. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 19 Januari 2020

Senangkan Hati Wisatawan, Sumbar Suguhkan 35 dan Padang Sajikan 31 Kegiatan

Supaya wisatawannya senang dan betah berlama-lama berwisata di Sumatera Barat (Sumbar), Pemprov-nya lewat Dinas Pariwisata (Dispar) menyuguhkan puluhan event di berbagai kota dan kabupaten sepanjang tahun ini.

Sekurangnya ada 35 tourism events yang disiapkan Pemprov Sumbar dan infonya sudah disebarluaskan via Instagram (IG) @sumbartravel dengan judul Calendar of Event (CoE) West Sumatera 2020 sejak awal bulan ini, tepatnya 4 Januari lalu.

Buat Anda yang sudah kebelet ingin berwisata ke Sumbar bulan ini juga, sesuai CoE tersebut bisa sekalian menyaksikan Festival Serak Gulo yang akan digelar di Ibukota Sumbar, Kota Padang tanggal 25 Januari.

Bulan Februari ada 3 event yang siap memanjakan Anda  yakni Pacu Jawi di Kab. Tanah Datar yang berlangsung 10 bulan dari tanggal 1 Februari hingga 28 November setiap Sabtu; Cap Go Meh dan Multikultural Festival di Kota Padang (4-8/2); dan Lansek Manih Festival di Kab. Sijunjung (11-18/2).

Sementara April ada Lima Danau Festival di Kab. Solok (1-9/4). Setelah itu, Mei ada Paragliding Championship di Kab. Agam (2-9/5) dan Alek Bakajang di Kab. Limapuluh Kota (28/5-4/6).

Pada bulan Juni, ada 5 events yang bakal memuaskan Anda yakni Pacu Codang Batang Suliti di Kab. Padang Pariaman (8-9/6); Hari Keluarga Nasional di Kota Padang (14/6); Penas Tani di Kota Padang & Kab. Padang Pariaman (20-25/6); Bakcang dan Lamang Baluo Festival di Kota Padang (25-28/6); dan Pesona Gandoriah Festival di Kota Pariaman (28/6Juni-3/7).

Bulan berikutnya Juli, Anda bisa melihat Pesona Danau Maninjau di Kab. Agam (14-19/7); Flying Duck Race In di Kota Payakumbuh (4/7-26/9); MTQ Nasional ke-28 Juli 2020; dan Bakaua Adat di Kab. Sijunjung (29/7). 

Kalau Anda bertandang ke Ranah Minangkabau ini pas bulan Kemerdekaan RI, Agustus bakal melihat lima event yakni Minangkabau Silek Retreat di Kota Padang Panjang (1-6/8); Siti Nurbaya di Kota Padang (2-5/8); International Dragon Boat Festival di Kota Padang (7-9/8); Telong-Telong Parade di Kota Padang (7/8); dan Indonesia Chane juga di Kota Padang (13/8). 

Menikmati September ceria, Anda akan disajikan 5 events berkelas dunia yakni Pesona Hoyak Tabuik Piaman di Kota Pariaman (1-15/9); Tour de Singkarak (TdS) di hampir semua kabupaten dan kota se-Sumbar (7-15/9); Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (Sissca) di Kota Sawahlunto (12-20/9); Tambo Fine Arts Exhibition di Kota Bukittinggi (18-21/9); dan Culmination Point di Kota Pasaman (23/9).

Bulan selanjutnya, Oktober ada 4 events yang tak menarik, yakni Solok Regency International October Festival (KA-sIOFest) di Kab. Solok (10-19/10); Mambantai Kabau Nan Gadang di Kab. Solok Selatan (15/10); Air Bangis Enchantment Festival di Kab. Pasaman Barat (25-28/10); dan Uda Uni West Sumatra, tempat masih tentatif (29-30/10).

Saat November ada 3 events yang sayang kalau Anda lewatkan, yakni Minang Geopark Run di sejumlah kabupaten dan kota se-Sumbar (20-21/11); Pariaman International Trathlon di Kota Pariaman (22-23/11); dan Payakumbuh Botuang Festival di Kota Payakumbuh (23-24/11).

Bulan diujung tahun, Desember Anda juga bisa menyaksikan 3 acara budaya (culture event) yakni Pesona Minangkabau Festival ( PMF) di Batusangkar, Ibukota Kab. Tanah Datar (4-6/12); Baralek Gadang di Kota Solok (14-15/12); dan Bagodang Lima Kota di Kota Payakumbuh tanggal 19 Desember mendatang.

Kabarnya dari 35 events 2020 di provinsi bersemboyan Tuah Sakato ini, tiga di antaranya masuk CoE Wonderful of Indonesia yakni TdS, Sissca, dan PMF.

CoE Padang 2020
Pemko Padang juga tak mau kalah baiknya buat wisatawannya dengan menyajikan 31 tourism events sepanjang tahun ini, yang terdiri atas 18 events berskala nasional dan 3 bertaraf internasional.

CoE Kota Padang 2020 yang sudah di-launching di Padang, Kamis (16/1) ini disebarluaskan pula di IG @pariwisata.padang, 3 hari lalu.

Ke-31 events tersebut dibuka dengan Permindo Night Market yang digelar setiap malam Minggu di Jalan Permindo Pasar Raya Padang; Pasar Malam Sincia 2580 Jie She-Jie She Kongsi (Perayaan Imlek) di Klenteng, 8-12 Januari; serta Serak Gulo dan Indian Culture di Pasa Batipuh 25 Januari.

Bulan Februari, ada Bazar HBT- WHBT 2020 di Klenteng tanggal 30 Januari sampai 8 Februari; Arak-arakan KIO dan Barongsai juga di Klenteng (4/2); Festival Jajanan Tradisional di Gor Haji Agus Salim (9/2); Lomba Burung Berkicau Walikota Cup di halaman kantor Balaikota Aia Pacah Padang (23/2). 

Berikutnya Maret 2020 ada Napak Tilas Kongred HMI tanggal 28 sampai 29 Maret. Sedangkan di bulan April ada Pemilihan Duta Wisata Uni Uda 2020 di Hotel Kryiad Bumi Minang (1-11/4); Festival Ba'cang dan Lamang Baluo di Batang Arau Kota Tua (3-5/4); Lomba Selaju Sampan Badusanak di Batang Arau Kota Tua (3-5/4); dan Padang KulineRun di Batang Arau Kota Tua (3-5/4).

Selain itu ada Festival Kota Tua di Kawasan Kota Tua Padang (10/4) dan Mayor Padang City ASEAN Cup Gulat di Gor Haji Agus Salim (11-13/4). 

Bulan Mei ada Gebyar Libur Lebaran (Penampilan Seni Tradisional) di Pantai Air Manis (26-29/5).

Sementara di bulan Juli ada 6 kegiatan yakni MTQ Nasional di Mesjid Raya Sumbar awal Juli;  Karate Championship tempat masih tentative (5/7); Peringatan Harganas tempat juga masih tentative (8-11/7); Festival Kuliner Minangkabau  (8-11/7); Festival Ekonomi Kreatif Pariwisata Kota Padang 2020 di Plaza Andalas (10-12/7); dan Festival Siti Nurbaya 2020 di Pantai Cimpago Padang (16-20/7).

Bulan Agustus, Anda bisa menyaksikan Dragon Boat atau Festival Perahu Naga di Banda Bakali GOR Haji Agus Salim (5-10/8); Pawai Telong Telong di Pantai Cimpago (6/8); Jelajah Situs Cagar Budaya dan Kawasan Bersejarah di kawasan Kota Tua (9/8); dan Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI di Depan Kantor Gubernur (18/8).

Mengisi September ada sport tourism bertajuk Gowes Siti Nurbaya di Pantai Cimpago (10/9); Tour de Singkarak (TdS) 2020 (7-15/9); dan Transmart Fashion Carnaval di Transmart Padang (29/9). Sedangakan bulan November ada Jakcloth di GOR Haji Agus Salim Padang (15-21/5). 

Dipenghujung tahun, Desember ada Padang Expo 2020 di Pasar Raya Padang (12/12) serta Muhasabah dan Dzikir bersama dalam rangka perayaan Tahun Baru di Mesjid Raya Sumbar (31/12).

Itu dia seluruh acara wisata di sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar termasuk di Kota Padang yang bisa Anda masukkan dalam event trip bucklet list tahun ini.

Jelajah Ragam Pesona
Usai melihat beberapa events pilihan Anda tersebut, biar puas jelajahi dan nikmati ragam pesonanya.

Misalnya kalau di Kota Padang, Anda bisa nyantai di Taplau (Tapi Lauik) atau Tepi Laut alias Pantai Padang. 

Terus ke Pantai Carolina yang bernama lain Pantai Teluk Bungus, Pantai Pasir Jambak yang berjarak sekitar 17 Km dari  pusat Kota Padang ke arah jalan lintas Padang-Pariaman, Pantai Nirwana yang berjarak lebih kurang 14 Km dari Kota Padang ke arah Pesisir Selatan, dan ke Pantai Air Manis atau orang Minang menyebutnya Pantai Aia Manih yang memiliki Batu Malin Kundang di pantainya.

Tengok pula Jembatan Siti Nurbaya untuk menikmati jagung bakar dan ropang (roti panggang), kemudian 'mendaki' Gunung Padang dimana terdapat makam Siti Nurbaya. 

Sempatkan mampir ke Masjid Raya Sumbar, Klenteng See Hin Kiong, Museum Adityawarman, dan Monumen Korban Gempa Padang. 

Kalau suka berwisata bahari, lanjutkan saja menyeberang ke Pulau Pagang, Swarnadwipa, dan Pulau Sirandah.

Jangan lupa mengunjungi spot-spot kuliner di Koto Randang (Kota Rendang) ini antara lain Sate Danguang-Danguang di samping Batu Hambar Payakumbuh.

Pilihan lainnya Martabak Kubang Hayuda di Jl. Prof. M. Yamin SH Padang Barat, Soto Garuda (Soto Padang) di Jl. S. Parman, dan aneka seafood Restoran Lubuk Idai di Jl. Khatib Sulaiman, serta menyantap bermacam masakan khas Minang yang dikenal dengan Nasi Padang, antara lain di Restoran Sederhana dan Rumah Makan Pagi Sore.

Semuanya onde mande lamak bana (ya ampun enak pake bingits, kata anak kekinian).

Pasti nanti bikin Anda nambah dan ikut-ikutan bilang tambuah cie uda atau tambuah cie uni”, maksudnya tambah satu mas atau tambah satu mba kalau di Jawa. 

Sementara minuman pilihannya ada Es Durian Ganti Nan Lamo di Jl. HOS Cokroaminoto, Es Durian Iko Gantinyo di Jl. Nipah, dan Es Cendol Pattimura di Simpang Tiga Yakni antara Jl. Ahmad Yani dan Jl. Pattimura.

Sebelum kembali ke kota asal, jangan lupa borong Keripik Balado, Dekak-Dekak, Karak Kaliang, Rendang, Dendeng, dan lainnya di pusat oleh-oleh khas Padang, antara lain Toko Christine Hakim di Jl. Nipah ataupun Toko Shirley di Jl. Gereja serta bermacam kain songket di Pasar Raya Padang sebagai buah tangan buat orang-orang tersayang. 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) Foto: dok.@bukittinggiku, @sumbartravel & @pariwisata.padang

Captions:
1. Pesona Jam Gadang suatu malam.
2. Ada 35 kegiatan wisata dalam CoE West Sumatera 2020.
3. Tour de Singkarak salah satu sport tourism andalan Sumbar yang sudah mendunia.
4. Daftar CoE Kota Padang 2020.
5. Pantai Air Manis atau orang Minang menyebutnya Pantai Aia Manih.
6. Aneka masakan khas Minang yang lamak bana.



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP