. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 20 Januari 2020

Labuan Bajo Jadi Lokasi Agenda Internasional, Ini Tanggapan Warganet

Labuan Bajo disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan acara bertaraf internasional.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun Instagram (IG)-nya @jokowi, Senin (20/1).

“Sebagai destinasi wisata super premium, Labuan Bajo ini juga kita siapkan sebagai lokasi penyelenggaraan sejumlah agenda internasional. Misalnya, G20 Summit dan ASEAN Summit pada tahun 2023.  Pada tahun 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN sekaligus Ketua G20,” begitu tulis Jokowi di bawah foto saat berada di atas kapal phinisi di perairan Labuan Bajo.

Unggahan yang disukai 320.138 warganet saat berita ini Travelplus Indonesia tulis, juga mendapat 1.757 komentar.

Pemilik akun @lookindonesia.adventure berkomentar: "Mantab pak! Ayo wujudkan Labuan Bajo jadi destinasi berkelas".

Ungkapan penyemangat juga dilontarkan si-empunya akun @omyokoom: "Mantab Pak Presiden... Saya doakan semoga Indonesia makin maju, rakyatnya sejahtera, aman sentosa dan makin makmur... Aamiin Aamiin Aamiin YRA". 

Begitupun dengan @mala.travel. Dia berkomentar: "Mantab Mr. President. Maju terus pariwisata Indonesia". 

Lain lagi dengan pemilik akun @mao_jiang_72. Dia berujar: " Semoga bisa menjadi Bali ke 2 utk wisatawan internasional. Yg penting bisa menjadi makmur masyarakat sekitar, menuju perekonomian yg lbh baik lg".

Ada juga netizen yang meminta Presiden Jokowi agar kebersihan sekitar Pelabuhan Labuan Bajo diperhatikan, seperti yang ditulis oleh @indrapurnama0 sebagai berikut: "Daerah pelabuhannya juga dibersihkan Pak. Saya liat foto teman saya masih kotor pelabuhannya".

Ada juga warganet yang bertanya agak usil, seperti yang disampaikan @vita_kumalasari: "Pakkk...kok kayaknya enak banget sihh. Itu gak goyang2 ya kapalnya?".

Ada pula yang berharap agar event MICE di Labuan Bajo nanti diadakan di kapal, seperti yang diutarakan @ariesadjjah: "Mantap smg G20 diadakan di atas kapal," tulisnya. 

Warganet lain justru mempertayakan soal kenaikan harga tiket pesawat sebagaimana ditulis @nurida.siman yang ditujukan ke akun @jokowi, @kemenhub151, dan @kemenpar sebagai berikut: "Mungkin bisa dievaluasi kembali pak soal harga tiket yang masih tinggi, karna klo harganya ga turun bagaimana pariwisata kita bisa berkembang". 

Sebagai informasi, Presiden Jokowi sejak Minggu (19/1) kemarin melakukan kunker (kunjungan kerja) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Pulau Flores, NTT dengan tujuan meninjau sejumlah proyek pemerintah di wilayah Barat Pulau Flores tersebut. 

Dalam kunjungannya yang ketiga ini, Jokowi menyampaikan bahwa Labuan Bajo merupakan destinasi wisata super premium.

Presiden Jokowi seusai meninjau proyek Rest Area Puncak Waringin yang pembangunan kedua ditargetkan selesai pada Desember 2020 menjelaskan pembangunan infrastruktur perlu diselaraskan dengan penyiapan sumber daya manusia (SDM).

Presiden menghendaki agar masyarakat lokal turut dilibatkan dan menjadi bagian dari pembangunan yang dilakukan. Oleh karena itu, Presiden meminta agar SDM lokal segera ditingkatkan keahlian dan kompetensinya, serta disesuaikan dengan kebutuhan industri pariwisata yang ingin dikerjakan.

Di Puncak Waringin
Tak hanya itu, presiden juga ingin agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat tidak ditinggalkan.

"Nantinya, sebagai ruang publik bagi wisatawan untuk menikmati pagi maupun senja di Labuan Bajo, kawasan Puncak Waringin akan dilengkapi dengan pusat cenderamata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi," ungkap Presiden Jokowi diunggahan berikut di IG-nya.

Di unggahan itu, Presiden Jokowi memakai kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam serta helm putih berdiri di Puncak Waringin sambil memandang kapal-kapal dan perahu nelayan yang tertambat maupun berlayar.

Saat berada di Mabar, Presiden Jokowi pun tak menyia-nyiakan momen untuk menikmati keindahan wisata bahari di kawasan itu. Dari atas kapal Phinisi, Jokowi “cuci mata” menyisir spot-spot perairan di Labuan Bajo.

Selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, saat Presiden melakukan kunker pengembangan destinasi wisata di Labuan Bajo juga didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BNPP/Basarnas Bagus Puruhito, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, dan Bupati Mabar Agustinus Ch Dula.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. @jokowi

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP