. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 10 Desember 2020

Wow Rafflesia Mekar di Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong pada Hari yang Sama, Ini Awal Kisah Penemuannya


Ada berita baru yang menggembirakan dari Rafflesia di Bengkulu. Kali ini, kabarnya jelas lebih istimewa. Soalnya dua puspa langka yang berstatus Bunga Nasional ini mekar bersamaan pada hari yang sama, Kamis (10/12/2020), di dua tempat berbeda.

Satu Bunga Raffelsia mekar sempurna di Kabupaten Bengkulu Selatan. Bunga berwarna merah bata dengan 5 kelopak itu berdiameter 80 Cm. Satu lagi berdiameter 70 Cm juga mekar tak kalah sempurnanya di Kabupaten Rejang Lebong.

Kedua kabupaten itu berada di Bengkulu, provinsi yang memang sejak  lama berpredikat sebagai Bumi Rafflesia.

"Bunga Rafflesia yang ditemukan di Bengkulu Selatan pada Kamis, tanggal 10 Desember 2020 ini jenis Rafflesia arnoldii," kata Ketua Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Selatan, Yogi Apri Yanto kepada TravelPlus Indonesia.


Penemunya si-pemilik kebun di kawasan Hutan Lindung, Desa Butu Ampar, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Lokasi bunga tersebut dari Kota Manna, Ibukota Kabupaten Bengkulu Selatan memakan waktu sekitar 30 menit dengan sepeda motor. "Kalau naik bus mungkin lebih dari 40 menit, soalnya jalan di daerah Kecamatan Kedurang tidak terlalu besar karena bukan jalan lintas Sumatera," terangnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi dengan medan bervariasi. "Treknya menurun dan mendaki serta melawati perkebunan warga. Kurang lebih 1 jam perjalanan," ungkapnya

Menurut Yogi, warga atau wisatawan yang ingin melihat bunga tersebut sangat diperbolehkan.

"Tapi saat ini belum dibuka open trip-nya lantaran cuaca sedang kurang mendukung, seharian hujan di sini," ujarnya.

Mekarnya satu Rafflesia arnoldii di Bengkulu Selatan ini, sambung Yogi menambah perbendaharaan bunga Rafflesia yang mekar sepanjang tahun 2020 atau selama masa pandemi Covid-19 ini.

"Untuk di Bengkulu Selatan sendiri sebelumnya tercatat sudah ada 13 bunga Rafflesia yang mekar sempurna, terutama jenis arnoldii dan bengkuluensis," pungkasnya.

Sementara itu satu bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di Kabupaten Rejang Lebong ditemukan Edi Kurniawan, anggota KPPL Rejang Lebong di kebun milik warga, masih keluarganya sendiri, di Kecamatan Sindang Kelingi.

"Kebetulan saya yang pertama kali menemukannya. Awalnya saya tidak sengaja menemukan puspa langka ini sewaktu sedang mencari kayu di daerah tersebut," terang Edi kepada TravelPlus.

Pertama kali Edi menemukannya bunga tersebut belum mekar alias masih berbentuk bulat, sekitar 2 bulan lalu, kemudian mekar dengan sempurna Kamis, 10 Desember 2020 dengan 5 kelopak berwarna merah bata.

Semula Edi mengaku tidak tahu itu apa. Namun setelah mekar, baru dia paham kalau itu ternyata Rafflesia arnoldii. "Ini kebanggaan tersendiri bisa menemukan dan melihat langsung bunga langka itu. Soalnya selama ini saya hanya melihatnya di buku," akunya.


Menurut Edi di Kabupaten Rejang Lebong khususnya di Kecamatan Sindang Keling hampir tiap tahun Rafflesia mekar. "Penemuan pertama tahun 2017 dan terus-menerus bermunculan di daerah ini setiap tahun. Saat ini pemerintah setempat mulai ada tanggapan tentang bunga ini," jelasnya.

Kata Edi, warga maupun wisatawan juga diizinkan untuk datang melihat Rafflesia arnordii yang mekar ini. Nanti trip-nya bisa satu paket wisata dengan kunjungan ke objek wisata Air Terjun Tri Muara Karang dan Sungai Air Panas serta Danau Harun Bastari.

"Dari Kota Bengkulu ke Kota Curup, Ibukota Kabupaten Rejang Lebong waktu tempuhnya sekitar 2 - 3 jam dengan menggunakan bus. Nanti tinggal menghubungi saya untuk ke lokasi mekarnya Rafflesia tersebut," pungkas Edi.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Foto: dok. tim kppl bengkulu selatan, tim penggunde & tim kppl rejang lebong


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP