. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 04 Februari 2020

Mau Lihat Aneka Atraksi di Kepri Bulan Februari? Ini Sederet Event-nya

Sebagai penyumbang wisman terbanyak kedua bagi Indonesia, Kepulauan Riau (Kepri) memang punya daya tarik tersendiri. Salah satunya, acara wisata (tourism event)-nya yang beragam setiap bulan.

Nah, edisi kali ini TravelPlus Indonesia sajikan sederet kalender wisata bulan Februari 2020 di provinsi yang terdiri atas 2 kota dan 5 kabupaten ini.

Pertama, Batam yang menjadi pintu masuk utama wisatawan ke Kepri sekaligus kota teramai dan terlengkap 3A (Aksesibilitas, Atraksi, dan Amenitas)-nya.

Di kota yang memiliki landmark Jembatan Barelang dan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang berpredikat sebagai masjid terbesar di Sumatera ini, ada sederet tourism event yang menarik, di antaranya Lomba Jong di Nongsa tanggal 14-16 Februari, Valentine Celebration (14 Februari) di sejumlah hotel, dan beberapa turnamen golf.

Di Tanjungpinang, Ibukota Kepri ini ada tiga tourism event bulan Februari 2020 ini antara lain Pai Thikong Tradition yang sudah berlangsung tanggal 1 Februari, Cap Go Meh (8 Februari), dan Hari Jadi Pulau Penyengat (Penabalan Gelar Adat) tanggal 14 Februari.

Di Kabupaten Bintan, juga ada 3 event yang bisa lihat yakni Festival Keter di Teluk Bintan tanggal 15-16 Februari, Chinese New Year Festival di Lagoi Bay (28 Februari), dan Jong Selatan Race di Teluk Bakau, 28 Februari.

Festival Keter di kabupaten beribukota Bandar Seri Bentan ini adalah lomba permainan rakyat bermain jong atau sampan kecil tak berpenumpang di Kampung Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Teluk Bintan. 

Lain lagi kalau Anda ke Kabupaten Lingga yang beribukota Daik.

Di sana Anda bisa menyaksikan event berbasis budaya dan ekonomi kreatif berlabel Gebyar Pesona Batik Lingga tanggal 22 Februari.

Di culture event yang dibuat oleh Dinas Industri dan UKM Lingga tersebut, Anda bakal menemukan kain batik  bermacam motif khas Lingga seperti motif Kampuk Manggis, Bunga Sekak, Itik Ulang Petang, Bunga Melati, Kapak Leman, Bintang-Bintang, dan lainnya. 

Sementara event Malam Seni Budaya & Pameran Museum yang semula bakal dihelat Dispar Lingga tanggal 1-8 Februari sesuai kalendar wisata Lingga 2020, digeser ke tanggal 1-8 Maret, disejalankan dengan MTQ yang akan digelar di Senayang oleh Dinas Kebudayaan Lingga.

Di Kabupaten Natuna sepanjang Februari tidak ada tourism event yang bisa Anda tonton.

Ini tidak ada hubungannya dengan penetapan salah satu titik lokasi di sana sebagai tempat karantina bagi 200 lebih WNI yang dievakuasi dari China akibat virus Corona, melainkan memang sesuai CoE  Natuna tahun ini.

Berdasarkan kalender wisata Natuna 2020, Disbudpar Natuna baru akan menggelar event bulan Maret, yakni Natuna Youth Geo Sport Festival, Explore Natuna, dan Gema MTQ Natuna.

Kendati bulan Februari ini tidak ada event, Anda tetap bisa ke kabupaten yang beribukota Ranai ini untuk menikmati ragam pesonanya, antara lain ke sejumlah geosite-nya yang lagi ngehits.

Begitupun kalau Anda ke Kabupaten Karimun.

Sebenarnya ada event di kabupaten beribukota Tanjung Balai Karimun ini yang digelar Dispar-nya pada bulan Februari. Tapi sudah berlangsung, yakni Enduro Fiesta Jilid 2 di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing tanggal 1-2 Februari kemarin.

Baru bulan selanjutnya, Maret Dispar Karimun menggelar 2 event yakni Semarak MTQ dan Lomba Mancing. 

Nah, kalau ke Kabupaten Anambas yang beribukota Tarempa, bulan Februari ini, Anda bisa menyaksikan Festival Pesona Jemaja tanggal 17 Februari mendatang.

Naskah &amp: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: disparbud bintan & adji

Captions:
1. Jembatan Barelang, salah satu ikon landmark Batam.
2. Jong alias perahu tak berpenumpang jadi marine tourism event bermuatan permainan rakyat di Bintan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP