. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 20 Februari 2023

10 Tips Nyaman Jelajah Baduy Luar Saat Dilarang Masuk Baduy Dalam


Saat ini warga Baduy dalam masih melakukan ritual Kawalu yang berlangsung sampai jelang akhir April mendatang. Selama rentang waktu itu, pengunjung tidak diperkenankan masuk ke wilayah Baduy dalam namun masih tetap diperbolehkan berkunjung dan beraktivitas wisata di Baduy luar.

Buat Anda yang berencana ingin menjelajahi Baduy luar saat tidak diperkenankan masuk wilayah Baduy dalam atau wilayah Tangtu yang terdiri atas 3 kampung yakni Cibeo, Cikeusik, dan Cikartawana karena warganya tengah melakukan Kawalu, ada sekurangnya 10 tips nyaman berdasarkan pengalaman TravelPlus Indonesia.

Pertama, sebaiknya berkunjung dalam kelompok kecil (small group) biar tidak terlalu ramai atau crowded, mudah diatur, dan dipantau. Jumlah pesertanya antara 3 - 7 orang.

Kedua, didampingi minimal satu orang teman yang sudah pernah/tahu ke Baduy supaya dapat gambaran kondisi/keberadaan daerah tempat tinggal orang Baduy baik di luar maupun di dalam. Minimal dapat informasi apa-apa saja yang sebaiknya diindahkan.


Ketiga, menghubungi warga Baduy dalam ataupun luar yang Anda kenal untuk memberi tahu tujuan kedatangan, menginap, dijemput, diantar ke spot-spot ikonik yang ada di Baduy luar, dll.

Contohnya, sewaktu mendampingi Marno (teman lama se-komunitas pegiat alam Kembara Tropis dan berdomisili di Kota Wisata Cibubur) yang mengajak 3 rekannya yakni Djoko dan Sonny dari Bandung serta Hendrik yang tinggal di Batam namun bekerja di Papua berkunjung ke Baduy luar pada 18 - 19 Maret 2023, TravelPlus tak lupa menghubungi Misja dan Mursid anak dari Alim, wakil Jaro Kampung Cibeo.

Lewat kontak via WA, Mursid membenarkan kalau Baduy dalam tidak bisa dikunjungi saat ini karena warganya masih melakukan ritual Kawalu (semacam puasanya orang Baduy), dan hanya bisa bermalam serta berkunjung di wilayah Baduy luar.  

Keempat, kalau menggunakan kendaraan pribadi ke Baduy luar lewat Ciboleger, bisa parkir di terminal Ciboleger. Sudah ada petugas jaganya, jadi aman.


Kelima, jangan lupa membeli tiket wisata Baduy Rp 5.000 per orang di loket yang ada di Ciboleger.

Keenam, selama menginap/berada di kampung Baduy luar, usahakan jangan bercanda berlebihan/tertawa keras-keras.

Ketujuh, tetap menjaga kebersihan alias tidak buang sampah sembarangan baik di imah (rumah) kampung Baduy luar, kamar mandi/toilet, pancuran, sungai, di sepanjang perjalanan menuju dan atau selama berada di spot-spot alamnya.

Kedelapan, kalau ingin mengabadikan (memotret atau merekam/memvideokan) kegiatan pemilik rumah/tetangga/warga kampung lainnya seperti memasak/menenun/membuat gula aren dll, sekalipun di wilayah Baduy luar sebaiknya tanyakan terlebih dahulu langsung ke orangnya. Kalau diizinkan silakan Anda abadikan. Jika tidak boleh, jangan lakukan sekalipun itu diam-diam ataupun candid camera.

Kesembilan, meminta bantuan kepada pemilik/anggota rumah tempat Anda menginap di kampung Baduy luar sebagai petunjuk jalan ke spot-spot alam dan buatan yang akan Anda kunjungi agar tidak kesasar dan tak lupa memberikan tips dengan ikhlas sebagai bentuk terimakasih sekaligus menjaga silaturahmi.


Contohnya kami dipandu oleh Indra, putra sulung Mursid yang baru berusia 8 tahun ke Dangdang Ageung (Danau Besar) yang berada tak jauh dari Kampung Cempaka dan ke Jembatan Bambu di Kampung Gajeboh. Sedangkan Misja adik Mursid yang tinggal di Kampung Cibeo, Baduy dalam memandu kami ke Jembatan Akar yang juga menjadi ikon spot alam Baduy di bagian Timur.

Tips terakhir atau kesepuluh, tetap mengindahkan/mematuhi pikukuh (larangan adat) yang sudah ditetapkan oleh karuhun (leluhur) mereka, antara lain tidak memaksakan kehendak memasuki wilayah Baduy dalam saat mereka melakukan Kawalu dengan alasan/keperluan apapun, dan lainnya.

Perlu diketahui, bila larangan tersebut dilanggar maka akan mendapatkan kabendon atau sanksi adat yang dipercaya dapat mendatangkan musibah buat orang yang melanggarnya.

Itulah 10 tips nyaman menjelajahi ragam daya tarik yang ada di Baduy luar saat dilarang masuk wilayah Baduy dalam, versi TravelPlus Indonesia. Semoga bermanfaat 🙏.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis, foto:  @travelplusindonesia, Mursid & Indra



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP