. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 24 Januari 2023

Vakansi ke Kampung Halamannya Nono, Sambang Pantai hingga Gunungnya


Vakansi atau liburan ke kampung halamannya Nono banyak pilihan obyek wisatanya, dari pantai sampai gunung. Tapi, siapa itu Nono dan dimana kampung halamannya?

Nono itu bocah laki-laki baru berusia 7 tahun lebih, kelahiran Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2 April 2015, yang baru-baru ini menjadi buah bibir di sejumlah media lantaran berhasil menyabet juara pertama International Abacus World Competition 2022.

Di kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan International Abacus Brain Gym itu, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang yang bernama lengkap Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay ini berhasil menyingkirkan sebanyak 7.000 pelajar lainnya dari berbagai negara yang menjadi peserta. Wow, luar biasa.

Berkat prestasinya yang membanggakan itu, anak dari pasangan Raflim Meo Tnunai dan Nuryati Seran ini pun seketika menjadi bahan pembicaraan beragam media, baik di dalam maupun luar negeri.

TravelPlus Indonesia sendiri turut bangga atas prestasi bertaraf internasional yang diraih Nono.

Rasa bangga itu, TravelPlus tuangkan dalam bentuk tulisan yang khusus mengangkat ragam daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Kupang yang merupakan kampung halaman alias tempat lahir, tinggal, dan sekaligus menjadi tempat sekolahnya Nono saat ini.

Amatan TravelPlus ditambah data dari berbagai sumber, ragam daya tarik wisata yang ada di kampung halaman bocah yang mengidolakan Elon Musk dan bercita-cita menjadi tentara ini antara lain bahari, alam, buatan, sejarah, kuliner, kerajinan, dan tentu saja wisata budayanya.

Wisata bahari yang ada di Kabupaten Kupang didominasi pantai, antara lain Pantai Teres, Tablolong, Manikin, Sulamu, Panmuti, Sulamanda, Alamanda, Otan, Fatukolo, dan Pantai Nenas.

Pantai Teres yang berada di kecamatan tempat lahirnya Nono yakni Kecamatan    Amarasi Selatan menawarkan bentangan pantai berpasir, air yang jernih dengan ombak yang tenang, ditambah lagi  beberapa teluk yang eksotis di pinggiran Pantai dan latar belakang pemandangan alam pegunungan yang membentang hingga kebagian Amarasi Barat.

Di pantai yang berada di Kelurahan Buraen, sekitar 55 Km dari Kota Kupang ini tersedia  beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Kupang seperti lopo-lopo, pergola, gazebo, area jogging track, dan fasilitas lainnya.

Di pantai yang dapat Anda tempuh dengan kendaraan roda empat, Anda juga bisa berkemah dan mendaki ke Gunung Fatubraon.

Objek wisata alamnya antara lain Gunung Fatubraon, Gunung Fatuleu, Padang Savana Humon, Taman Wisata Alam Menipo, Batu Susun, Mata Air Belerang, Danau Nefoko’u, Air Terjun Oenesu, Air Terjun Tesbatan, dan Air Terjun Naet serta Gua Kristal.

Gunung Fatubraon yang juga berada di kampung halamannya Nono, Kecamatan Amarasi Selatan merupakan perbukitan berbatu-batu besar berlatar belakang laut dan pantai yang menawarkan panorama menawan.

Gunung yang berada di Kelurahan Buraen yang berjarak sekitar 42 Km dari Oelamasi ibu kota Kabupaten Kupang ini dapat Anda jangkau dengan mobil  kurang lebih 2 jam.

Lokasi puncak tebing Gunung Fatubraon dapat Anda capai dengan berjalan kaki mengikuti arah anak tangga dari area parkir.

Di puncaknya, Anda bisa menikmati Pantai Teres secara keseluruhan, ber-swa foto, dan mengabadikan matahari terbenam di laut selatan.

Di gunung ini tersedia fasilitas pendukung yang dibangun Disparekraf Kabupaten Kupang seperti lopo-lopo, pagar batas pengaman, dan toilet

Satu lagi, Gunung Fatuleu yang berada sekitar 60 Km arah Timur Kota Kupang, tepatnya di Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah.

Gunung berketinggian 875 meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang berpanorama indah dan berhawa sejuk ini menjadi tujuan ekowisata agrowisata dan wisata minat khusus panjat tebing serta potensial dikembangkan sebagai tujuan wisata rohani.

Adapun obyek wisata buatannya antara lain Wisata Kolam Pancing Nunneo, Bendungan Raknamo, Bendungan Tilong, Kolam Renang Baumata, dan Taman Rekreasi Boneana.

Wisata kolam pancing ikan Nunneo juga berada di kampung halamannya Nono di Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan.

Di sana tersedia 15 kolam pancing dengan ukuran kolam yang berbeda-beda yang dihuni ikan nila dan ikan lele.

Selain memancing Anda juga dapat melihat kolam ikan hias berwarna-warni, ber-swafoto dengan latar belakang alam yang indah, dan bersantai di lopo-lopo.

Di Taman Rekreasi Boneana yang berada di Dusun Boneana, Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat, Anda bisa berenang di kolam renang, yang terdiri dari 2 kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, menikmati aneka makanan/minuman di resto dan kafe, naik perahu bebek, main billiard, memancing di kolam pemancingan, ber-swa foto, bersantai di lopo-lopo atau gazebo, dan atau bermalam di penginapannya.

Obyek wisata sejarahnya antara lain Gua Tun Hitu dan Sanliku, Istana Raja Amarasi, Monumen Sparaw Force Australia, Kuburan Raja Koroh, dan Kuburan Raja Sonbai.

Gua Tun Hitu dan Sanliku yang juga berada di Kampung Halaman Nono di Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan merupakan gua buatan manusia yang digunakan sebagai tempat pertahanan/perlindungan dari serangan udara Australia ketika itu.

Istana Raja Amarasi berada di Kelurahan Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat dengan jarak sekitar 25 Km dari Kota Kupang. Di istana ini Anda juga dapat melihat proses pembuatan Tenun Ikat Amarasi dan 100 jenis kupu-kupu yang ada di sekitar istana.

Monumen Sparaw Force Australia terletak di Desa Oesao, Kecamatan Kupang Timur, sekitar 28 Km dari Kota Kupang atau 8 Km dari Oelmasi, ibukota Kabupaten Kupang.

Monumen tersebut dibangun oleh Pemerintah Australia untuk mengenang pertempuran antara tentara Australia (Sparow Force) melawan pasukan jepang (Dai Nippon).


Kuliner & Kerajinan
Aneka kulinernya yang wajib Anda santap di kampung halamannya Nono antara lain Ikan bakar, daging se'i, kerupuk ubi Baumata, dan kue cucur.

Bermacam ikan bakar dapat Anda beli di sejumlah rumah makan yang ada di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya, yang sebagian besar ikan-ikannya dari hasil  tangkapan nalayan yang ada di sekitar perairan Kabupaten Kupang seperti Tablolong, Sulamu, dan pantai lainnya.

Bila ingin menikmati daging se'i antara lain di Depot Daging Se’i Baumata yang lokasinya   berdekatan dengan obyek wisata kolam renang Baumata dan Daging se’i di Baun.

Pilihan tempat bersantapnya antara lain Rumah Makan (RM) Mama Mia di Tarus-Kupang Tengah, Warung Makan (WM) Madura I di Babau-Kupang Timur, RM Ujung Pandang di Camplong-Fatuleu, dan RM Permata Bunda di Takari.

Adapun aneka kerajinannya yang bisa Anda beli antara lain bermacam tenun ikat khas Kabupaten Kupang dengan  beraneka motifnya antara lain motif Amarasi, Amfoang, Amabi Oefeto, Fatuleu, Helong , Rote, dan motif Sabu.

Jangan lupa borong pula alat musik tradisional Sasando baik dalam bentuk Sasando Gong, Sasando Biola/Elektrik dan souvenir di pengrajin Sasando Desa Oebelo.

Pilihan cinderamata lainnya, tempat tisu dan topi pantai/ santai dari daun lontar; gelang tangan dan gantungan kunci dari biji gewang dan bambu; serta lampu lampion dari bahan bekas berupa map plastic snelhekter.

Satu lagi, daya tarik wisata budayanya yang dapat Anda saksikan antara lain berbagai tarian daerah dari Suku Timor, Rote, Sabu, Helong dan atraksi seni budaya seperti penyambutan tamu, upacara adat, pengangkatan dan penobatan kepala suku serta hiburan dalam acara Festival Budaya.

Kalau ingin melihat kesenian tari, musik, dan lagu tradisionalnya juga bisa di sejumlah sanggar keseniannya antara lain Sanggar Tes Fe’u yang berada di Kecamatan Amarasi.

Selain itu Anda juga bisa menyaksikan lomba Pacuan Kuda di arena Pacuan Kuda “Lifu Batu” Babau, Kecamatan Kupang Timur yang pesertanya berasal dari daerah  Kabupaten Kupang, Kota Kupang, dan sejumlah kabupaten lain di NTT.

Untuk pilihan akomodasinya selama jalan-jalan di Kabupaten Kupang antara lain Hotel Citra NTT di Bolok-Kupang Barat, Teddiys Noelbaki di Kupang Tengah, Penginapan Oenaek di Camplong-Fatuleu, Kaki Ayam di Kupang Barat, Penginapan Wilma di Penfui-Kupang Tengah, dan Chrysant Homestay di Baumata-Taebenu.

Itulah sederet daya tarik wisata Kabupaten Kupang yang dapat Anda jadikan pilihan bila nanti berwisata ke kampung halamannya Nono, sang juara kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia




0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP