. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 30 Januari 2020

Selamat Datang Februari, Yuk Kita Berwisata ke Destinasi Bahari Bertema Cinta

Februari di pelupuk mata. Bulan yang disebut-sebut paling romantis lantaran ada hari kasih sayang ini, menjadi momen yang pas untuk berwisata ke destinasi-destinasi bahari bertemakan cinta.

Destinasi wisata berlabel cinta itu banyak ragamnya. Sebaiknya kalau Anda mau mengajak orang tersayang, tanyakan dulu apa kesukaannya.

Apakah lebih senang destinasi yang bersuasana perbukitan dan pegunungan, taman kota, wisata buatan, danau atau justru yang berbau bahari seperti pantai, pulau, teluk, jembatan penghubung antarpulau, dan lainnya.

Nah, kalau sang belahan jiwa suka tempat-tempat romantis beratmosfir bahari, Anda bisa bawa dia ke Pantai Kasih, Pantai Romantis, Batu Cinta, Pantai Teluk Asmoro, Teluk Love, Dermaga Hati, atau ke Jembatan Cinta.

Pantai Kasih adalah pantai yang namanya beraroma cinta di Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Di pantai ini, Anda bisa duduk-duduk dengan teman ataupun kekasih di pasirnya yang putih dan halus. Tapi ingat tetap santun dan tidak berbuat macam-macam.

Bisa juga bermain dengan ombak, dan menikmati matahari tenggelamnya sambil ngemil.

Konon dinamakan Pantai Kasih karena banyak bangku-bangku dibuat untuk dua orang saja.

Alasan lain karena banyak terlihat pasangan muda-mudi yang bersantai sambil menikmati panoramanya, padahal banyak juga keluarga yang datang. 

Pantai Kasih ini tepat berada di Jalan Hasanudin, untuk menuju ke sini, Anda bisa berjalan kaki dari pusat kota selama sekitar 10 menit. Bisa juga naik ojek, becak motor, angkot maupun menyewa mobil.

Selanjutnya Pantai Romantis (Romance Bay), pantai pertama berkonsep kelambu yang ada di Sumatera Utara (Sumut). 

Lokasi tepatnya di Jalan Pantai Tengah No. 20, Dusun 3, Desa Sei Nagalawan, sepanjang pesisir Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Sesuai namanya pantai berpasir putih ini memang menawarkan konsep pantai yang romantis dengan fasilitas pondok atau gazebo terbuat dari bambu dengan hiasan kelambu warna-warni yang menarik perhatian.

Di  pantai yang di sekelilingnya terdapat area penanaman pohon bakau (mangrove) ini memiliki beberapa spot foto instagramable seperti tulisan Love You, Marry Me, dan lainnya.

Untuk mencapainya kalau Anda dari Kota Medan, akan melewati Tj. Morawa, Lubuk Pakam, Kota Perbaungan, dan Pasar Bengkel.

Tidak jauh dari Pasar Bengkel belok kiri ke simpang Sei Buluh, dari simpang Sei Buluh sekitar 7 Km atau 15 menit perjalanan sampailah ke lokasi Pantai Romantis.

Berikutnya Batu Cinta alias Bacin di Kabupaten Natuna, Kepri yang merupakan julukan muda-mudi setempat buat salah satu pesisir pantai yang dipenuhi bebatuan bermacam bentuk.

Lokasi tepatnya di pantai yang ada di Desa Sepempang sekitar 5 menit berkendara dari Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna.

"Batu Cinta itu bukan objek wisata yang baku, hanya sebutan anak-anak sekolah saja. Katanya banyak yang bilang disitu tempat mereka nongkrong bahkan ada yang pacaran. Kalau kita dari komunitas sering juga jadikan Bacin sebagai spot hunting untuk landscape photo," kata Kiki Firdaus, ketua komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Natuna kepada TravelPlus Indonesia, Kamis (30/1/2020).

Oiya, perjalanan ke Bacin arahnya sama dengan kalau menuju Pantai Tanjung dan Alif Stone Park yang menjadi salah satu ikon wisata Natuna.

Lokasi Alif Stone Park sendiri juga berada di Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, sekitar 10 km dari Kota Ranai atau sekitar waktu 10-15 menit berkendara.

Di Jawa, Anda bisa bawa teman dekat ke Pantai Teluk Asmoro yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kalau Anda ingin ke pantai ini dari Malang dengan kendaraan roda empat melewati Turen, Sumbermanjing Wetan, Sitiarjo, dan Sendangbiru selanjutnya ke Pantai Teluk Asmoro.

Jarak tempuhnya sekitar 73 Km dari Kota Malang.

Masih di Jawa Timur ada Teluk Love yang menarik untuk Anda sambangi bersama pujaan hati.

Lokasi tepatnya di area paling Timur Pantai Payangan, Jember.

Bentuk hati dari Teluk Love ini bisa Anda lihat dari atas bukit yang dikenal dengan nama Bukit Domba.

Dari kaki bukit ke puncaknya yang tidak terlalu tinggi butuh waktu cuma 15 menit berjalan kaki.

Waktu yang tepat untuk menikmati Teluk Love dari bukit tersebut adalah sore hari, jelang matahari tenggelam.

Keindahan dan keunikan bentuk teluk ini membuat banyak kaula muda mendaki untuk menyaksikan pesonanya.

Apalagi konon kabarnya berada di puncak bukit itu sambil melihat Teluk Love dapat membuat hubungan awet sampai opa-oma, ah masaaa...

Jika Anda memilih Jakarta dengan si-dia,  ada destinasi bahari bertemakan cinta yang menarik untuk Anda kunjungi, yakni Jembatan Cinta di Pulau Tidung, salah satu pulau di Kepulauan Seribu, masih wilayah DKI Jakarta.

Jembatan tersebut menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Tidung Kecil.

Dari atas jembatan setinggi sekitar 10 meter yang berdiri kokoh di atas goba atau cekungan laut yang dalamnya mencapai belasan meter ini, Anda dapat mengajak pasangan melompat ke laut sebagai tanda setia.

Kalau tidak bernyali, cukup Anda dan dia melihat ikan dan karang aneka warna dari atas jembatan ini.

Selain itu, di Ibukota ini juga ada objek 'asyik' berlabel Dermaga Hati yang berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Dermaga tersebut juga kerap dikunjungi orang untuk pacaran, selain untuk foto prewedding dan wedding venue.

Di dermaga kayu berbentuk hati kalau dilihat dari atas ini, Anda bisa duduk-duduk santai ataupun memancing sambil menunggu matahari tenggelamnya yang cukup memesona.

Anda dapat membeli gembok dan mengukir nama Anda dan pasangan. Gembok kemudian dipasang di rantai. Gembok yang terkunci menjadi simbol keabadian cinta.  

Jembatan Cinta lainnya ada di Kabupaten Bekasi dan Bali.

Jembatan Cinta di Kabupaten Bekasi bernama Jembatan Cinta Muara Tawar karena lokasinya berada di dekat proyek PLTU Muara Tawar,  Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya.

Jembatan berwarna-warni ini berada di kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Magrove.

Jembatan Cinta di Bali, tepatnya berada di Nusa Lembongan, sekitar 11 Km sebelah Tenggara dari daratan utama pulau para dewa ini.

Jarak tempuh menuju Nusa Lembongan dari pantai Sanur hanya sekitar 30-45 menit perjalanan laut dengan speed boat.

Jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan ini sebenarnya bernama asli Jembatan Kuning atau Yellow Bridge.

Lantaran semakin banyak wisatawan yang mengabadikan foto berpasangan di atas jembatan tersebut, akhirnya dikenal juga dengan nama Jembatan Cinta.

Itulah sederet destinasi wisata bahari bertema cinta dari Pulau Weh hingga Pulau Dewata, yang bisa Anda pilih lalu sambangi sepanjang Februari tahun ini, supaya hubungan Anda dengan si-dia jadi lebih berwarna, ah masaaa...

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Senja di Pantai Kasih, Sabang, Pulau Weh, Aceh. (foto: dok. @idabonie)
2. Suasana Pantai Kasih. (foto: dok. @ibdisch)
3. Pantai Romantis, Perbaungan, Kabupaten Sergei, Sumut. (foto: dok. @aininooooo)
4. Pesona Batu Cinta (Bacin) di Natuna. (foto: dok. @qqfirdaoes)
5. Teluk Love, Jember, Jatim. (foto: dok. @elvandavr)
6. Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. (foto: dok. @ajibagoes20)
7. Dermaga Hati di Ancol, Jakarta Utara. (foto: dok. adji)
8. Jembatan  Cinta Muara Tawar di Bekasi. (foto: dok. @ririayhe)
9. Jembatan Cinta Nusa Lembongan, Bali yang bernama asli Jembatan Kuning atau Yellow Bridge. (foto: dok. @cece_chaann)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP