. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 07 Oktober 2020

PRPP Direvitalisasi, Semarang Bakal Jadi Kota MICE Berkelas Dunia


Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah di  Semarang bakal direvitalisasi. Jika terlaksana sesuai rencana, Semarang diperkirakan akan menjadi Kota MICE (Meeting, Incentive, Conference & Exhibition) berkelas internasional.

Direktur Utama PT. PRPP Jawa Tengah Dra. Titah Listyorini MM kepada TravelPlus Indonesia membenarkan kabar baik itu.

"PRPP Jawa Tengah direncanakan sebagai venue MICE bertaraf internasional untuk kegiatan Meeting, Conference, Exhibition, Indoor Sport, dan pertunjukan musik yang bermuatan digital," terangnya, Rabu (7/10/2020).

Bermuatan digital disini, lanjut Titah, maksudnya 'New PRPP' akan dikembangkan sebagai venue berkelas dunia yang terintegrasi dengan layanan digital serta memadukan kegiatan rekreasi, budaya, dan bisnis bagi  publik yang beragam.

Kata Titah dalam perencanaan revitalisasi PRPP yang telah disiapkan, pembangunannya juga akan meliputi pengembangan tempat pariwisata, termasuk bangunan penunjang bandara.

Selain itu hotel yang tidak lebih dari tujuh lantai dengan 300 kamar, exhibition hall berukuran 10 ribu meter persegi, convention hall ukuran 5 ribu meter persegi, ruang pamer industri, pusat oleh-oleh, dan restoran.


Luas lahan yang akan direvitalisasi, sambungnya, seluas 15,4 Ha dari sekitar 40 Ha yang dikelola PT. PRPP Jawa Tengah.

"Saat ini progres rencana revitalisasi masih dalam pembuatan studi kelayakan atau feasibility study," jelasnya.

Titah juga menjelaskan kalau nilai investasi revitalisasi PRPP Jawa Tengah pada rencana awal sebesar Rp 700 miliar dan sudah dimasukkan di Perpers 79/2019.

"Tapi kemudian kami bisa mendapatkan investor yang merencanakan dengan nilai investasi sekitar Rp 1,2 triliun," ungkap Titah seraya menambahkan partner investor PT. PRPP Jawa Tengah adalah PT. TELKOMSIGMA (anak perusahan Telkom) dan PT. Sarana Pembangunan Jawa Tengah atau SPJT yang sama-sama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan PRPP Jawa Tengah.

Menurut Titah jika revitalisasi PRPP Jawa Tengah rampung kemungkinan harga sewa gedung untuk pameran dan lainnya bisa berubah.

"Sekarang ini harga sewa di PRPP Jawa Tengah Rp 70 juta per gedung per hari. Besok setelah direvitalisasi menjadi berapa harganya, kami belum tahu," jelasnya lagi.


Keistimewaan PRPP ini lokasinya sangat strategis karena dekat dengan kawasan-kawasan unggulan untuk perekonomian, antara lain dekat dengan pusat kota apalagi dengan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

Pengunjung yang ingin ke PRPP Jawa Tengah yang letaknya berdampingan dengan Resto Kampung Laut dan "Taman Mini"-nya Jawa Tengah yakni Grand Maerakaca yang kini di dalamnya ada obyek baru bernama 'Lumina', bisa naik Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dari pusat kota maupun Bandara Ahmad Yani.

"Shelter busway BRT Trans Semarang ada persis di depan gerbang PRPP sebelah kiri," terang Titah.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & dok. @prppjawatengah

Captions:

1. Gerbang PRPP Jawa Tengah dan beberapa pameran dan kegiatan lain tahun lalu.

2. Direktur Utama PT. PRPP Jawa Tengah Dra. Titah Listyorini MM di Lumina, Grand Maerakaca, samping PRPP Jawa Tengah.

3. Halaman outdoor dan beberapa event di indoor PRPP Jawa Tengah.


 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP