. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 15 Oktober 2020

Delapan Rute Baru Damri ini, Bikin Makin Mudah Berwisata di Yogyakarta


Ketersediaan angkutan umum yang nyaman dan tarifnya terjangkau, menjadi salah satu kunci sukses sebuah destinasi wisata ramai pengunjungnya.

Yogyakarta menyadari sekali hal itu. Buktinya saat ini Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri) di sana, membuka delapan rute baru untuk mendukung pariwisata Daerah Istimewa tersebut, termasuk ke beberapa objek wisata yang ada di Jawa Tengah.

General Manager Damri Yogyakarta, Rahmat Santoso menjelaskan pembukaan delapan rute baru ini untuk memulihkan ekonomi nasional agar usaha kecil menengah (UKM) yang dilalui armada hidup semua.

“Kalau transportasinya hidup harapannya pertumbuhan ekonomi juga hidup dari sisi UKM, hotel, dan objek wisatanya,” jelas Rahmat sebagaimana dikutip sebagaimana dikutip harianjogja.com, Kamis (15/10/2020).

Kedelapan rute baru Damri di DIY itu adalah pertama, jurusan Malioboro-Parangtritis via Terminal Palbapang Bantul dengan tarif Rp 15.000 per penumpang.

Trayek Malioboro-Parangtritis itu akan dilayani dua unit armada Damri yang beroperasi dari Hotel Limaran pukul 06.00-17.00 WIB.

Rutenya dari Malioboro, bus Damri melintasi Jalan Parangtritis, Simpang Empat Manding, ke Barat lewat Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul sampai Simpang Empat Gose. Kemudian ke Selatan masuk Terminal Palbapang, lalu ke Timur masuk Simpang Empat Bakulan dan ke Selatan sampai Terminal Parangtritis.

Rute baru kedua, Yogyakarta Internasional Airport (YIA)-Wonosari-Pantai Baron. Trayek ini akan dilayani empat armada dengan tarif Rp 25.000 per penumpang.

Ketiga, rute Malioboro-Nglanggeran-Wonosari-Pantai Baron dengan empat armada.

Berikutnya rute Malioboro-Gua Kiskendo Kulonprogo sebanyak tiga armada.

Rute selanjutnya Monjali-Slono dengan tiga armada. Kemudian trayek UGM-Borobudur dengan dua armada. Lalu rute Prambanan-Borobudur sebanyak tiga armada.

Terakhir atau rute kedelapan YIA-Gunung Gajah-Gua Seplawan-Hutan Pinus Purworejo sampai Borobudur akan dilayani dua unit armada.

Menurut Rahmat delapan tambahan rute baru Damri ini mulai beroperasi per 15 Oktober 2020 yang dilayani dengan 23 armada.

Semua armada yang melayani delapan rute ini dalam kondisi prima. Setiap bus berpenumpang maksimal 45 orang. Namun dalam pandemi Covid-19 ini, hanya separuh kapasitas yang boleh diisi.

"Manajemen juga memberlakukan protokol kesehatan dengan menyemprot disinfektan semua armada setiap hari sebelum beroperasi," pungkas Rahmat.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@damriindonesia & @damriyogyakarta

 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP