. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 23 Oktober 2020

Ekspedisi Merah Putih, Cara Pidie Promosikan Objek Wisata Alamnya yang Menantang


Pidie, salah satu kabupaten di Aceh yang memiliki sejumlah aktivitas wisata alam menantang antara lain arung jeram, susur gua, penjelajahan hutan, dan pendakian gunung.

Untuk memperkenalkan objek wisata minat khususnya yang kental atmosfer petualangannya tersebut, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pidie melakukan berbagai langkah.

Salah satunya dengan mendukung kegiatan Ekspedisi Merah Putih dalam bentuk pendakian Gunung Apui yang dilakukan kalangan pemuda Pidie yang tergabung dalam tim Pidie Adventure.

"Kegiatan ini (Ekspedisi Merah Putih_red) adalah bagian dari upaya  memperkenalkan kepada masyarakat di Aceh maupun di luar Aceh, bahwa Pidie punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi khusus buat para peminat waisata alam tantangan atau minat khusus," terang Kepala Disparbudpora Kabupaten Pidie, Apriadi kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA, Jumat (23/10/2020).

Gunung Apui yang menjadi objek Ekspedisi Merah Putih, lanjutnya, selain mempunyai tantangan berupa aktivitas penjelajahan hutan dan pendakian, juga merupakan tempat yang bersejarah.

"Jelas, dari sisi pariwisata, lokasi tersebut (Gunung Apui_red) punya daya tarik tersendiri, bukan hanya bagi para pendaki gunung," jelasnya.

Apriadi membenarkan ketika Ekspedisi Merah Putih ini akan dilaksanakan oleh kawan-kawan dari Pidie Adventure, dirinya positif Covid-19 sehingga kurang fokus.

"Sampai sekarang saya masih belum aktif ngantor, mohon maklum karena lagi fokus penyembuhan dan masih isolasi mandiri," ungkapnya.

Apriadi menjelaskan Ekspedisi Merah Putih memang merupakan kegiatan dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

"Karena kita tidak bisa buat upacara terbuka di masa pandemi, akhirnya ada ide pemuda-pemudi Pidie untuk melakukan ekspedisi ini supaya gaung Sumpah Pemuda tidak sampai hilang. Alhamdulillah ada Anggota Dewan Pidie yang berkenan memberikan anggaran Pokir (Pokok Pokiran_red) yang bersangkutan sehinga Ekspedisi Merah Putih ini bisa terlaksana," pungkas Apriadi.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Disparbudpora Kabupaten Pidie Rahmat Yahya ST menambahkan dari sisi Kepemudaan, Ekspedisi Merah Putih ini memang bertujuan untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda tahun ini dengan cara yang berbeda.

"Kenapa berbeda? Karena saat ini masih ditengah pendemi, jadi tidak memungkinkan kalau kita buat kegiatan upacara seperti peringatan Sumpah Pemuda tahun-tahun yang lalu," ujarnya.


Pilihan Berpetualang

Catatan TravelPlus dari berbagai sumber, Pidie termasuk kabupaten di Aceh yang punya banyak pilihan bagi wisatawan minat khusus yang ingin berpetualang di alam bebas.

Buat peminat arung jeram (rafting) bisa mengarungi riam-riam liar di Krueng (Sungai) Geumpang, Dusun Pante Luah, Kecamatan Mane. Nama rafting operator-nya Wahana Lestari Adventure.

Pilihan lain yang lebih ringan, tubing rafting di Krueng Cot Weng, Desa Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse sekitar 40 menit dari Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie.

Bagi yang senang menelusuri perut bumi atau caving, pilihannya ke Gua Limeng yang berada di Gampong (Kampung) Kulèe, Kecamatan Batèe.

Buat yang suka menjelajahi teuraceue (air terjun), antara lain bisa ke Teuraceue Angen di Desa Beungga, Kecamatan Tangse.

Koordinator Pelaksana Ekspedisi Merah Putih Zian Mustaqin menambahkan, ada satu lagi kegiatan wisata minat khusus di Kabupaten Pidie yakni penjelajahan hutan dan pendakian gunung (mountaineering) ke Gunung Apui yang merupakan bagian dari Pegunungan Peut Sagoe.

Untuk menuju pegunungan tersebut ada dua jalur pendakian yakni dari Gampong Blang Dalam, Kecamata Mane dan Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang.

"Pidie Adventure sendiri memilih jalur dari Gampong Pucok, Kecamatan Geumpang dalam Ekspedisi Merah Putih ke Gunung Apui dari tanggal 22 Oktober-4 November 2020," ungkap Zian.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. @disparbudporapidie, @agam_kramat, @wahanalestariadventure & @pidieadventure

 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP