. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 05 Februari 2020

Wow.., Coast to Coast Night Trail Ultra 2020 di Bantul Diikuti 21 Negara

Coast to Coast (CTC) Night Trail Ultra 2020 bakal digelar di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama dua hari, tanggal 15-16 Februari mendatang. Pesertanya tercatat sudah lebih dari 1.300 pelari dari 21 negara, termasuk Indonesia. Wow, kereeen...

CTC Night Trail Ultra, boleh dibilang sport tourism event yang turut menambah pundi-pundi perbendaharaan wisatawan mancanegara (wisman) bagi Kabupaten Bantul.

"Buktinya di CTC tahun ini, tercatat peserta yang memastikan ikut berjumlah 1070 (update terkini 1.326 peserta), dan 83 orang di antaranya berasal dari 20 negara asing," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo kepada TravelPlus Indonesia, Rabu (5/2/2020).

Ke-83 peserta mancanegara itu, lanjut Kwin begitu sapaan akrabnya, berasal dari Australia, Kolombia, Jepang, Perancis, Malaysia, Spanyol, Turki, Myanmar, Ekuador, dan Inggris.

Selain itu Kanada, Irlandia, Filipina, Slovakia, Belgia, AS, Argentina, Brazil, Jerman, dan dari Singapura. 

"Pendaftaran peserta CTC kali ini sudah ditutup sejak 13 Januari 2020," ungkap Kwin.

Lebih rinci Kwin membeberkan, kalau tahun ini CTC Night Trail Ultra dibagi dalam 5 kategori jarak yaitu 100 Km, 70, 50, 25, dan 13 Km. 

Adapun jumlah peserta menurut kategori jarak terbagi atas 13 Km sebanyak 320 orang, 25 Km (405), 50 Km (380), 70 Km (136), dan jarak 100 Km sebanyak 85 orang.

"Waktu start masing-masing kategori jarak, itu berbeda," tambahnya. 

Untuk 100 Km direncanakan start-nya pada Sabtu,15 Februari 2020 pukul 2 siang dengan 12 water point plus makan.

Jarak 70 Km Sabtu (15/2) pukul 9 malam dengan 9 water point plus makan dan Jarak 50 Km Minggu (16/2) pukul 00.00 WIB dengan 6 water point plus makan.

Jarak 25 Km Minggu (16/2) pukul 4 pagi dengan 3 water point. Sedangkan kategori jarak 13 Km, start-nya pada hari Minggu (16/2) pukul 5 pagi dengan 1 water point. 

Lokasi start dan finish berada di seputar Pantai Depok dan maksimal peserta harus sampai garis finish Minggu, 16 Februari  pukul 12.00 WIB.

Seluruh peserta akan mendapatkan kaos dan mereka yang mencapai finish akan mendapatkan medali. 

Menurut Kwin keunikan atau kekhasan CTC Night Trail Ultra adalah peserta bisa berlari sambil menikmati sunset dan juga sunrise dari pinggir laut.

"Sambil berlari, pesertanya bisa menikmati pantai, gumuk pasir, kawasan Goa Jepang, dan jalan-jalan kampung dengan tanjakan dan turunan yang menantang adrenalin," terangnya lagi.

Garis start dimulai dari Pantai Depok kemudian menyusuri Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Pantai Cemara Sewu, melintasi perbukitan yang indah, dan Gumuk Pasir Parangkusumo. Semuanya berada di wilayah Kabupaten Bantul. 

"Finish-nya di titik yang sama dengan garis start di Pantai Depok dengan suguhan kuliner khas Pantai Depok yaitu Ikan Bakar dan Es Dawet," jelas Kwin.

Kata Kwin lagi, CTC Night Trail Ultra yang rutin diadakan setiap Februari ini dipastikan selalu membuahkan pengalaman tak terlupa bagi pesertanya.

Sebagai infomasi tambahan, adalah Trail Runners Yogyakarta (TRY) yang merancang CTC pertama-kali pada Februari 2015 dengan tujuan untuk mempertemukan pelari-pelari dari berbagai wilayah untuk bertemu dalam satu acara bertajuk Gathering Race.

Gathering Race yaitu race yang dikelola dengan pendekataan gathering atau pertemuan, memunculkan aura kompetitif yang kekeluargaan.

CTC Night Trail Ultra tahun ini memasuki hajatan ke-6. Event ini kembali dihelat sekaligus untuk turut menyemarakkan agenda Jogja Heboh.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@disparkab bantul & @dinparbantul

Captions:
1. Coast to Coast (CTC) Night Trail Ultra salah satu sport tourism event andalan Kabupaten Bantul dalam menjaring wisman.
2. Peserta CTC Night Trail Ultra akan diikuti dari 21 negara.
3. Kategorinya mulai dari 13 Km sampai 100 Km melintasi pantai-pantai yang fantastis. (foto: dok.@myunanaprildani2)
4. Salah satu pesona sunset Pantai Cemara Sewu yang memanjakan peserta CTC Night Trail Ultra. (foto: dok.@theopegita)
5. Pantai Paris alias Parangtritis jadi trek utama lari CTC Night Trail Ultra 2020.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP