. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 26 Oktober 2020

Loh Buaya Tutup Loh Liang Tetap Buka, Ini Komentar Warganet


Resort Loh Buaya, Pulau Rinca di Taman Nasional (TN) Komodo, Labuan Bajo, bagian Barat Pulau Flores, NTT ditutup sementara dari kunjungan wisatawan. Berlaku sejak 26 Oktober 2020 sampai dengan 30 Juni 2021.

Penutupan tersebut sehubungan dengan berlangsungnya penataan sarpras (sarana dan prasarana) wisata alam di resort tersebut.

Pengumuman itu disampaikan Balai TN Komodo di akun Instagram (IG)-nya @tamannasionalkomodo 2 hari lalu.

"Jangan sedih, Sobat Komodo yang ingin melihat Komodo masih berkesempatan melihat Komodo di Resort Loh Liang, Pulau Komodo, TN Komodo. Sementara situs wisata perairan di kawasan terbuka seperti biasa dengan tetap mengacu ke peraturan yang berlaku (contoh: registrasi online)," tulis adminnya.

Sampai tulisan ini TravelPlus Indonesia buat, unggahan itu sudah disukai 730 warganet dan juga 136 komentar.

"Gegara foto viral yaa, jadi ditutup krn pembangunan Jurassic Park," tulis akun @turissendaljepit.

Lalu disambung @miryoray: "Oh sengaja ditutup biar ga ada foto2 viral lagi yakk. Ntar tau2 pas dibuka udh jadi tuh semua bangunan2 ga faedah segede gaban".

Hal senada juga dilontarkan @rafdyfauzan: "Gara-gara foto Komodo yang mau nebeng ke pulau sebelah pake truck jadi viral, Rinca langsung tutup. Wow!".

Komentar serupa diutarakan @hllwy_: "Ditutup secara mendadak, biar pembangunan Jurassic Parknya aman ya min yaa?? Awokwokwokwok".

Kabar Komodo memang kembali ngehits setelah selembar foto beredar di media sosial Twitter. Foto yang dibagikan akun @kawanbaikkomodo itu menampilkan potret sebuah truk membawa besi pancang di area Pulau Rinca.

Dalam foto itu, truk berat dengan bak warna hijau tampak melintas di dekat seekor Komodo. Foto ini menjadi viral dan dibagikan kembali oleh 3.600 pengguna Twitter.

Sejak itu kritik terhadap masuknya kendaraan berat di habitat kadal purba raksasa itu mengangkasa. Sejumlah media pun mengangkatnya.

Kelompok sipil Manggarai Barat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli dan Penyelamat Pariwisata (Formapp) sebagaimana diberitakan tempo.co, Minggu, 25 Oktober 2020, bahkan berencana memboikot Labuan Bajo setelah kendaraan berat masuk ke habitat Komodo untuk proyek pembangunan Pulau Rinca.

Mereka akan mengirimkan email ke seluruh travel agent baik di dalam maupun luar negeri untuk tidak mengajak turis datang ke Komodo selama 5 tahun.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)


 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP