. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 09 November 2020

IFW 2020 Angkat Budaya Kalimantan, Ini Sederet Data Lainnya


Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 akan mengangkat tema budaya Kalimantan bertajuk "Tales of the Equator - Treasure of the Magnificent Borneo". 

Data itu terungkap dalam virtual press conference di Zoom Meeting, Senin (9/11/2020) siang.

Sederet data lain TravelPlus Indonesia kumpulkan dari Poppy Dharsono selaku presiden IFW sekaligus Ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) yang diutarakan dalam jumpa pers secara daring tersebut.

Menurut Poppy, budaya Kalimantan diangkat dalam IFW 2020 karena memiliki unsur kebudayaan yang beragam, unik, dan memiliki banyak dimensi yang bisa dieksplorasi menjadi sumber inspirasi bagi industri fesyen Indonesia.

Data lainnya, ajang feshen tahunan terbesar di Indonesia yang digelar APPMI, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

IFW yang ke 9 ini akan digelar dengan format virtual selama 2 hari, 14 - 15 November 2020 di kanal YouTube Indonesia Fashion Week Official.

Kendati begitu, IFW 2020 akan dikemas dengan konsep yang tak kalah menarik. 

Data lainnya, puluhan desainer dari dalam hingga luar negeri akan terlibat dalam pagelaran fesyen era adaptasi kebiasan baru ini, antara lain Ida Royani, Agnes Budhisurya, Sugeng Waskito, Tuty Ayib, dan Jenny 
Cahyawati.

Selain itu akan ada konten Fashion Talk yang mengangkat berbagai tema inspiratif dan informatif seputar dunia fesyen dengan menghadirkan narsum yang berkompeten di bidangnya.
 

IFW 2020 juga akan mengadakan ajang pencarian bakat desainer muda yakni Young Fashion Designer Competition (IYFDC).

Dewan juri IYFDC antara lain Aam Kekean, Misan Kopaka, Jacky Suharto, Bimo, dan Alya Dimitri yang akan menilai karya-karya dari 10 desainer muda terbaik yang telah diseleksi sebelumnya untuk kembali bersaing di panggung IFW 2020.

“Pemenangnya akan mendapat beasiswa studi di tiga sekolah mode ternama yakni Italian Fashion Institute Jakarta, LaSalle College Jakarta, dan Koefia International Fashion & Arts Academy di Roma, Italia," ungkap Poppy seraya menambahkan kalau dirupiahkan 
nilai total beasiswa untuk pemenang IYFDC hampir Rp 1 milyar.

Data berikutnya, IFW 2020 mendapat dukungan sejumlah pihak antara lain dari Jakarta Fashion Hub dan Asia Pasific Rayon sebagai official partner vaneu, BCA sebagai official bangking, Halodoc sebagai official partner protokol kesehatan, Wardah sebagai 
official partner make up and hair do, dan Tokopedia sebagai official partner e-commerce.


Linna Chandika selaku Vice President of Marketplace Tokopedia mengatakan
kerjasama antara IFW dan Tokopedia merupakan salah satu kunci menghadapi pandemi untuk beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. 

“Inilah yang kami lakukan bersama para mitra ekosistem kami, termasuk lebih dari 9,4 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100%-nya UMKM bahkan 94%-nya berskala ultra mikro," jelasnya.

Kolaborasi Tokopedia dan APPMI melalui IFW Virtual 2020, lanjut Lina, diharapkan dapat mendorong lebih banyak pegiat usaha lokal, terutama di industri fesyen, untuk mengakselerasi adopsi platform digital demi mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, Ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP