. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 03 Februari 2023

Konten Masjid Al Jabbar Ditonton 12.700 Warganet, Potensial Jaring Wisman


Konten video racikan TravelPlus Indonesia  berjudul "10 Tips Jumatan di Masjid Al Jabbar Bandung", potensial menjaring wisatawan mancanegara (wisman).

Kok bisa? Soalnya sampai Jumat (3/2/2023) sudah ditonton sebanyak 12.700 warganet, dan beberapa di antaranya terdapat sejumlah orang asing dari berbagai negara, dengan kata lain tidak semua viewers-nya warganet asal Indonesia. Berarti secara otomatis nama Masjid Al Jabbar Bandung kini semakin mendunia dan berpotensi mendatangkan wisman.

Konten video yang TravelPlus buat dan unggah di Reels IG @adjitropis, tepat sepekan lalu, Jum'at (27/1/2023) sore dari masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Terapung Gedebage ini pun disukai  667 warganet dengan sejumlah komentar positif.



Jumlah viewers tersebut sekaligus memecahkan kejayaan konten racikan TravelPlus lainnya yang bertajuk  "Indahnya Panggilan Ibadah Buat Umat Islam" sebanyak 6.586 penonton, 430 di antaranya memberi jempol (like) tanda menyukainya, yang bertahan sejak 2021 lalu.

Amatan TravelPlus sekurangnya ada 6 faktor penguat yang membuat konten video tentang Masjid Al Jabbar yang TravelPlus buat sehari sebelum melakukan pendakian bersama atau nanjak bareng (nanbar) ke Gunung Tampomas di Kabupaten Sumedang dengan KAPPAL Adventure, sebuah komunitas pencinta alam dan lingkungan yang bermarkas di Kota Bandung ini ditonton belasan ribu warganet.

Keenam faktor penguat itu adalah karena visualnya, audionya, masjidnya yang lagi nge-hits, captions-nya yang memuat tips backpackeran dari Jakarta ke masjid tersebut, pengaruh orang/pihak yang ditag, dan terakhir kumpulan dari kelima faktor penguat tersebut.

Visualnya variatif, memuat beberapa video perjalanan dengan kereta api dari Stasiun Gambir ke Stasiun Bandung lanjut dengan kereta lokal ke Stasiun Cimekar, dan keindahan bagian luar (eksterior) arsitektur masjidnya.

Audionya sangat klik dengan visualnya dan harinya, yakni Jum'at, berupa lantunan Surah Al-Kahf oleh Fares Abbad.

Masjid yang menjadi objek videonya juga kebetulan lagi nge-hits menjadi destinasi wisata religi bagi Bandung.

Captions juga menarik dan informatif yang memuat 10 tips backpackeran bila ingin shalat Jumat dari Jakarta ke Masjid Al Jabbar.

Ke-10 tips itu, pertama memilih naik kereta Argo Parahyangan kelas ekonomi dari Stasiun Gambir, Jum'at 6.40 pagi, supaya  sampai Stasiun Bandung pukul 9.20. Harga tiketnya 150K (pesan tiketnya via aplikasi ataupun di gerai minimarket jauh-jauh hari).

Kedua, tiba di Stasiun Bandung langsung beli tiket kereta lokal: Bandung Raya ekonomi tujuan Stasiun Cimekar. Pilih jam berangkat pukul 10.10 agar sampai di Stasiun Cimekar (stasiun terdekat dengan. Masjid Al Jabbar) tak sampai pukul 11 siang. Harganya 5K per orang.

Ketiga, kalau tak mau repot, bisa pesan via aplikasi KAI Access dari Jakarta.

Keempat, turun dari Stasiun Cimekar bisa jalan kaki santai sekitar 10 menit ke Masjid Al Jabbar atau naik ojek pangkalan 15K.

Kelima, setibanya di Masjid Al Jabbar yang berada di Jl. Cimincrang Nomor 14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage atau di Timur Kota Bandung, Jawa Barat, duduk-duduk saja sebentar di bangku taman sambil abadikan keindahan eksterior masjid.


Keenam, setelah berwudhu, masuk ke dalam masjid untuk tunaikan salat tahiyatul masjid. (Sebaiknya pakai pakaian terbaik/ bersih dan sopan, sandal/sepatu dimasukkan ke dalam kantong kresek, tetap jaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya dan jangan lupa ber-sedekah).

Ketujuh, sambil menunggu azan salat Jumat masuk, sempatkan tadarusan dan zikiran.

Kedelapan, selepas jumatan, abadikan bagian dalam (interior) masjid.

Kesembilan, lanjut jelajah kuliner street food yang berjejer di bagian depan masjid. Menunya ada bakso cuanki, siomay, ayam geprek, tahu Sumedang, aneka minuman ringan, dan lainnya dengan niat menambah pendapatan masyarakat lokal.

Terakhir atau tips kesepuluh, sebarkan konten yang dibuat (foto/video/tulisan/lagu, dll) tentang keistimewaan Masjid Al Jabbar lewat ragam medsos Anda dengan tujuan untuk mempromosikan Bandung sebagai destinasi religi yang lg nge-hits pasca-peresmian masjid berkapasitas 60 ribu jamaah ini.

Pengaruh orang/pihak yang di-tag pun bisa jadi faktor penguatnya. Mungkin saja beberapa nama pejabat tersohor seperti Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Pr serta menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang TravelPlus tag turun menyebarluaskan link konten video tersebut.

Faktor penguat terakhir atau keenam, bisa jadi karena kumpulan dari kelima faktor penguat di atas sehingga warganet tertarik melihat dan atau memberi tanda jempol (like) maupun berkomentar.


Jumat hari ini (3/2/2023), tepatnya sebelum menunaikan shalat Jumat tadi TravelPlus membuat konten tentang Masjid Al Jabbar lagi yang juga diunggah di @adjitropis dengan sejumlah tagar terkait. Kali ini giliran bagian dalam (interiornya) yang TravelPlus tonjolkan, ditambah dengan audio lagu terbaru bertajuk "Segala Maha".

Begini liriknya:

🎶... Hanya kepada-NYA
Memohon ampun
Cuma kepada DIA
Tempat berlindung
Hanya kepada-NYA
Tujuan meminta
Karena DIA segala maha

Maha Pengampun (Al-Ghafûru الْغَفُوْرُ)
Maha Pelindung (Al-Waliyyu الْوَلِيُّ)
Maha Pengasih (Ar-Rahmânu الرَّحْمـٰنُ)
Lagi Penyayang (Ar-Raḫîmu الرَّحِيْمُ)

Maha Pengampun
Maha Pelindung
Maha Pengasih
Lagi Penyayang
Lagi Penyayang ... 🎵.


Lewat dua konten video tersebut dan satu tulisan ini, TravelPlus berharap dapat menarik minat wisnus dari berbagai provinsi di Tanah Air dan wisman untuk berwisata religi ke Masjid Al Jabbar Bandung, sekaligus menjadi ladang pahala.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP