. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 05 Februari 2020

Lihat Festival Keter Bintan 2020, Bikin Momen Hari Kasih Sayang Jadi Lebih Berkesan

Candle light dinner pas Hari Kasih Sayang itu biasa. Coba cari sensasi yang berbeda, salah satunya dengan menyaksikan Festival Keter Bintan atau Jong Race Selatan 2020.  

Kebetulan Festival Keter Bintan 2020 yang digelar Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bintan akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai 16 Februari mendatang, pas momen Hari Kasih Sayang itu.

Dinamakan begitu karena lokasinya di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, sekitar 30 Km dari Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Bintan Wan Rudi Iskandar, lomba Jong merupakan permainan tradisional perahu rakyat khas Melayu yang kemudian menjadi agenda rutin di negeri berjuluk Bumi Segantang Lada ini, setiap tahunnya.

Konon lomba Jong berasal dari sebuah kegiatan ritual orang-orang dari etnis Tionghoa yang sering memberikan sesaji ke tengah lautan.

Dalam sesaji tersebut terdapat sebuah kue bernama Jong Kong. Sesaji tersebut dibawa dengan sebuah perahu kecil hingga hanyut tak terlihat lagi.

Perahu mini tanpa awak kapal, dengan panjang 1,5 meter dan layar mencapai 2 meter tersebut justru menarik perhatian orang Melayu Bintan yang melihatnya.

Kemudian oleh orang Melayu perahu, hal tersebut dijadikan sebagai permainan yang menyenangkan.

Jadi nama permainannya diambil dari ritual Jong Kong yang dilakukan oleh etnis Tionghoa kemudian dijadikan ajang perlombaan besar bagi masyarakat Melayu Bintan atau dikenal dengan lomba Jong wilayah Selatan yang kemudian berganti nama menjadi Festival Keter Bintan.

"Festival Keter Bintan menjadi atraksi wisata yang amat potensial menjaring bukan cuma wisnus tapi juga wisman," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Bintan Wan Rudi Iskandar kepada TravelPlus Indonesia, Rabu (5/2/2020).

Ketua Panitia Pelaksana Festival Keter Bintan 2020, Muhammad Nur mengatakan festival tahun ini akan diikuti ratusan peserta Jong yang berasal dari berbagai daerah.

Festival tradisional ini sangat menarik dan hanya dapat ditemui di kawasan Riau Kepulauan," ujarnya. 

Selain memperlombakan jong, festival ini juga akan dimeriahkan permainan rakyat, musik, dan suguhan bermacam kuliner. 

"Permainan rakyat-nya antara lain lomba panjat pinang di air dan gebuk bantal akan kita gelar pada hari ketiga, malamnya diakhiri festival dangdut,” tambahnya.

Lewat festival ini Muhammad Nur berharap bisa melestarikan permainan Jong yang menjadi budaya turun temurun masyarakat Melayu.

"Kita juga ingin daerah kita berkembang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan di Bintan," pungkasnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.disparbud kab.bintan 

Captions:
1. Perahu Jong di Pantai Keter, Teluk Bintan.
2. Bupati Bintan Apri Sujadi di Festival Keter.
3. Menyiapkan Jong, perahu tradisional tak berpenumpang untuk dilombakan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP