. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 09 Oktober 2020

Warga Bali Berwisata ke Jawa dengan Kereta Api, Bisa Berangkat Pagi dari Banyuwangi


Minat masyarakat Bali yang ingin berwisata ke kota-kota di Jawa dengan kereta api ternyata cukup tinggi.

Jika dulu kendalanya kereta api dari Stasiun Ketapang Banyuwangi yang melayani rute ke kota-kota di Jawa hanya malam hari, kini sudah ada yang berangkat pagi dan siang hari.

Dua fakta itu terungkap dalam Bincang Bisnis ASITA (BBA) edisi ke-21 bertajuk 'Sinergi Menggerakkan Pariwisata Bersama Kereta Api' yang digelar DPP ASITA bersinergi dengan TravelPlus Indonesia sebagai media partner di Zoom Meeting, Kamis (8/10/2020).

Fakta pertama tentang minat warga Bali berwisata dengan kerata api diungkapkan Plt. Ketua DPD ASITA Bali, Eddy Sunyoto.

"Keinginan orang Bali berwisata dengan kereta api tinggi. Kendalanya selama ini kereta api yang berangkat dari Banyuwangi itu adanya cuma malam," ungkapnya.

Warga di Bali termasuk biro perjalanan wisata (BPW) di Bali yang biasa menggarap paket tur kereta api ke Jawa berharap ada kereta api dari Banyuwangi yang berangkat pagi atau jelang siang.

"Kenapa? Ya supaya bisa lihat pemandangan. Kalau berangkatnya malam apa yang bisa dilihat dari dalam kereta," jelasnya.

Kata Eddy, masyarakat Bali peminat tur wisata dengan kereta api mulai dari pelajar sampai orang dewasa kalangan menengah ke atas.

"Anak-anak sekolah di Bali berhasrat sekali naik kereta api, bisa pegang gerbongnya saja mereka sudah senang. Maklum, karena di Bali ga ada kereta api," terangnya lagi.

Sementara itu kalangan menengah ke atas di Bali juga senang naik kereta api  exelusive. "Misalnya rute dari Surabaya ke Jakarta yang harga tiketnya 1 jutaan," jelasnya.

Melihat pangsa-pasar warga Bali  peminat berwisata dengan kereta api yang cukup tinggi, Eddy berharap PT. KAI menyediakan kereta api yang berangkat pagi atau jelang siang agar penumpangnya bisa melihat pemandangan.

Fakta kedua yang menyatakan kalau saat ini sudah tersedia rute kereta api dari Stasiun Ketapang Banyuwangi yang melayani rute ke beberapa kota di Jawa pada pagi hari, diutarakan Agus Dwinanto Budiadji selaku Direktur Operasional PT Kereta Api Pariwisata atau Kawisata.

"Sekarang sudah ada kereta api dari Banyuwangi ke Jogja, Surabaya bahkan sampai Cilacap yang berangkat pagi dan siang hari," ungkap R. Agus.

Di Stasiun Ketapang Banyuwangi, saat ini juga sudah ada jenis gerbong kereta yang terbaru termasuk gerbong untuk kelas ekonominya. "Problem kami di angkutan terusannya yang mengangkut penumpang dari pelabuhan atau bandara ke stasiun," ujarnya.

Kata R. Agus, sebelumnya PT. KAI pernah bekerjasama dengan pihak swasta dalam pengadaan transportasi terusan namun ternyata level of service  atau tingkat pelayanannya tidak sama sehingga di-close.

"Saat ini kami membuka kesempatan buat pihak swasta untuk mengadakan angkutan terusan dari pelabuhan ke stasiun atau sebaliknya asalkan level of service sama dengan kami," pungkas R. Agus.


Rute KA dari Banyuwangi

Pantauan TravelPlus di laman keretaapikita.com, saat ini ada kereta api (KA) Pandanwangi kelas ekonomi AC jurusan Banyuwangi - Jember PP yang berangkat pagi.

Namanya KA 460 Pandanwangi, dari Stasiun Ketapang Banyuwangi berangkat pukul 9.30 tiba di Jember pukul 12.30 WIB.

KA yang rutenya dari Banyuwangi ke Malang ada KA Tawang Alun. Kereta ekonomi AC ini berangkat dari Stasiun Ketapang pukul 05.00 pagi, tiba di Malang Kota Lama pukul 13.00 WIB.

Untuk rute Banyuwangi ke Jogja, ada KA Mutiara Timur (Mutim) Tambahan Premium yang berangkat dari Stasiun Ketapang siang pukul 11.05 sampai di Stasiun Lempuyangan (Jogja) pukul 23.50 WIB.

Pilihan lain KA Sri Tanjung rute  Banyuwangi – Yogyakarta. Kereta kelas Ekonomi AC ini berangkat dari Stasiun Banyuwangi Baru pagi hari pukul 06:30. 

Perjalanannya memakan waktu sekitar 12 jam 55 menit, sampai  di Stasiun Lempuyangan Jogja menjelang pukul 19:30 WIB.

Sementara itu rute Banyuwangi ke Surabaya bisa dengan KA Probowangi. Kereta api ekonomi AC ini berangkat dari Stasiun Ketapang siang pukul 13.30, sampai di Stasiun Gubeng (Surabaya) pukul 21.14 WIB.

Untuk Rute Banyuwangi ke Cilacap ada KA Wijayakusuma. Kereta kelas eksekutif dan ekonomi atau kereta campuran ini berangkat siang dari Stasiun Ketapang pukul 11.15, tiba di Cilacap pukul 03.57 WIB.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Foto: adji & dok.#stasiunketapang

 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP