. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 25 Oktober 2020

Ke Air Terjun Bedawan Trekking 5 Jam, Ini Tipsnya Biar Nyaman


Menjangkau air terjun satu ini, butuh perjuangan lebih. Bayangkan, waktu tempuhnya seperti mendaki ke puncak gunung saja,  berjalan kaki (trekking) sekitar 5 jam dari desa terakhir. Tapi pesona yang disuguhkan luar biasa menawan.

Nama air terjun itu Riam (Air Terjun) Bedawan yang berada di Desa Dange Aji, Kecamatan Air Besar (Serimbu), Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Rekan TravelPlus Indonesia Handy Lim yang tinggal di Kota Singkawang, Kalbar, baru-baru melakukan penjelajahan ke air tersebut dan berhasil mengabadikan pesona menawannya.

"Riam Bedawan ini merupakan salah satu air terjun terindah di Kalbar," ujar Handy yang berprofesi sebagai sales yang gemar berpetualang.

Air terjun satu ini mempunyai 7 tingkat yang cukup tinggi dengan bebatuan  beraneka macam dan bentuk serta pepohonan besar nan rindang.

Pesonanya itu, sambung Handy, mampu membuat para pemburu air terjun rela bersusah payah untuk mengabadikan keelokannya.

Untuk sampai ke Diam Beawan, waktu tempuh trekking-nya memang kurang lebih 5 jam dari Desa Dange Aji.

"Dari desa itu kita berjalan kaki melewati perbukitan dengan hutan yang masih alami dan aliran sungai berbatuan," terang pemuda yang kerap membawa wisatawan melakukan tur lokal.

Handy menyarankan wisatawan minat khusus yang ingin ke Riam Bedawan, waktu terbaiknya pas musim kemarau bukan penghujan. "Tapi jangan kemarau panjang karena volume air akan kecil," tambah Handy.

Sebelum masuk ke kawasan air terjun tersebut, wisatawan harus registrasi di Ketua RT di Desa Dange Aji dengan biaya Rp 10 ribu dan biaya pemandu Rp 15 ribu per orang.

"Biaya pemandu disesuaikan dengan jumlah wisatawan dalam 1 grup," ungkapnya.

Selain memotret, aktivitas wisatawan yang bisa dilakukan antara lain berkemah (camping) di sekitar air terjun yang berada di pedalaman hutan tropis ini. "Tapi harus bawa bekal perlengkapan camping dan logistik yang cukup," pesannya.

Wisatawan dari luar Kalbar, misalkan dari Jakarta yang ingin ke air terjun ini, bisa naik pesawat ataupun kapal laut menuju Pontianak, Ibukota Kalbar.


Selanjutnya dari Pontianak melanjutkan perjalanan dengan taksi ataupun bus umum menuju Kabupaten Landak, tepatnya di Kota Ngabang dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam.

Perkiraan ongkos bus dari bandara di Pontianak ke Kota Ngabang kurang lebih Rp 100 ribu per orang.

Berikutnya dari Kota Ngabang, ganti kendaraan menuju Kecamatan Air Besar, tepatnya di Desa Serimbu dengan bus umum atau pun taksi dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit. Ongkosnya kalau naik bus kurang lebih Rp 50 ribu per orang.

Kemudian dari Desa Serimbu dilanjutkan lagi perjalanan menuju Desa Dange Aji dengan mengunakan jasa ojek motor warga setempat dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 30 menit.

"Untuk ongkos ojek motor perkiraan kasar Rp 100 ribu pulang pergi karena medan jalannya cukup sulit," pungkas Handy seraya menambahkan selain Riam Bedawan masih ada beberapa  air terjun yang menarik dijelajahi antara lain Riam Unga, Berawan, Manangar, dan Riam Noyan Nokan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@handy_lim

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP