualangan, tepatnya pendakian.

Lalu faktor apa saja yang membuat Dinding Ari sekalipun belum dikenal luas namun ternyata mulai diminati bukan cuma pendaki Indonesia pun mancanegara?


Berdasarkan amatan TravelPlus Indonesia yang pernah beberapa kali ke Kawasan Wisata Gunung Galunggung berikut ke objek wisata sekitarnya seperti pemandian air panas (Cipanas) yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan lainnya, dan sekali mendaki Beuti Canar puncak tertinggi pertama Gunung Galunggung yang berada di wilayah Kabupaten Garut, serta sekali mendaki Dinding Ari dalam kegiatan bertajuk Sapu Gunung yang diadakan oleh komunitas Pendaki Tasikmalaya, Taciba, dan KPGIR Parahyangan baru-baru ini, tepatnya menjelang bulan Ramadan, ada beberapa faktor penguatnya, di antaranya karena Dinding Ari merupakan salah satu sisa dari erupsi besar Gunung Galunggung pada tahun 1982.

Akibat letusan yang berlangsung berbulan-bulan itu, nama Gunung Galunggung mendunia sekalipun waktu itu belum ada ragam medsos, dan sekaligus menarik perhatian bagi kalangan tertentu.

Buat wisatawan yang memiliki jiwa petualangan atau rasa ingin tahu yang besar, apalagi yang senang melakukan pendataan dan penelitian, tentu selain Kawasan Wisata Gunung Galunggung yang mudah dijangkau, pun ingin melihat/mengetahui/mendata lokasi lain yang masih menjadi bagian Galunggung, yakni Dinding Ari dan Beuti Canar, supaya datanya komplit.

Faktor penguat lainnya, bagi pendaki gunung yang juga berjiwa petualang dan sudah bosan dengan japen sejuta umat seperti japen Gunung Putri dan Cibodas-nya Gunung Gede, japen Sembalun dan Senaru-nya Gunung Rinjani, japen Patak Banteng-nya Gunung Prau dan japen gunung-gunung populer lainnya, tentu ingin mencari sensasi japen lain yang begitu tersohor, dan salah satu pilihannya jatuh ke japen Puncak Dinding Ari via Desa Cidugaleun karena japennya relatif masih asri dan treknya cukup variatif.


Berikutnya, diawal pendakian pendaki pun sudah disuguhkan panorama alam yang terbilang menawan berupa dusun dengan rumah-rumah panggung khas Sunda di kaki gunung, persawahan, sungai, dan hutan pinus. Ditambah lagi, masih di desa yang sama yakni Desa Cidugaleun, terdapat objek wisata air terjun bernama Curug Ciparay yang menarik dikunjungi sebelum ataupun selepas melakukan pendakian.

Faktor penguat lainnya, di Dinding Ari pendaki ataupun pengunjung biasa yang punya perhatian lebih terhadap lingkungan, juga bisa melakukan aksi penanaman pohon. Untuk mengetahui jenis bibit pohon apa saja yang bisa ditanam dan sesuai dengan karakter dan kontur tanah di kawasan Dinding Ari serta berapa harga bibit pohonnya, bisa menghubungi Abah Toteng.

Itulah beberapa faktor penguat versi TravelPlus Indonesia yang membuat Puncak Dinding Ari juga diminati pendaki asing selain lokal dan Nusantara.

Kini tinggal bagaimana merawat faktor-faktor penguat itu sebaik mungkin dan kalau perlu ditambah dengan kemudahan-kemudahan berikut kelebihan-kelebihan lainnya seperti ketersediaan akses informasi digital yang daya siarnya bisa me-Nasional bahkan internasional agar semakin banyak pendaki maupun pengunjung biasa dari dalam dan luar negeri yang tertarik datang dan datang lagi ke Dinding Ari. Semoga bermanfaat 🙏.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia

Foto: adji & dok. panitia sapu gunung

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP