. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 07 Oktober 2020

Lumina, Bikin Daya Tarik Grand Maerakaca Bertambah


Sejak awal September lalu, Lumina hadir menambah daya tarik Grand Maerakaca.

Apa itu Lumina? Dirut PT Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah Dra Titah Listiorini MM di kantornya belum lama ini menjelaskan kepada TravelPlus Indonesia, Lumina merupakan objek wisata baru yang ada di dalam Grand Maerakaca (orang lokal menyebutnya Maerokoco)

Lumina diambil dari kata “Ilumination” yang artinya adalah “penerangan”.

"Harapannya dengan kehadiran Lumina sebagai objek baru itu membuat nama dan pamor Grand Maerakaca semakin bersinar, terang benderang," ujarnya.

Lumina, sambung Titah, merupakan  lokasi berfoto atau berselfi ria.

“Di Lumina ada replika rumah khas dari lima negara, yakni Jepang, Turki, Meksiko, Santorini (Yunani), dan Arab yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi. Pengunjung bisa berfoto-foto di depan rumah tiruan tersebut,” terangnya.

Kenapa tetap rumah yang ditampilkan? "Supaya tetap linier dengan Maerokoco yang menampilkan puluhan replika rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Nah, kalau Lumina miniatur rumah adat mancanegara dari lima negara tersebut," terangnya lagi.

Usai menjelaskan profil Lumina, Titah membawa TravelPlus ke lokasi langsung yang berada tak jauh dari wahana becak air dan hutan mangrove.


Ternyata selain rumah tampak depan dari lima negara tersebut, pengelolanya juga memasang pernah-pernik khas tiap negara, antara lain pakaian daerah asal negara tersebut, topi, lampu, dan lainnya.

Sewaktu tiba di Lumina, sejumlah pengunjung terutama muda-mudi milenial tengah asyik berfoto dan selfi sana-sini berlatar rumah tiruan dari lima negara tersebut.

"Aku paling suka rumah Santorini ini," kata Wulan salah satu pengunjung yang TravelPlus temui di Lumina.

Lain lagi dengan Hendra, teman Wulan yang mengaku lebih suka rumah Meksiko. "Apalagi ada Sombrero, topi khas Meksiko dan juga pohon kaktus, jadi kita seperti benar-benar berada di Meksiko," ujar pemuda berusia 23 tahun itu.

Di ujung dekat tulisan Lumina, juga terlihat satu keluarga kecil tengah berfoto ria. "Saya sengaja bawa istri dan anak ke sini, penasaran. Ternyata keren dan kekinian apalagi lokasinya di luar ruangan," kata Irwan, karyawan sebuah hotel di Semarang.

Sebelum beranjak ke lokasi lain, Titah kembali menjelaskan kalau harga tiket masuk ke Grand Maerakaca yang dikelola PT. PRPP Jawa Tengah termasuk ke Lumina ini cuma Rp 15.000 per orang.

"Jam bukanya setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Kalau Lumina paling ramai pengunjungnya mulai jelang sore," terangnya.

Titah membenarkan sejak ada Lumina, daya tarik Grand Maerakaca bertambah.

Selama ini pengunjung hanya melihat puluhan anjungan rumah tradisional yang ada di Jateng, lalu ke wahana edukasi dan permainan yang cocok untuk anak-anak.

Selain itu treking mangrove, menyusuri hutan mangrove di jalur yang sudah ditentukan. Jalur treknya di atas danau yang mengelilingi kawasan Grand Maerakaca. Sebelumya treking ini juga salah satu spot favorit untuk berfoto karena pemandangannya yang asri.

Usai treking, lanjut bersantai di area kafe dan warung makan di sepanjang jembatan di atas danau sambil menunggu pemandangan matahari terbenam.


"Nah, sekarang sejak ada Lumina bertambah lagi aktivitas wisata yang bisa dilakukan pengunjung, terutama buat yang hobi berfoto dan berselfi ria untuk diunggah di ragam medsos-nya," terang Titah.

Kelebihan lainnya, Lumina yang berada di dalam Grand Maerakaca juga mudah sekali dijangkau.

Lokasi Grand Maerakaca di samping PRPP, terletak di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Jaraknya sekitar 5 Km dari Tugu Muda Semarang dan sangat dekat dengan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani," pungkas Titah.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP