. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 31 Maret 2023

Gajah di TNBBS Dipasang GPS Collar, Ini Harga Alatnya dan Tujuannya


Inilah Ramadhani, seekor gajah Sumatra dari kelompok gajah liar “Jambul” (yang berjumlah 6 ekor). Satwa berbelalai yang menghuni kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tersebut, baru-baru ini dipasangkan alat GPS Collar.

Pemasangan alat tersebut dilakukan oleh tim Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) bersama Balai KSDA Bengkulu beserta mitra (Repong Indonesia, YKWS, PILI, WCS dan YABI) di daerah antara Gunung Gede dan Gunung Mas yang secara administratif berada di Pekon/Desa Suka Marga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung pada Rabu, 29 Maret 2023.

Menurut Ismanto selaku Kepala BBTNBBS alat GPS Collar didatangkan dari Afrika Selatan. "Harganya Rp 47.798.698 dengan bea cukai sebesar Rp 6.598.955," terangnya kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA, Kamis (30/3/2023).

Berdasarkan hasil pengukuran (morfometri) tubuh Ramadhani oleh Tim Medis, memiliki berat badan 3.189 kg, tinggi bahu 223 cm, dan lingkar dada 382 cm.

Di akun Instagram resmi BBTNBBS @bbtn_bukitbarisanselatan, adminnya mengunggah 8 foto proses pemasangan GPS Collar tersebut. Terlihat dalam foto itu, warna GPS Collar-nya abu-abu yang terpasang melingkar di bagian leher Ramadhani.


Di captions berjudul "GPS Collar Kedua Dipasang pada Gajah Kelompok Jambul", adminnya menjelaskan tujuan pemasangan GPS Collar tersebut dalam rangka upaya mitigasi interaksi negatif antara manusia dan gajah Sumatera.

"Semoga dengan pemasangan GPS Collar dapat memberikan kontribusi yang positif atas upaya mitigasi interaksi negatif manusia dan gajah liar di wilayah kerja SPTN Wilayah III Krui, khususnya di Resort Suoh dan sekitarnya," jelas adminnya.

Dalam unggahan tersebut juga dijelaskan pula proses pemasangan GPS Collar yang memerlukan waktu ± 25 menit.

"Setelah berhasil dipasangkan, selanjutnya Tim Medis melakukan pemantauan atas gajah tersebut sampai dengan sadarkan diri dan dapat mulai berjalan kembali pada pukul 14.45 WIB," tulis adminnya lagi.

Sebagai informasi tambahan, selain gajah Sumatera, TN yang terletak di wilayah Lampung Barat dan Tanggamus, Provinsi Lampung serta Kabupaten Bengkulu Selatan di Provinsi Bengkulu ini juga menjadi rumah bagi sejumlah satwa penting lainnya seperti harimau Sumatera, kambing hutan Sumatera, kerbau liar, rusa, kijang, sejumlah primata, dan masih banyak lagi.


Kegiatan Wisata
Beragam kegiatan wisata bisa dilakukan wisatawan di beberapa spot TNBBS antara lain melihat bunga Rafflesia Arnoldii mekar di Sukaraja Atas, serta berkemah dan menjelajahi hutannya.

Selanjutnya mengunjungi Lembah Suoh yang berada pada ketinggian 1.200 Mdpl untuk mengabadikan keindahan, menjelajah hutan, berkemah, bersampan, dan berendam di 4 danau sumber mata air panasnya yakni Danau Minyak, Belibis, Lebar, dan Danau Asam.

Pilihan lainnya berwisata ke beberapa air terjun di kawasan Kubu Perahu antara lain air terjun Way Asah, Sepapahan Kanan, dan air terjun Sepapahan Kiri. Tak kalah menarik melihat gajah yang sudah dilatih melakukan patroli bahkan naik gajah tersebut sambil menyusuri sungai dan menikmati keindahan hutan di Way Pemerihan.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia
Foto: dok. @bbtn_bukitbarisanselatan & @ismanto_chepak

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP