. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 23 Desember 2020

Respons Positif Bang Sandi Jadi Menparekraf, Ini Harapan IINTOA


"Selamat siang Mas Adji.....kabar baik Mas. Bagaimana kabar Mas di tengah Covid di kampung besar Jakarta? Semoga dapat teratasi....Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan bebaskan diri dari kerumunan".

Begitu isi pesan awal dari Ketua Indonesia Inbound Tour Operator Association (IINTOA) Paul Edmundus  yang biasa TravelPlus Indonesia panggil Om Paul, Rabu (23/12/2020).

Pesan itu membuka jawaban Paul atas pertanyaan TravelPlus tentang tanggapan atas terpilihnya Sandiaga Salahuddin Uno (Bang Sandi) sebagai Menparekraf baru, sekaligus harapan dan langkah-langkah apa yang harus dikerjakan Bang Sandi untuk membangkitkan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

"Selamat datang Menparekraf Bang Sandi. Saya menanggapi positif dan berharap banyak kepada Bang Sandi karena Mas Tama (Wisnutama_red) sudah tidak ada lagi," ujar Paul.

Soalnya banyak rencana yang telah IINTOA proses bersama Mas Tama dan masih dalam progres, seperti halnya: Dana Hibah pelaku pariwisata yang baru diberikan kepada hotel dan restoran sedangkan biro perjalanan wisata (BPW) belum diberikan.

"Padahal BPW adalah pelaku pariwisata yang mendatangkan wisatawan ke Indonesia," ungkap Paul.

Lalu permintaan dana pinjaman lunak untuk modal usaha yang juga sedang diusahakan.

Dengan pergantian ini, IINTOA menggantungkan harapan kepada Bang Sandi sebagai Menparekraf baru.

Dalam pertemuan dengan Mas Tama pada 10 Desember 2020 di Bali, lanjutnya, beliau mengatakan bahwa IINTOA sangat penting karena mendatangkan wisatawan asing yang berdampak pada devisa negara.

"Untuk itu Menparekraf Bang Sandi harus meneruskan kebijakan ini karena memang IINTOA-lah yang mendatangkan wisatawan dan devisa bagi negara," ungkapnya.

Langkah Bang Sandi berikutnya, sambung Paul, adalah mempertahankan pasar wisatawan.

"Sekaligus meningkatkannya melalui berbagai cara promosi dengan memakai IT sampai pada saat border dibuka pemerintah. Dan pelaku pariwisata harus dapat masuk ke pasar-pasar yang bersangkutan," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, IINTOA merupakan asosiasi independen yang menjadi wadah para pengusaha atau pimpinan biro perjalanan wisata yang kegiatannya direncanakan dan melaksanakan perjalanan wisata dari negara asal wisatawan ke wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam kaitannya dengan Pedagang grosir dan atau operator tur di luar negeri .

Para Pengusaha inbound tour operator sepakat untuk menyatukan niat dan tekadnya dalam memajukan pariwisata Indonesia melalui asosiasi ini dengan tujuan utama menjadikan pariwisata sebagai penghasil devisa utama bagi Indonesia. Para pemain (perusahaan) yang mengutamakan fokus utama pada pariwisata biasanya disebut sebagai operator tur inbound di Indonesia.

Penyelenggara inbound tour operator yang berbentuk perusahaan merupakan salah satu industri pariwisata penting yang menjadi sumber devisa dan merupakan bagian dari sistem pembangunan nasional, sehingga kegiatannya tidak dapat masuk satu sama lain.

IINTOA mengakomodir berbagai peran dan atau aspirasi anggota yang sepaham, yang memiliki passion dan profesi yang sama dengan operator tur inbound Indonesia, dalam rangka meningkatkan profesionalisme, membangun kapasitas anggota, daya saing global serta mampu melayani dan atau melindungi anggota secara proporsional dan profesional.

IINTOA juga memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah untuk pembangunan pariwisata Indonesia, khususnya mendatangkan wisman melalui anggota asosiasi yang dikelola berdasarkan prinsip profesionalisme, transparansi, demokratis, jujur, adil, dan akuntabel. 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.floressatours.com


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP