. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 27 November 2020

Paket Wisata Religi Cirebon Jelajahi 5 Masjid Kuno, Ini Itinerary-nya


Ingin berakhir pekan bersama keluarga atau teman-teman ke Cirebon? Paket wisata religi yang digagas At-Taqwa Center dari Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon ini bisa jadi pilihan. Namanya Paket Wisata Religi Jelajah Masjid Kuno Cirebon.

Di laman At-Taqwa dijelaskan paket wisata religi satu ini baru diluncurkan Sabtu 21 November 2020 oleh Waliota Cirebon yang diwakili Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati.

"Paket  wisata ini dalam rangka mendukung visi Kota Cirebon yang religius," terang Eti seraya menambahkan pihaknya sangat mendukung program ini mengingat paket wisata ini akan mendorong minat masyarakat terhadap sejarah Cirebon sehingga bertambah wawasan dan tercerahkan.

Dalam paket wisata religi ini wisatawan akan mengunjungi 5 masjid kuno di Cirebon dengan Bus Wisata Citros. 

Kelima masjid tersebut Mesigit (masjid) Pejlagrahan, Mesigit Pakungwati, Mesigit Abang Panjunan, Mesigit Jagabayan, dan Mesigit Pangeran Kejaksan.

Wakil Sekretaris 1 At-Taqwa Center  Syaeful Badar menjelaskan Mesigit Pejlagrahan adalah masjid yang di bangun di samping keraton Pakungwati ini memiliki keunikan sumber air yang tidak pernah habis kendati di musim kemarau dan menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Nama Pejlagrahan artinya Sumber Air.

Semntara itu, Mesigit Pakungwati merupakan masjid yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati yang kini lebih terkenal dengan nama Sang Cipta Rasa

Masjid tersebut memiliki keunikan karena adanya Azan Pitu yang dikumandangkan setiap menjelang Sholat Jum’at. Pintu masuk ke ruang utama masjid ini dengan cara menunduk. Serta masih banyak menyimpan rahasia yang masih belum terungkap.

Lain lagi dengan Mesigit Abang Panjunan yang berada di kawasan Kampung Arab Panjunan. Masjid ini berwarna merah dan berarsitektur khas. Disekitarnya terdapat bangunan rumah-rumah kuno yang masih terawat dengan baik.

Mesigit Jagabayan, semula adalah  tempat pos jaga para prajurit Kesultanan Cirebon, memiliki ciri khas adanya sedekah minyak goreng yang biasa dibawa masyarakat ke masjid. Sedangkan Mesigit Pangeran Kejaksan adalah masjid yang berdiri megah di tengah pusat kota Cirebon.

Kendati sudah berusia 5 abad, namun nuansa masjid kuno masih khas dan terlihat di setiap ornamen dan bangunan yang ada.

Mesigit Pangeran Kejaksan dibangun oleh sepupu Sunan Gunung Jati, yaitu Pangeran Kejaksan. Masjid ini memiliki sumber air bersih yang jernih dan tidak payau.

Itinerary Paket Wisata Religi Jelajah Masjid Kuno Cirebon ini dimulai dari Tajug Agung atau Masjdi Raya At Taqwa. Cek in peserta di halaman masjid Raya At-Taqwa, Sabtu pagi mulai pukul 08.30 - 09.00 WIB.

Setelah itu berangkat menuju Masjid Pejlagrahan, Pakungwati, Abang Panjunan, Jagabayan, dan Mesigit Pangeran Kejaksan, sampai kembali lagi ke Tajug Agung sekitar pukul 12.00 WIB.

Beberapa rute yang dilalui sarat sejarah karena melintasi jalur kota tua, seperti Pelabuhan Cirebon, Klenteng Pelabuhan, Riol Pintu Air, Gedung Bank Mandiri, Gedung Bank Indonesia, Gedung Kantor Pos, TITIK NOL Kilo Meter Cirebon, Pergudangan, dan Kawasan Jalan Pantura yang bangun Daendels.

Juga melewati Gereja Tertua di Jalan Yos Sudarso, Gedung Bundar di Alun-Alun Kebumen, Gedung Pabrik Rokok Terbesar di Asia Tengara PT. BAT, Kawasan Panjunan, keliling ke pusat-pusat pertokoan jalan Pasuketam, Jalan Pekiringan, Jalan Pandesan, Jalan Pagongan, Jalan Sukalila, dan Pasar Pagi.

Dalam perjalanan, akan dipandu seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang sejarah setiap masjid yang dikunjungi.

Menurut Nisa, bagian pemesan Paket  Wisata Religi Jelajah Masjid Kuno Cirebon, harga paket ini Rp 50 ribu per orang. "Tapi saat ini sedang promo, jadi cuma Rp 25 ribu per orang," terangnya.

Paket ini, lanjutnya hanya untuk akhir pekan atau setiap hari Sabtu saja. "Tersedia satu bus Wisata Citros berkapasitas 20 orang. Minimal 15 orang, baru bisa berangkat," jelas Bisa seraya menambahkan informasi pendaftaran bisa dilihat di akun Instagram (IG) @masjid_raya_attaqwa_cirebon.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.masjid raya at-taqwa cirebon


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP