. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 12 Oktober 2020

Intip Gaya Musbadul, Muspada, dan Musperin Ramaikan Hari Museum Tahun Ini


Meskipun masih ditengah pandemi Covid-19, sejumlah museum di Tanah Air tetap bersemangat merayakan sekaligus menyemarakkan Hari Museum se-Indonesia yang diperingati setiap 12 Oktober.

Museum Basoeki Abdullah (Musbadul) Jakarta misalnya menggelar Lomba Melukis Tingkat SMP secara daring.

Bukan cuma itu, museum yang berada di Jl. Keuangan Raya No.19, RT.7/RW.5, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta ini, juga akan melanjutkan kegiatan melukis mural pas tanggal 12 Oktober 2020.


"Bertepatan dengan Hari Museum se-Indonesia tahun ini, kami bersama beberapa perupa Jakarta juga akan melanjutkan melukis mural di depan Museum Basoeki Abdullah agar lebih greng muralnya," terang Maeva Salmah selaku kepala Musbadul kepada TravelPlus Indonesia, Minggu (11/10/2020).

Pihaknya, lanjut Maeva masih menunggu status pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta selanjutnya.

"Kalau nanti berubah menjadi transisi, kami mau ngadain melukis mural di tembok jalan BNI dan Kantor Balai Warga 05  wilayah keberadaan Musbadul," terangnya lagi.

Museum berikutnya, Museum Sumpah Pemuda (Muspada) juga tak mau ketinggalan turut meramaikan Hari Museum se-Indonesia tahun ini.

Museum yang beralamat di Jl. Kramat Raya No.106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat ini akan mengadakan Kunjungan Virtual.


"Acaranya akan diadakan besok, Senin, 12 Oktober 2020 mulai pukul 10 pagi sampai selesai," terang Kepala Muspada Titik Umi Kurniawati kepada TravelPlus.

Kunjungan Virtual ini, sambungnya, diadakan di zoom meeting dan kanal YouTube Muspada.

"Yuk segera daftar ke bit.ly/RSVP-TurVirtual, bisa perorangan dan kelompok," ajak Umi.

Begitupun dengan Museum Perkebunan Indonesia (Musperin). 

Museum yang beralamat di Jl. Brigjend Katamso, Kp. Baru, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara ini mengadakan beberapa rangkaian  acara.

"Kami ada 4 kegiatan untuk meramaikan Hari Museum se-Indonesia tahun ini yakni Musperin Tik Tok Competition, Kuis, Talkshow, dan Workshop Sketsa Virtual" ungkap Sri Hartini selaku Direktur Eksekutif Musperin kepada TravelPlus.

Lebih lanjut Sri Hartini menjelaskan untuk acara Tik Tok Competition  bertema 'Sejarah Museum Perkebunan Indonesia' dimulai sejak tanggal 5 s/d 20 Oktober 2020. 


"Kompetisi ini untuk kategori pelajar/mahasiswa ini, info detilnya bisa dilihat di akun Instagram @musperin," terangnya.

Sementara itu Talkshow yang bertajuk Sapa Museum akan diadakan tanggal 14 Oktober 2020. "Acaranya secara live di akun Instagram Museum Daerah Deli Serdang, pukul 14.30 sampai 15.30 WIB. Sedangkan Workshop Sketsa Virtual akan dilaksanakan tanggal 24 Oktober 2020," pungkas Sri Hartini.

Hari Museum se-Indonesia, diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Ketetapan ini, berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama kali diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.maeva, umi & sri hartini


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP