. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 15 Oktober 2020

Di Kedai Danghiang Usai Santap Sop Iga Ditutup Tansu dan Birtok, ah Sempurna


Kedai kuliner di Jakarta banyak. Tapi kedai yang menyajikan hidangan utama (main course) antara lain bermacam Sop Iga dengan sajian penutup (dessert)-nya Ketan Susu (Tansu) dan Bir Pletok (Birtok), cuma ada satu. Namanya Kedai Danghiang.

Ada tiga jenis Sop Iga di kedai yang berada di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 25B, Jakarta Selatan, seberang Bengkel Toyota Akastra Motor ini, yakni Sop Iga dengan harga Rp 18K (ribu), Sop Iga Bakar 41K, dan Sop Iga Sumsum 62K per porsinya.

Sewaktu TravelPlus Indonesia berkunjung ke kedai ini Rabu (14/10/2020) malam, selepas Isya, Sop Iga Sumsum-nya sudah habis.

"Sop Iga Sumsum salah satu menu main course favorit jadi cepat habis, ada yang beli langsung dan banyak juga yang pesan online," ujar Eko Wijaya, pengelola Kedai Danghiang.

Sebagai penggantinya, TravelPlus pesan Sop Iga Bakar dengan menu penutup Tansu (10K) dan Bir Pletok Original (13 K).

Usai menikmatinya, ketiga menu itu juara. Terutama Tansu-nya yang mengingatkan TravelPlus akan Tansu-nya Kemayoran, dekat JI Expo Jakarta Pusat.


Di daftar menu yang disodorkan Eko, selain aneka Sop Iga, menu utama di kedai ini juga ada Sop Ceker (18K), Gurame Asam Manis (65K), Ayam Goreng Asam Manis/Lada Hitam (22K), Sosis Asam Manis/Lada Hitam (21K), Udang Asam Manis/Lada Hitam (26K), dan Cumi Asam Manis/Lada Hitam (26K).

Kedai dengan akun Instagram (IG)-nya @kedaidanghiang.jakarta ini juga menyajikan varian Nasi Goreng (Nasgor) antara lain Nasgor Sosis (25K), Nasgor Iga (40K), Nasgor Ayam (30K), Nasgor Udang (32K), Nasgor Cumi (32K), dan Nasgor Ceker (25K).

Untuk Tansu-nya juga ada 5 macam. Selain Tansu juga ada Ketan Pisang (15K), Ketan Kinca Duren (17K), Ketan Ice Cream (20K, dan Ketan Keju (15K) per porsinya.

Ketan-ketan tersebut masing-masing disajikan di piring tanah liat yang diberi alas daun pisang sehingga amat terkesan tradisional.

Selain Tansu, masih ada hidangan penutup lainnya seperti Roti Panggang (Ropang) Cokelat Keju (28K), Ropang Ice Cream (22K), Pisang Panggang (Pispang) Coklat Keju (18K), dan Pispang Ice Cream (22K) serta Ceker Asam Manis/Teriyaki/Lada Hitam (17K).

Minuman Bir Pletok (Birtok)-nya juga ada bermacam, antara lain Birtok Susu Hot/Ice (14K), Birtok Lemon/Lecy/Hot/Ice (17K), Pletok Coffee atau paduan Kopi dengan Birtok (14K), Birtok kemasan 250 ml (20K), dan Birtok kemasan 350 ml (27K).

Selain itu ada varian minuman jeruk (10-12K) dan varian teh (3-14K) per gelas.

Malam itu, pengunjung yang ada di Kedai Danghiang bukan cuma TravelPlus, tapi juga beberapa pengunjung lain baik yang datang baik per orangan, berdua-duaan, maupun dalam kelompok kecil, antara lain lima orang pria dewasa dari kelompok pecinta alam Agatra Saya yang berbasis di Jakarta.

Mereka memilih duduk lesehan di bagian dalam kedai dekat dengan ruang kasir.

Aneka menu yang mereka pilih antara lain Sop Iga Bakar, Ayam Goreng Asam Manis, Udang Asam Manis, tiga jenis Tansu, dan Pletok Coffee.


"Semuanya recomended, apalagi Tansu dan Pletok Coffee-nya. Pokoknya kudu coba semuanya kalau kulineran di sini," ujar Untung diamini keempat rekannya Enday, Manyoen, Irawan, dan Hasbi.

Beberapa pengunjung lainnya, memilih duduk di kursi di bagian depan kedai yang berhadapan dengan jalan raya.

Kata Eko, kedai ini buka setiap hari pukul 4 sore sampai 12 malam. "Kalau mau booking dan reservasi bisa kontak 0878 7716 3416 via WA atau  telepon di nomor 0853 1200 4371," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, tak jauh dari Kedai Danghiang, tak sampai 500 meter, juga banyak kuliner street food antara lain penjual Kue Dongkal, Nasi Uduk Betawi, dan lainnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP