. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 04 Februari 2020

Kabupaten Kediri Punya 37 Event, Dua Diantaranya Siap Warnai Februari Ini

Kabupaten Kediri, Jawa Timur menyiapkan 37 kegiatan wisata (tourism event) sepanjang 2020 untuk menjaring wisnus dan wisman, dua di antara bakal mewarnai Februari ini.

Kedua event itu adalah Jelajah Alas Kandang Macan dan School Contest XIII.

Hal itu diungkapkan Kepala Disparbud Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si saat ber-audiensi dengan Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional II (Jawa dan Kalimantan), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, Selasa (4/2/2020). 

Jelajah Alas Kandang Macan akan berlangsung 2 hari, tanggal 8-9 Februari 2020 di Desa Kebonrejo, Kecamatan Kepung.

Event tersebut, lanjut Adi merupakan kegiatan jelajah sepeda wisata yang bernuansa fun dan pertualangan alam untuk mengeksplor potensi pesta durian yang ada di Desa Kebonrejo, tepatnya di alas Kandang Macan.

"Kegiatan ini dibuka untuk peserta umum serta komunitas sepeda gunung di dalam maupun luar daerah Kediri," terang Adi.

Sementara Gebyar School Contest yang akan digelar 3 hari, tanggal 27 - 29 Februari mendatang, bertempat di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kecamatan Ngasem.

School Contest ke XIII ini, sambung Adi merupakan event terbesar untuk para pelajar se-Kediri Raya.

Gebyar School Contest semakin tahun semakin semarak. Berbagai lomba diselenggarakan sebagai wadah adu kreativitas para pelajar Kediri Raya.

"Setiap sekolah selalu menunggu untuk menampilkan karya terbaik, karya anak bangsa di ajang bergengsi ini," jelas Adi.

Terkait 37 event 2020, Disparbud kabupaten bermoto Canda Bhirawa ini berharap Kemenparekraf dapat memberi dukungan dalam pengembangan Destinasi Pariwisata. 

Terutama dukungan yang dapat memperkuat pengembangan destinasi wisata Kabupaten Kediri yang bersinergi dengan Asdep Pengembangan Destinasi Regional II, seperti dukungan dalam bentuk edukasi maupun atraksi sebelum, saat, dan sesudah event Pekan Budaya dan Pariwisata serta Festival Kelud.

"Untuk dukungan pengembangan destinasi deswita yang saat ini sangat berkembang di Kabupaten Kediri, dapat berupa berupa Bimtek, Seminar maupun Atraksi saat event Destinasi Wisata Desa digelar sesuai jadwal yang akan kami koordinasikan dan sinergikan dengan Asdep Pengembangan Destinasi Regional II," terang Adi yang didampingi Farid selaku Kabag Pemasaran dan juga staf-nya. 

Kabupaten Kediri yang beribukota Ngasem ini juga memiliki 35 desa wisata (deswita). "Tapi setiap tahun selalu berkembang jumlah deswita-nya karena aparat desa dan masyarakat sudah sadar akan besarnya kontribusi ekonomi terhadap desa dan masyarakatnya," ungkap Adi.

Dari 35 deswita itu antara lain Deswita Dukuh, Canggu, dan Deswita Sugihwaras.

Deswita Dukuh itu salah satu andalannya Sumber Mata Air “Sugih Waras” sekitar 12 km sebelah Selatan Kota Kediri menuju ke arah Kota Tulungagung dan Kota Blitar.

"Kalau Deswita Canggu dengan Candi Surowono-nya di Dusun Surowono. Sedangkan Deswita Sugihwaras dengan tradisi Nyadran dan Ritual Sesaji Gunung Kelud-nya," terang Adi.

Data Disparbud, total jumlah pengunjung ke 44 daya tarik wisata di Kabupaten Kediri sepanjang tahun lalu sampai dengan 31 Desember 2019 mencapai 4.186.008 wisatawan, terdiri atas 4.185.436 wisnus dan 572 wisman.

"Tahun ini kita targetkan bisa mencapai 5 juta wisatawan," ungkap Adi.

Ke-44 daya tarik wisata itu terdiri atas 7 objek dikelola Pemkab Kediri, 12 objek punya swasta, 11 deswita, dan 14 cagar budaya.

Wawan Gunawan selaku Asdep Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional II (Jawa dan Kalimantan) mengatakan sebagai sarana pengembangan destinasi pariwisata, Kemenparekraf sangat mendukung event dan ekonomi kreatif yang sejauh ini telah dilaksanakan di Kabupaten Kediri.

Dukungan dari Asdep Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf kepada kalender wisata Kabupaten Kediri 2020 utamanya adalah pada 2 event besar yaitu Pekan Budaya dan Pariwisata tanggal 5 -11 Juli serta Festival Kelud 22 Agustus -13 September mendatang.

"Kemasan atraksi dalam hal ini event-nya akan mendapat pendampingan dari Kemenparekraf. Tak ketinggalan pengembangan deswita-nya," terang Wawan.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@adiwignyo & asdepdesreg2

Captions:
1. Salah satu daya tarik wisata alam di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.
2. Suasana audiensi Disparbud Kab. Kediri ke Kemenparekraf, Jakarta.
3. Makan di salah satu desa wisata (deswita) Kab. Kediri.
4. Selfie spot nan cantik di Kab. Kediri.
5. Kepala Disparbud Kabupaten Kediri Adi Suwignyo berserta Kabag Pemasaran, dan staf-nya berfoto bersama Wawan Gunawan selaku Asdep Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional II Kemenparekraf.




0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP