. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 27 Desember 2020

Forwaparekraf Punya Ketua Baru 2021-2022, Ini Dia Nama dan Program Kerjanya


Kemenparekraf punya menteri baru dan dunia pun sudah tahu. Sandiaga Salahuddin Uno nama lengkapnya atau bang Sandi panggilan akrabnya. Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) pun punya ketua baru. Lelaki juga, namanya Issa Abdul Bari, biasa disapa Issa.

Bedanya, Bang Sandi sudah resmi menjadi Menparekraf per tanggal 23 Desember 2020. Sedangkan Issa belum, karena baru saja selesai e-vote secara resmi via aplikasi app pollie, Ahad (27/12/2020).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara sampai e-vote ditutup pukul 18.00 WIB, sebagaimana tertera pada link https://pollie.app/nij9v, Issa yang tercatat sebagai wartawan media online khusus pariwisata travelmaker.id memperoleh 56 suara atau 75%, sedangkan calon ketua lainnya, Johan hanya 17 suara atau 23%, dan sisanya 2 suara atau 3% abstain.

Otomatis dengan jumlah suara sebesar itu, Issa menang telak atas Johan, dan terpilih menjadi ketua Forwaparekraf baru untuk periode 2021-2022.

Menurut Tim Formatur pemilihan yang diketuai Teguh Imam S, setelah sesi e-vote, proses selanjutnya adalah verifikasi faktual dan pengesahan calon yang dinyatakan sebagai Ketua Forwarparekraf Terpilih yang akan dilakukan Senin, 28 Desember 2020.

Lewat WAG Forwaparekraf, Tim Formatur menegaskan rekapitulasi e-vote berjalan secara otomatis tanpa intervensi pihak manapun.

E-vote melalui app pollie hanya dapat dilakukan oleh satu email dan sistem akan menolak jika email yang sama digunakan kembali untuk masuk ke dalam aplikasi.

Sistem juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga potensi kecurangan melalui sistem ini dijamin nol persen.

Lalu apa saja program kerja Issa yang disampaikan saat sesi kampanye?

Lewat pesan WA, Issa menielaskan untuk sektor pariwisata, ada dua kegiatan yang akan dilakukan.

Pertama, menginisiasi kegiatan ‘Forwaparekraf For Parekraf’ sebuah konsep presstour dimana anggota Forwaparekraf melakukan kunjungan destinasi wisata tidak hanya untuk berwisata melainkan akan meninggalkan legacy dengan menjadi mentor bagi pengembangan skill para pelaku pariwisata dan pokdarwis di berbagai daerah termasuk desa wisata yang akan berguna untuk meningkatkan daya saingnya pasca-pandemi.

Kedua, akan melanjutkan event bertaraf internasional sekelas Indonesia Tourism Outlook (ITO) tentunya dengan sentuhan baru yang lebih fresh namun tidak menanggalkan standar event yang selalu mengundang narasumber dari dalam dan luar negeri.

"Pada tahun ini saya sudah menyiapkan tema besar yaitu ‘Mempersiapkan Pariwisata Berkelanjutan Untuk Menarik Minat Wisatawan Setelah Pandemi’," ungkapnya.

Untuk sektor Ekonomi Kreatif, juga ada dua program yaitu Coffee Talk serta Fashion & Lifestyle.

Coffee Talk itu, lanjut Issa, menjadikan perkebunan dan proses kopi sebagai daya tarik wisata daerah. "Bentuknya berupa seminar atau workshop berskala Nasional yang melibatkan pelaku industri kopi dan Dinas Pariwisata Daerah, yang digelar secara hybrid," terangnya.

Sementara itu Fashion & Lifestyle rencananya akan dihelat secara daring dari 3 kota. "Beberapa kota yang dipilih adalah Medan mewakili Sumatera, Jakarta-Jawa, dan Makassar mewakili Sulawesi," pungkas Issa.


TravelPlus Indonesia
@adjitropis yang pernah menjabat sebagai ketua forum wartawan (ketika itu namanya Forbudpar alias Forum Wartawan Kebudayaan dan Pariwisata) berdasarkan pemilihan suara secara langsung di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat pada era terakhir Menpar Jero Wacik, menilai pemilihan ketua Forwaparekraf periode 2021-2022 berlangsung sukses, kekinian, dan sesuai dengan era pandemi.

Sebelum berlangsung e-vote, TravelPlus sempat menghubungi Issa dan mengatakan kalau terpilih, TravelPlus akan berikan sederet ide tourism and creative event bermuatan edukasi, termasuk pembenahan website, akun IG, dan WAG Forwaparekraf serta persyaratan anggota forum yang wajib dipenuhi supaya keberadaan forum semakin diperhitungkan.

Di kesempatan baik ini, TravelPlus mengucapkan terimakasih buat tim formatur dan selamat buat Issa yang sudah mendapat suara lebih dari 50%. Semoga amanah dan bisa mewujudkan program kerjanya serta usulan event-event lainnya kemudian.

Satu pesan TravelPlus, rangkullah para senior dan ketua-ketua pendahulu yang sejak dulu sampai kini masih loyal dan fokus memajukan kepariwisataan. 

Caranya mudah, jangan sekali-kali memutuskan tali silaturahmi. Justru harus lebih mengeratkannya, mengingat itu sangatlah PENTING.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
foto: dok. issa & adji


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP