. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 13 Januari 2020

Raup 2,5 Juta Lebih Wisman, Kepri Pemasok Terbanyak Kedua Buat Indonesia

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sukses meraup 2.590.802 wisatawan mancanegara (wisman) pada bulan Januari hingga November 2019. Hasil catatan Badan Pusat Statistik (BPS) itu membuat Kepri menyandang gelar provinsi penyumbang wisman terbanyak kedua buat Indonesia.

"Menjadi pintu kedua masuknya wisatawan ke Indonesia setelah Bali menjadi prestasi tersendiri bagi pariwisata Kepri," kata Plt Gubernur H Isdianto di Jakarta baru-baru ini. 

Jumlah itu melebihi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kepri sebesar 2,3 juta turis sekaligus mengalami kenaikan 11,89 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode Januari–November 2018 yang berjumlah 2,3 juta lebih kunjungan. 

Isdianto memperkirakan total jumlah kunjungan wisman ke Kepri bisa sampai 2,6 sampai 2,8 juta wisman selama 2019, mengingat data Desember 2019 baru terbit awal Februari 2020.

"Tahun ini kami berharap lebih banyak lagi wisman yang datang menikmati ragam pesona alam, budaya, dan berbagai event Kepri,” harap Isdianto.

Untuk mewujudkannya, Kepri menyiapkan 110 event tahun ini yang sudah di-launching di Jakarta. 

Beberapa event unggulan Kepri, lanjut Isdianto masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Nasional 2020, yakni  Festival Pulau Penyengat tanggal 14 – 18 Februari di Tanjung Pinang; Tour de Bintan (27 – 29 Maret); Bintan Triathlon (5 – 7 Juni), Bintan IronMan 70.3 (30 Agustus); Kenduri Seni Melayu (November) di Batam; dan Batam International Cultural Carnival tanggal 7 – 8 Desember mendatang.

"Event-event tersebut diharapkan bukan hanya menambah jumlah kunjungan tapi juga memperpanjang lama tinggal wisman yang berlibur di Kepri," ujar Isdianto.

Kepri juga tengah fokus menata Pulau Penyengat yang memiliki berbagai peninggalan sejarah dan religi.

"Diharapkan kedepan Pulau Penyengat juga semakin menarik minat banyak wisman," ungkap Isdianto.

Berdasarkan catatan BPS, wisman yang berkunjung ke Bunda Tanah Melayu ini didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura dengan persentase sebesar 47,42 persen dari total jumlah wisman pada Januari-November 2019.

Pada periode yang sama, BPS juga mencatat jumlah wisman ke Indonesia mencapai 14.915.610 kunjungan.

Persentase tiga besar penyumbang wisman terbanyak bagi Indonesia pada periode tersebut adalah Bali 38,47 persen, Kepri (17,37), Jakarta (15,21), dan provinsi lainnya 28,95 persen.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sport tourism salah satu event andalan Kepri dalam menjaring wisman. (dok.disparbud bintan)
2. Data penyumbang wisman terbanyak buat Indonesia. (dok. BPS)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP