. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 10 Oktober 2020

Gua Rong Ternyata Sumber Gempa Sesar yang Masih Aktif, Ini Ragam Pesonanya


Gua Rong di Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah, salah satu objek wisata alam yang ramai peminatnya. Namun banyak yang tidak tahu kalau ternyata gua ini berada di jalur Sumber Gempa Sesar Rawa Pening yang masih aktif. 

Informasi keaktifan sesar tersebut diutarakan Daryono, Kepala Bidang (Kabid) Mitigasi Gempa Bumi  dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saat berada di gua tersebut.

"Apakah sesar ini masih aktif? Masih... Sesar ini memiliki magnitudo tertarget M6,5 dgn laju pergeseran 0,1 mm/tahun," terang Daryono di akun Instagram (IG)-nya @daryonobmkg, Sabtu (10/10/2020).

Membaca unggahan Daryono yang juga wakil presiden Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) ini, jujur TravelPlus Indonesia agak kaget dan tidak menyangka. Ini informasi menarik dan bermuatan ilmu pengetahuan, terutama geologi.

Unggahan tersebut sekaligus mengingatkan kunjungan TravelPlus ke Gua Rong usai mendaki Gunung Ungaran yang berketinggian 2.050 Mdpl, lalu nyantai di Rawa Pening beberapa tahun silam.

Kondisinya saat itu jelas tidak seperti sekarang ini yang sudah menjadi objek wisata berfasilitas lumayan lengkap.

Berbagai informasi TravelPlus peroleh ketika itu, antara lain kata Rong berasal dari kata ngerong yang berarti menggali.

Berdasarkan arti kata tersebut, berarti gua ini terbentuk bukan secara alami melainkan buatan dengan cara menggali bukit.

Kabar lainnya, gua yang bagian atasnya tumbuh pohon besar yang akarnya membelit atap gua ini menjadi persembunyian Belanda.

Ada pula yang menyebut gua pertapaan karena banyak juga  masyarakat yang sengaja datang pada malam hari untuk bersemedi.

Di dalam gua ini kabarnya ada meja kursi dari batu yang dipahat.

Saat ini, tujuan pengunjung datang ke Gua Rong bukan untuk menyusurinya, namun menikmati objek wisata Gua Rong View yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung antara lain sejumlah gazebo, resto/cafe, gardu pandang, area bermain, camping ground, musholla, dan area parkir yang luas.


Aktivitas wisata yang biasa dilakukan pengunjung di objek alam satu ini adalah menikmati pemandangan alamnya, termasuk sunrise ataupun sunset-nya, berkemah, dan tentu saja berfoto bersama maupun selfi di sejumlah spot instragamable lalu diunggah di medsos sebagai ajang eksis.

Mudah sekali menjangkau objek wisata  yang  buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB dengan harga tiket masuk pada hari kerja Rp 5.000/orang atau hari libur Rp 8.000/orang ini.

Pengunjung yang datang dari  Semarang Kota bisa mengikuti rute Semarang - Ungaran - Bawen - Tuntang. Sedangkan dari arah Purwodadi, Grobogan tinggal ikuti rute Purwodadi - Godong - Kedung Jati - Beringin - Tuntang.

Lantaran dekat dari Kota Lunpia ditambah memiliki pemandangan menawan berupa view Gunung Sindoro, Sumbing, Ungaran, Telomoyo, bahkan Merapi serta tentunya Rawa Pening, tak heran kalau objek wisata yang berada di sebuah puncak dari salah satu punggungan Bukit Rong di sebelah Barat dari Salatiga ini ramai dikunjungi wisatawan terutama dari Semarang dan sekitarnya.

Buat pengunjung yang ingin berwisata tipis-tipis ke Gua Rong View, TravelPlus sarankan membawa sweater atau  jaket apalagi kalau berniat ingin melihat pemandangan matahari terbitnya, supaya tidak kedinginan.

Kalau ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang, sebaiknya datang pada hari kerja, bukan akhir pekan atau hari libur.

Di era AKB atau adaptasi kebiasaan baru ini, pengunjung pun wajib mengindahkan protokol kesehatan dengan membawa dan memakai masker yang benar, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak antar-pengunjung.

Satu lagi yang tak kalah penting, selalu  menjaga kebersihan dan ketertiban. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarang apalagi sampah anorganik dan tidak membuat kegaduhan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@daryonobmkg & @goarong_view

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP