. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 02 Februari 2023

Pendakian Gunung Raung Dibuka Lagi, Ini Paket Terbarunya dari yang Biasa sampai Sultan


Pendakian ke puncak Gunung Raung sempat ditutup selama berbulan-bulan akibat erupsi. Alhamdulillah, per 1 Februari 2023 sudah dibuka lagi.

Informasi menggembirakan buat para pendaki yang sudah ngebet pingin nanjak  Gunung berketinggian 3.344 meter di atas permukaan laut (Mdpl) sekaligus menjadi puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Ijen di Jawa Timur ini, TravelPlus Indonesia @adjitropis dapat dari Nugi, organizer sekaligus pemandu open trip (OT) dari Raung Camp @raungcamp, salah satu provider trip pendakian Raung, Kamis (2/2/2023).

Ada 6 paket barengan nanjak gunung yang diklaim sebagai gunung dengan trek jalur pendakian tersulit se-Jawa ini yang ditawarkan Raung Camp.

Pertama, Paket A Rp 425.000 per orang dengan titik kumpul atau meeting point (mepo) di basecamp (BC). Paket ini sudah termasuk guide raung, tiket pendakian, alat panjat tim seperti tali, harness, carabinner dan figure hak pakai, rumah singgah, uang kebersihan basecamp, stiker raung, souvenir sertifikat, dan dokumentasi tim.

Kedua, Paket B Rp 525.000 per orang dengan mepo di BC. Paket ini sudah termasuk Paket A+, porter air 3L (per orang), makan 1x di BC, dan gelas raung.

Ketiga Paket C Rp 650.000 per orang dengan mepo di BC. Paket ini sudah termasuk Paket A+, ojek BC - Pos 1 pp, porter air (3 liter per orang), makan 2x di BC, dan gelas raung.

Keempat, Paket D Rp 1.000.000 dengan mepo di Stasiun Kalibaru.

"Paket D ini Include seperti paket C dan ada penambahan ojek stasiun ke BC PP, tenda hak pakai, porter tenda ke camp 7, nasi bungkus untuk dimakan di camp 4, dan makan selama pendakian," terang Nugi.

Kelima, Paket E RP 1.600.000 per orang atau disebut juga Paket istimewa. "All include jadi di gunung peserta cukup membawa baju ganti, camilan pribadi selama di gunung ditambah Kaos Raung dan Porter Back Up Barang," jelasnya lagi.

Terakhir atau keenam, Paket Sultan seharga Rp 2.600.000 per orang. "Seperti paket E hanya saja ada tambahan porter pribadi 1 yang nempel peserta terus," tambah Nugi.

Semua paket itu exclude (diluar fasilitas) antara lain at pribadi (carrier, matras, sleeping bag, dll; makan atau logistik selama trip, surat sehat dan foto copy ktp, masker, hand sanitizer, dan lain lain yang tidak disebutkan di-include.

"Harga paket-paket tersebut untuk pendaki lokal Indonesia atau wisatawan nusantara," ungkap Nugi.

Adapun jadwal OT nanjak Raung Bareng Raung Camp tersebut mulai bulan Februari sampai Juni. Setiap bulan ada 4 kali OT, misalnya bulan Februari ini tersedia OT untuk tanggal 10 - 12, 16 - 18, 17 - 19, dan tanggal 24 - 26.


Travel Tips
Gunung Raung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Kabupaten Jember menjadi salah satu gunung ikonik dengan jalur paling ekstrem di Pulau Jawa.

Kalibaru merupakan salah satu jalur resmi pendakian ke 4 puncaknya yaitu puncak pertama yang bakal Anda lewati bernama Puncak Bendera (3.159 mdpl), kemudian Puncak 17 (3.108 mdpl), Puncak Tusuk Gigi (3.300 mdpl), dan terakhir Puncak Sejati, puncak tertinggi Gunung Raung di ketinggian 3.344 Mdpl.

Jalur Kalibaru dimulai dari Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi.

Kalau Anda dari Jakarta ada 3 pilihan moda  transportasi umum menuju Stasiun Kalibaru yaitu kereta api, bus, dan pesawat.

Bila naik kereta api bisa dari Stasiun Pasar Senin tujuan Stasiun Pasar Turi atau Gubeng Surabaya. Kemudian ganti kereta api Gubeng ke Stasiun Kalibaru. Untuk ke Stasiun Gubeng dari Stasiun Turi, Anda bisa naik grab atau gojek.

Bisa juga naik kereta Jakarta ke Pasar Turi menuju Stasiun Malang, dari Malang ganti kereta menuju Stasiun Kalibaru. Pilihan lain naik kereta Jakarta ke Jogja kemudian ganti kereta menuju Stasiun Kalibaru.

Jika memilih naik bus, Anda bisa cari outlet bus dengan tujuan langsung turun Kalibaru. Kalau menggunakan pesawat, bisa ke Bandara Surabaya atau Banyuwangi langsung, baru kemudian ke Stasiun Kalibaru.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia
Foto2: dok. @raungcamp


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP