. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 17 April 2023

Bikin 6 Konten Spesial Mudik, Ini Tujuan TravelPlus dan Respons Warganet


Edisi mudik 2023, TravelPlus Indonesia membuat sekurangnya 6 konten video spesial dengan tiga tujuan utama. Sejumlah warganet pun merespon positif.

Dibilang spesial karena keenam video berdurasi pendek (short video) tersebut memuat visual dan audio atau backsound-nya berbeda.

Visualnya berupa ragam moda transportasi yang biasa digunakan untuk pulang kampung (pulkam) antara lain moda transportasi udara yakni pesawat, darat (kereta api, mobil, dan sepeda motor) serta moda transportasi air (kapal laut).

Audio masing-masing videonya memakai lirik dan lagu karya TravelPlus bahkan dinyanyikan sendiri tanpa aransemen musik.

Keenam lagi itu adalah berjudul "Cepat Pulang" yang  kontennya diunggah di Reels Instagram (IG) @adjitropis, "Aku Harus Kembali" (IG), "Sepanjang Jalan" (IG), "Demi Kamu" (di YouTube @Kelana180), "Rindu Ini" (di TikTok @FaktaWisata.id), dan lagu bertajuk "Selamat Tinggal Jakarta" di IG.

Sekurangnya ada 3 tujuan utama TravelPlus membuat 6 konten spesial Mudik 2023 tersebut, yakni untuk menggaungkan tradisi mudik, mengangkat daya tarik wisata, dan sekaligus memberi imbauan agar senantiasa berhati-hati saat berkendara apapun moda transportasi yang digunakan untuk pulkam tahun ini agar aman, nyaman, dan selamat sampai kampung halaman.

Spesialnya lagi, setiap konten pun disertai captions berupa lirik lengkap masing-masing lagu tersebut. Berikut lirik masing-masing lagu tersebut:

1. CEPAT PULANG
🎶... Terbang2 melayang
Tinggi bagaikan elang
Sejauhnya dia terbang
Pasti kan pulang

Kau harap ku begitu
Segera memelukmu
Jangan lama melayang
Terbang ke negeri orang

Cepat pulang 2x
Cepatlah pulang, itu pintamu
Lekas datang 2x
Lekaslah mendarat di bandara kerinduan ...🎵

Ini link-nya: https://www.instagram.com/reel/CrC3dlSL6xr/?igshid=MDJmNzVkMjY=

2. AKU HARUS KEMBALI
🎶... Apapun terjadi
Aku harus kembali, kembali
Apapun terjadi
Aku harus kembali, kembali

Karna sang pujaan hati menanti, menanti
Karna yg menghuni hati menanti, menanti ...🎵

Ini link-nya: https://www.instagram.com/reel/CrGGR_auR_4/?igshid=MDJmNzVkMjY=

3. SEPANJANG JALAN
🎶... Tepian pantai temani perjalanan
Menuju dusun, kampung halaman
Debur ombak smakin jelas terdengar
Menambah kerinduan

Sepanjang jalan terbayang kenangan
Masa silam penuh keriangan
Sepanjang jalan terbayang senyuman
Orang2 tersayang

Ku ingin cepat sampai
Pulkam tuk ber-Lebaran ...🎵

Ini link-nya: https://www.instagram.com/reel/CrHkcGAu2Zp/?igshid=MDJmNzVkMjY=.

4. DEMI KAMU
🎶... Demi kamu, ku seberangi lautan
Demi kamu, ku lawan takut gelombang
Demi kamu, apapun ku lakukan
Agar bisa berkumpul di kampung halaman

Demi kamu, ku rela berpayah2
Demi kamu, tak apa digilas lelah
Demi kamu, apapun ku kerjakan
Agar bisa berkumpul di kampung halaman  ...🎵

Ini link-nya: https://youtu.be/bOshivke3Gs.

5. RINDU INI
🎶... Rindu ini tak mampu ku bendung lagi
Aku harus kembali
Rindu ini tak bisa ku tahan lagi
Kini aku kembali.., apapun yg terjadi ...🎵

Ini link-nya: https://vt.tiktok.com/ZS87BkLQm/.

6. SELAMAT TINGGAL JAKARTA
🎶... Selamat tinggal Jakarta
Sampai nanti bertemu lagi
Izinkan aku pergi
Janji pasti kembali

Selamat tinggal Jakarta
Ku pergi hanya sementara
Menuju tanah kelahiran
Nun jauh di sana ...🎵

Ini link-nya: https://www.instagram.com/reel/CrIZUqIMQqT/?igshid=MDJmNzVkMjY=.

Tak cuma itu, untuk memperluas jangkauan siarnya, di setiap captions-nya juga disertakan sejumlah tagar terkait antara lain #laguadji, #pesawat, #keretaapi, #mobil, #sepedamotor, #hatihatidijalan, #hatihatiberkendara, #bismillahirrahmanirrahim, #masyaallah, #alhamdulillah, #allahuakbar, #pendakigunung, #pencintaalam, #traveler, #backpacker, #adventurer, #prokonservasi, #pemudik, #mudik2023, #wisatamudik, dan #wisatalebaran.


Amatan TravelPlus, 4 konten spesial Mudik 2023 yang tayang di Reels IG mendapat respon positif dari sejumlah warganet.

Buktinya konten bertajuk "Cepat Pulang" sampai berita ini ditulis sudah ditonton/diputar oleh 286 viewers/penonton, "Aku Harus Kembali" (254), "Sepanjang Jalan" (381), dan "Selamat Tinggal Jakarta" sebanyak 265 viewers.

Sejumlah warganet juga memberikan  komentar beragam, beberapa di antaranya menarik perhatian TravelPlus. Misalnya di konten bertajuk "Sepanjang Jalan" yang visualnya berkendara dengan mobil di jalan yang dekat dengan pantai, ada pemilik akun IG @rositaismail76 berkomentar begini: "Jadi pingin nangis... tahun ini ndak bs mudik rindu keluarga pupus sudah ada yg lebih urgent yg harus diselesaikan".

Satu lagi si-empunya akun IG @ybudoyo memberi komentar seperti ini: "Keren Mas, jd pingin mudik nih...". Sedangkan @mountaineeringplus berkomentar begini: "Wah bikin berapa konten & lagu baru ttg mudik 2023 Om? Ampuuuun kreatif & produktif bgt 👍👍👍👍... Menariknya ada kaitan dgn wisata juga... Kaguuum 😍😍😍😍😍.

Khusus konten video terakhir yang berjudul "Selamat Tinggal Jakarta", TravelPlus racik dan unggah saat mengikuti Extended the Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) 2023  bertema "Mudik Asyik, Ekonomi Pariwisata Optimis Bangkit" secara online atas undangan Birkomlik Kemenparekraf/Baparekraf yang digelar untuk menyampaikan program dan kebijakan pemerintah, khususnya terkait Ramadan dan Libur Lebaran.

Extended WBSU secara online yang berlangsung Senin (17/4/2023) sore di Zoom Meeting tersebut menghadirkan beberapa narasumber secara offline yakni Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Nia Niscaya, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Martini Diah Paham, Deputi Bidang Industri dan Investasi Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Martini, Sekretaris Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Oneng Setya Harini, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Edy Wardoyo, dan Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Riwud Mujirahayu.

Pendongkrak Pergerakan Wisnus
Menurut Sandiaga momentum mudik setiap tahun selalu menjadi pendongkrak utama dalam pergerakan wisatawan khususnya wisatawan nusantara (wisnus).

"Mudik merupakan salah satu aktivitas pariwisata yang bervolume besar dengan pengeluaran yang tinggi. Hal ini menjadi potensi penggerak perekonomian masyarakat terbesar di Indonesia," terangnya.


Pihaknya, lanjut Sandiaga, dengan kolaborasi dan inovasi terus menghadirkan solusi agar perjalanan para pemudik menjadi aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan serta mendorong mereka untuk berwisata di Indonesia saja. "Karena dengan mudik asyik, ekonomi pariwisata optimis bangkit," ungkapnya.

Sandiaga juga menerangkan hasil survei yang dilakukan Kemenparekraf tanggal 31 Maret - 14 April 2023, antara lain sebanyak 77,6 % responden akan mudik dan sebanyak 92,0% responden akan berwisata selama libur Lebaran 2023.

"Adapun 4 jenis moda transportasi yang paling banyak digunakan responden untuk mudik adalah mobil pribadi sebanyak 22,07%, sepeda motor (20,30), bis (18,39), dan kereta api jarak jauh sebanyak 11,69%," bebernya.

Di Extended WBSU yang juga diikuti 70 media secara online dan 30 media via offline, hadir pula beberapa narasumber secara online antara lain Chief Executive Officer Atourin Benarivo Triadi Putra, General Manager Business Development Mister Aladin Yudhi Ramadhani Said, Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, dan Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP