. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 05 Februari 2020

Inilah Para Pejabat Baru Kemenparekraf/Baparekraf yang Dilantik Wishnutama

Akhirnya wajah-wajah pejabat baru di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) terkuak sudah hari ini.

Ya, tepat Rabu (5/2/2020) malam, ada 44 pejabat baru yang sudah dilantik oleh Menparekraf/Kepala Baparekraf Wishnutama Kusubandio dan disaksikan Wamenparekraf/Wabaparekraf Angela Tanoesoedibjo.

Pelantikannya bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta. 

Ke-44 pejabat baru itu terdiri atas 14  Pimpinan Tinggi Madya atau Eselon I dan 30 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II).

Wajah-wajah para pejabat baru itu TravelPlus Indonesia lihat dari akun Instagram (IG) @henky.manurung dan tiga foto lagi kiriman Wawan Gunawan.

Ada 4 foto yang diunggah Henky yang baru dilantik sebagai Direktur Manajemen Industri, Deputi Bidang Industri dan Investasi Baparekraf. 

Sebelumnya, pria berdarah Batak ini menjabat sebagai Asdep Investasi.

Ketika dilantik, pemilik nama lengkap Henky Hotma Parlindungan Manurung ini memakai jas hitam, kemeja dalam putih, dasi biru tua, dan berpeci hitam.

"Tantangan terbesarnya adalah meningkatkan peran dan tatakelola industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, setelah dilantik menjadi Direktur Manajemen Industri pada Deputi Bidang Industri dan Investasi. Terimakasih Tuhan dan Salam Indonesia Maju," tulis Henky sebagai captions di bawah foto-foto tersebut.

Di foto bersama usai pelantikan itu juga terlihat Nia Niscaya, Giri Adnyani, Wawan Gunawan, dan Reza Fahlevi yang nampak berseri-seri sebagaimana rona sumringah para pejabat baru lainnya seperti Rizki Handayani, Dadang Rizki Ratman, Frans Teguh, Oneng Setya Harini, Oni Yulfian, Hariyanto, Vinsensius Jemadu, Wisnu Bawa Tarunajaya, Adella Raung, Dessy Ruhati, Cecep Rukendi, Agustini Rahayu, dan Masruroh.

TravelPlus Indonesia langsung memberi ucapan selamat kepada Nia, Giri, Wawan, Reza, dan juga Henky lewat pesan WA serta beberapa pejabat lain yang wajahnya sangat tak asing lagi alias amat familiar.

Menurut Nia yang saat dilantik mengenakan kebaya dan hijab berwarna pink kemerahan seperti terlihat dalam foto di atas, kini memegang jabatan baru sebagai Deputi Pemasaran Baparekraf.

Jadi selain memasarkan pariwisata, mulai sekarang, perempuan kelahiran Malang ini mempromosikan ekraf-nya juga.

Jabatan baru muslimah berhijab gaya nyentrik ini, boleh dibilang tidak terlalu berbeda dengan jabatan lalunya sebagai Deputi Pemasaran. 

Lain lagi dengan pemilik lengkap Ni Wayan Giri Adnyani.

Perempuan asal Bali ini sekarang menjabat sebagai Sesmen. Ketika dilantik, dia memakai kebaya warna biru dan kain batik coklat tua.

Wawan kini menjabat sebagai Direktur Pengembangan Destinasi Regional II dibawah Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Baparekraf.

Boleh dibilang jabatan barunya itu tak beda jauh dengan sebelumnya sebagai Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional II.

Tugas pria asli Sunda ini sekarang membantu Deputi melaksanakan tugas dan kewajiban yang harus selesai dan tercapai hasinya.

"Jadi harus ada hasil nyata yang dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sesuai arahan Pak Menteri saat pelantikan," terang Wawan yang mengenakan stelan jas hitam, kemeja dalam putih, dan peci hitam.

Sedangkan Reza kini menjabat sebagai Direktur Kelembagaan di Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Baparekraf.

Jelas jabatan baru pria berdarah Aceh ini berbeda sekali dengan jabatan terakhirnya sebagai Asdep Pengembangan Destinasi.

"Salah satu tugas saya ngurus Badan Otorita, mas," ujar Reza yang juga memakai jas hitam, dasi warna merah serta berpeci hitam saat dilantik.

Pelantikan pejabat tinggi eselon satu dan dua ini merupakan bagian dari penataan struktur organisasi baru dalam mengembangkan peranan parekraf sebagai sektor andalan penghasil devisa negara serta menciptakan lapangan kerja yang luas untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wishnutama pembentukan organisasi baru Kemenparekraf/Baparekraf membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menata organisasi baru seefisien mungkin serta menetapkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) di masing-masing satuan kerja agar berfungsi secara optimal.

Para pejabat tersebut akan menempati posisi di dalam struktur baru organisasi Kemenparekraf/Baparekraf.

Dalam struktur baru organisasi Kemenparekraf yang dipimpin Menteri dan Wakil Menteri menempatkan 6 pejabat eselon satu terdiri atas: Sekretaris Kementerian, Staf Ahli Bidang Reformasi dan Regulasi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis. 

Sementara itu struktur baru organisasi Baparekraf yang dipimpin Kepala Badan (Menteri) dan Wakil Kepala Badan (Wakil Menteri) menempatkan 9 pejabat eselon satu yaitu: Sekretariat Utama, Inspektorat Utama, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Deputi Bidang Pemasaran, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), serta Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Pembentukan organisasi baru Kemenparekraf/Baparekraf tersebut sesuai dengan instruksi Presiden yang diterbitkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2019 tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Perpres Nomor 97 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Baparekraf merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Presiden.

Diujung sesi pemotretan seusai pelantikan, Wishnutama dan Angela berfoto bersama para pejabat baru itu.

Kali ini fotonya bergaya agak rileks sebagaimana foto yang TravelPlus Indonesia pasang di urutan teratas di tulisan ini.

Hampir semua mengangkat tangan kanan dengan jari dikepal, sebagai simbol semangat. Dan wajah mereka pun nampak lebih ceria dan bersemangat.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@henky.manurung & wawan gunawan

Captions:
1. Inilah wajah-wajah bahagia para pejabat baru Kemenparekraf/Baparekraf yang dilantik Menparekraf Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Rabu (5/2/2020) malam.
2. Henky Manurung mendapat salam jabat tangan dari Menparekraf Wishnutama.
3. Jabatan baru, tugas baru, semangat baru.
4. Giri Adnyani berkebaya biru sewaktu pelantikan.
5. Wawan Gunawan juga diberi salam oleh Wishnutama.
6. Suasana saat Wishnutama memberikan selamat kepada para pejabat baru Kemenparekraf/Baparekraf.
7. Selamat buat para pejabat baru Kemenparekraf/Baparekraf semoga Parekraf Indonesia semakin maju, berkualitas, dan berjaya.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP