. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 17 Oktober 2020

Kata Orang Nomor Satu di Jatim Ini, Ayam Lodho Khas Tulungagung Mantul


"Siapa yang bisa menyangkal kenikmatan haqiqi ayam lodho khas Tulungagung? Ayam kampung dimasak kemudian dibakar. Disiram kuah santan kental mirip opor dan disajikan dengan nasi putih hangat dan lodeh yang pedas. Satu kata yang bisa menggambarkan itu semua. Mantul !".

Begitu kata orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur (Jatim), Gubernur
Khofifah Indar Parawansa saat menikmati kuliner tradisional Tulungagung, Ayam Lodho di sebuah rumah makan yang diunggah di akun Instagram-nya @khofifah.ip, Sabtu (17/10/2020).

Sampai berita ini TravelPlus Indonesia tulis, unggahan Menteri Sosial Indonesia ke-27 itu sudah disukai 18.600 lebih warganet, salah satunya penyanyi pop @yunishara36.

Unggahan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan ke-5 pada Kabinet Persatuan Nasional ini pun sudah mendapat 580 komentar, salah satunya dari penyanyi jazz  @syaharani.id dengan komentar satu lambang cinta.

Menikmati kuliner Ayam Lodho bukan kali pertama bagi Khofifah. Sebelumnya dia pernah berkunjung ke Pasar Ngemplak, Tulungagung, Minggu (24/2/2018) pagi.

Aksi blusukan perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 19 Mei 1965 ini ketika itu bukan cuma menikmati Ayam Lodho pun secara spontan membantu penjual nasi ayam lodho di Pasar Ngemplak yang ada di bagian dalam.

Tak bisa dipungkiri, berkat pemberitaan  dan unggahannya itu, membuat nama dan pamor makanan tradisional dari Tulungagung satu ini ikut terdongkrak.

Bukan cuma itu, efek positifnya semakin banyak orang yang penasaran dan ingin berwisata kuliner di salah satu kabupaten penghasil marmer terbesar di Indonesia yang terletak 154 Km Barat Daya Kota Surabaya ini.


Lalu dimana tempat menyantap Ayam Lodho? Pantauan TravelPlus, sekurangnya ada lima rumah makan di Tulungagung yang tersohor karena menyajikan kuliner spesial tersebut yakni Rumah Makan Ayam Lodho Pak Yusuf di Jalan KH R. Abdul Fatah No.88, Barat Pasar Ngemplak.

Selain itu Warung Ayam Lodho Sukoanyar di dekat Balai Fesa Sukoanyar, Pakel. Pilihan lainnya Warung Ayam Lodho Sumber Rejeki di Jalan Jayeng Kusuma, persis di depan Gang Tapan I.

Tempat berikutnya Ayam Lodho Gleduk Bu Sri di Jalan Dr. Sutomo, Tertek. Kemudian Ayam Lodho Bu Yati di Jalan Yos Sudarso; dan Ayam Lodho Setan Mbah Miaten di Jalan Dr. Soetomo, serta Lodho Ayam Bu Mamik di depan SPBU Plosokandung.

Selain Ayam Lodho, masih ada kuliner masakan utama khas Tulungagung lain yang tak kalah unik dan nikmat antara lain Sate dan Gulai Kambing Sompil, Kepiting Sambal Ijo, Sayur Pindang Terong Pedas, dan Nasi Bantingan.

Kalau panganannya antara lain ada Jenang Grendol, Jenang Syabun, Getuk Pisang, Enting Enting Kacang atau Geti, Kue Sagon, Kerupuk Rambak, dan Capar Tape serta minuman khasnya Kopi Ijo dan Cethe.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@khofifah.ip & @ayamlodho


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP