. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 24 Desember 2020

Dipimpin Bang Sandi, News Value Parekraf Tambah Seksi


Sepak terjang Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menparekraf jelas belum terlihat karena baru saja dilantik. Namun TravelPlus Indonesia melihat ketokohannya (baca: kepopulerannya), bisa membuat nilai berita (news value) sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) bertambah seksi.

Apa buktinya? Lihat saja acara pengumuman Bang Sandi, sapaan akrabnya sebagai Menparekraf baru yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa (22/12/2020), menyita perhatian masyarakat dan warganet di  ragam media massa maupun sosial (medsos).

Apalagi acara pelantikannya yang dilakukan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, keesokan harinya, Rabu (23/12/2020), banyak sekali media massa (online, elektronik, dll) yang memberitakan.


Begitupun pas acara serah terima jabatan (sertijab) yang berlangsung secara hybrid di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf pada hari yang sama.

Kenapa bisa menyita perhatian ragam media massa dan medsos? Jawabannya sudah terungkap di lead berita ini, yakni ketokohannya atau kepopulerannya.

Seperti kita ketahui, banyak faktor yang membuat sebuah berita menjadi seksi atau berdaya tarik atau bernilai berita tinggi, salah satunya adalah faktor ketokohan.

Berita mengenai public figure seperti artis, pejabat yang sudah tersohor apalagi bercitra baik, dan lainnya, tentu lebih seksi atau menarik dibanding berita terkait orang awam, tak terkenal atau biasa-biasa saja.

Sebab semakin terkenal sesorang, maka beritanya akan semakin bernilai. 

Contohnya berita tentang kunjungan Raja Arab Saudi bersama para pangerannya ke Indonesia yang bikin  heboh. Mungkin kalau yang datang cuma wisatawan dari kalangan masyarakat biasa Arab Saudi, tak akan segempita itu bahkan tidak terberitakan kecuali ada kejadian/peristiwa yang luar biasa menimpa wisatawan itu.


TravelPlus
pun menilai dari belasan orang yang pernah menjabat sebagai menteri yang memimpin sektor pariwisata ini, Bang Sandi-lah yang paling populer dan kekinian.

Bukti kepopulerannya, paling simpel bisa dilihat dari ragam akun medsos-nya. Bang Sandi punya akun Facebook (FB), Twitter, Instagram (IG), Tiktok, dan Youtube dengan jumlah pengikutnya yang amat besar. Jumlah IG followers @sandiuno saja sebelum dilantik sebagai Menparekraf sudah 7,5 juta pengikut.

Menariknya lagi di IG dan kanal Youtube-nya Sandiuno TV dengan 625 ribu subscriber, unggahan dan kontennya variatif, di antaranya mempromosikan wisata. 

Salah satu konten yang tayang di YouTube-nya berjudul: "Mirip Pulau Bali, Tempat Wisata Ini Tak Jauh dari Jakarta". Objek wisata yang dimaksud dalam konten tersebut adalah Pulau Macan di perairan Teluk Jakarta.

Melihat ragam medsos Bang Sandi ditambah jumlah pengikutnya serta keaktifan bermedsos, wajar kalau dia mendapatkan julukan Papa Online.

Sebagai informasi tambahan, selain kepopuleran, masih ada beberapa faktor yang bisa bikin news value tinggi antara lain magnitude atau luasnya pengaruh suatu berita bagi masyarakat yang menentukan apakah berita bernilai atau tidak. 


Kemudian faktor Kedekatan suatu berita dengan pembacanya (proximity), keaktualan sebuah berita, seberapa besar dampak (impact) beritanya,   unik/aneh atau tidak biasa (unusualness), serta informasinya sangat penting, jelas, dan dapat dipercaya.

Nah, Bang Sandi sudah memiliki faktor ketokohan seperti tersebut di atas. Jelas ini keuntungan tersendiri bagi sektor Parekraf termasuk kementerian yang membidani kedua sektor tersebut, yakni Kemenparekraf/Baparekraf.

Apalagi kalau suatu saat nanti beritanya juga mengandung sederet faktor lain seperti aktual, proximity, beri-impact, unusualness, dan amat penting informasinya, jelas bakal bertambah seksi berita seputar Parekraf sehingga berimbas semakin mengangkasa pula pamor Kemenparekraf/Baparekraf.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@sandiuno & adji

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP