. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 10 Oktober 2020

Jelajah Kuliner Karawang di Akhir Pekan, Rumah-rumah Makan Ini Jadi Pilihan


Wisata kuliner Karawang, Jawa Barat kian dilirik banyak wisatawan, terutama dari sekitar Jabodetabek pada akhir pekan. Selain lokasi dekat, pilihan tempat bersantapnya pun beragam.

Selain street food, warung/kedai, dan resto besar, rumah makan terutama yang dekat objek wisata juga menjadi tempat kuliner yang ramai peminatnya.

Ada banyak pilihan rumah makan khas Sunda Karawang di kabupaten yang dulu dikenal sebagai lumbung padinya Jawa Barat ini, salah satunya Pepes Jambal Walahar Haji Dirja.

Sesuai namanya rumah makan yang berada di Jl. Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang menyajikan menu utama pepes jambal.

Namun bukan berarti cuma itu. Di rumah makan yang beroperasi sejak 1986 ini juga menyajikan bermacam jenis pepes, antara lain pepes jamur, ayam, oncom,  ikan mas, tahu, teri, dan pepes peda.

Harganya pun terbilang sedang-sedang saja. Satu Pepes Jambal misalnya cuma Rp 13 ribu, pepes peda dan teri masing-masing Rp 12.500. Sedangkan  pepes ayamnya Rp 21 ribu. Paling mahal  pepes ikan mas Rp 50 ribu dan termurah pepes oncom cuma Rp 7 ribu per bungkus daun pisang.

Menu lain di rumah makan yang buka setiap hari, mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore lebih ini ada goreng ikan kecil, nasi merah, nasi timbel, dan sayur asem, bakakak ayam, dan bakar ikan gurame. Sedangkan minumannya antara lain es markisa, es jeruk, dan es teh manis.

Setelah memesan aneka menu pilihan, nanti pelayannya akan mengantar ke saung.

Sambil menunggu hidangan datang, asyiknya kita bisa melihat Bendungan Walahar yang berada di seberang rumah makan ini.

Berdasarkan informasi yang TravelPlus kumpulkan, bendungan tua yang dibangun pada zaman Belanda ini mulai dipakai 30 November 1925.


Bendungan yang membendung aliran Sungai Citarum sepanjang 50 meter ini, sudah pernah direnovasi pada 1989 dan 2004 serta direhabilitasi pada tahun 2009.

Kalau belum puas, kita bisa lanjutkan  menikmati bendungan yang mengairi persawahan di Karawang ini usai menyantap aneka menu pilihan di Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Haji Dirja.

Rumah makan lainnya yang juga diminati wisatawan saat berkunjung ke Karawang adalah Cobek Jerit Mak Nyai.

Rumah makan lesehan khas Sunda pesisir Karawang ini berada persis di tepian Situ (danau) Cipule, Kampung Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel.

Sesuai namanya, rumah makan yang berada di bagian pojok/ujung situ berluas asli sekitar 97 hektar dengan kedalaman mencapai 20 meter ini menyajikan menu andalan cobek jerit.

Kalau dilihat sepintas bahan utama cobek jerit ini terbilang sederhana, yakni beberapa ikan mujaer goreng yang 'berenang' dalam kuah berbumbu irisan bawang merah, kencur, cabai, dan jahe serta perasan jeruk lemon. Namun sewaktu disantap, rasa pedas dan segar kuahnya juara.

Menu di rumah makan lesehan ini bisa dipesan secara paket terdiri atas nasi putih hangat sebakul, ikan mujaer goreng garing, cobek mujaer, oreg tempe, tumisan, lalapan, sambel dadak, dan air teh tawar hangat. Per paketnya mulai dari Rp 25 ribu saja.


Selain menu paket itu, juga ada bermacam menu tambahan seperti ayam goreng, sayur asem, sayur tutut (keong kecil), semur jengkol, karadok, kerupuk miskin, minuman jus, dan lainnya.

Puas menyantap cobek jerit kita bisa  melihat-lihat situ yang kabarnya pernah digunakan untuk lomba dayung SEA Games 2011 PON XIX Jabar dan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jabar ini, sekadar berfoto atau bahkan memancing, jika memang membawa alat pancingnya.

Selain dua rumah makan yang letaknya dekat objek wisata itu, masih ada beberapa tempat kuliner lainnya yang bisa kita pilih di Karawang antara lain Gabus Pucung Warung, Lesehan Mang Ajo, Seafood Kiloan Teh Empop, Soto Gempol Haji Fatimah, Soto Tangkar Mang Nean, Ayam Panggang M. Ochit, Mandiri Sindang Reret Restaurant, Lebak Sari Indah, dan Makanan Khas Sunda Cibiuk.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, dok. Agatra Sraya & @pepesjambalhdirja


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP