. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 20 Januari 2020

Gaya Hidup Liveaboard Kian Berdenyut, Jangan Mati Dulu Sebelum Menikmatinya

Gara-gara Presiden Joko Widodo (Jokowi) promosikan wisata bahari berlayar (sailing) dengan kapal phinisi di akun Instagram (IG)-nya @jokowi, Senin (20/1/2020), diperkirakan gaya hidup liveaboard di destinasi wisata super prioritas dan super premium, Labuan Bajo ini bakal semakin berdenyut.

"Berlayar dengan kapal phinisi di lepas pantai Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), menikmati hembusan angin laut dan indahnya suasana senja menjelang terbenamnya matahari," ungkap presiden di bawah video perjalanan kunjungan kerja (kunker)-ya sekaligus menikmati gaya hidup liveabord yang di-unggahnya. 

Unggahan tersebut disukai lebih dari 430.000 warganet saat berita ini TravelPlus Indonesia buat, dengan 1000 lebih komentar.

"Harus coba yang di Jakarta pak..," kata pemilik akun @jakartaphinisi

Warganet lain meminta Jokowi  mengembangkan pariwisata di daerahnya yakni Alor, sebagaimana diutarakan @radirahmadiar: "Pak, ke Alor juga dong pak... perlu pengembangan pariwisata juga di Pulau Alor. Wisata diving-nya juga menjanjikan".

Ada juga yang minta harga tiket pesawat diturunkan agar bisa ke Labuan Bajo. "Tiket pesawatnya murahin dok pak, pengen ke sono nih," tulis @braders_taker.

Tak sedikit yang mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas dukungannya mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata di kawasan Flores bagian Barat tersebut.

"Terimakasih tak terhingga atas support-nya yang luar biasa buat kami di NTT Pak Presiden. Semoga sehat selalu," ungkap si-empunya akun @flores.plus.

Masih di unggahan video tersebut, Jokowi mengatakan ada beberapa kapal wisata phinisi seperti ini yang sudah beroperasi di kawasan Labuan Bajo.

Informasi itu jelas bukan hoax, dari berbagai sumber yang TravelPlus Indonesia himpun, ada puluhan kapal terbaik (phinisi, houseboat, yacht, dan cruise) yang bisa Anda sewa untuk mewujudkan gaya hidup liveaboard di Labuan Bajo di antaranya Kapal Phinisi Felicia Plataran, Situju 7, Dinara Senapati, Sayang Katanya, Kanha Cruises, Komodo Boat, KM. Nursalam, Thalassa Phinisi, Yacht Magia Indonesia, The Cordelia Phinisi, dan Phinisi Aquamarine.

Situju 7 yang terletak di Labuan Bajo, 700 meter dari Pantai Pede dan 1,8 Km dari Pantai Wae Rana, juga menawarkan akomodasi dengan WiFi gratis, AC, restoran, dan bar. 

Begitupun dengan Dinara Senapti yang berada sekitar 1 Km dari  Pantai Wae Rana dan KM. Nursalam yang berlokasi 1,6 Km dari Pantai Wae Rana dan Pantai Pede serta 2,8 Km dari Pantai Luwansa Beach Resort

Keduanya juga menawarkan akomodasi ber-AC di Labuan Bajo. Sedangkan Thalassa Phinisi yang berjarak 800 meter dari Pantai Pede, menawarkan akomodasi dengan ruang bersama, teras, dan resepsionis 24 jam untuk kenyamanan Anda.

Liveaboard Lifestyle Era Now
Gaya hidup liveaboard masa kini yang TravelPlus Indonesia maksud adalah menikmati rumah perahu yang dirancang sebagai tempat tinggal selama berwisata pelayaran ke pulau-pulau eksotik, penyelaman rekreasi, bahkan wedding/birthday party, special meeting, dan lainnya. 

Lokasi-lokasi eksotik yang bisa Anda tuju selama ber-sailing liveaboard dari Labuan Bajo antara lain ke Pulau Komodo, Rinca, Padar, Kelor, Sebayur, Kanawa, dan Pulau Kalong serta ke Pink Beach, Pantai Menjerite, Manta Point, dan Pasir Timbul/Takamakasar.

Kalau mau lebih lama, bisa juga ke Bali bahkan sampai ke Raja Ampat, Papua Barat.

Harga sewa kapalnya jelas berbeda-beda, tergantung dari jenis kapal dan jangka waktu penyewaannya. Ketentuan dan persyaratannya juga tak sama.

KM. Nursalam misalnya yang memiliki  kamar tidur dan 1 ruang keluarga harga sewanya Rp 9 juta. Sedangkan Phinisi Aquamarine dengan 4 kamar tidur, 1 ruang keluarga Rp 24 juta lebih.

Cara lain yang lebih murah, Anda bisa membeli paket wisata liveaboard, antara lain paket tur satu hari penuh atau fullday trip seharga Rp 1.125.000/pax atau orang. 

Ada juga paket 2D1N (dua hari satu malam) Rp 1.468.000/pax, paket 3D2N Rp 2.031.000/pax, dan paket 4D3N Rp 2.700.000/pax.

Masing-masing paket tersebut minimal 8 orang. Jika lebih dari 8 pax konfigurasi tidur diserahkan kembali ke grup, sebab kapal hanya menyediakan 4 kabin, dan salah satu kabin bisa Anda buat triple share.

Meeting point-nya biasanya di tiga titik, yakni Pelabuhan Labuan Bajo, Bandara Komodo, dan atau di hotel sekitar Labuan Bajo. Jadi tinggal pilih dimana Anda mau dijemput.

Biaya paket-paket tersebut tentu saja tidak termasuk tiket pesawat dan transport menuju meeting point Bandara Komodo, obat-obatan pribadi, sewa kamera DSLR dan peralatan snorkeling, biaya kerusakan/kehilangan alat snorkeling, tipping buat (driver, guide, ranger & kru kapal), dan biaya tiket masuk Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo/Pulau Rinca) dan Pulau Padar untuk peserta Internasional/WNA.

Paket-paket tersebut terbuka untuk umum, walaupun Anda cuma 1 orang.

Kalau Anda ingin menjadi  peserta paket tur tersebut, wajib mendaftar kemudian membayar DP (Down Payment) 50% dari jumlah tagihan dengan menggunakan metode pembayaran yang tersedia di website tour operator-nya.

Biasanya pelunasan trip maksimal 3 hari sebelum pemberangkatan. DP tidak dapat dikembalikan apabila Anda cancel/batal mengkuti trip

Anda diwajibkan mengirimkan foto identitas (KTP/SIM/Paspor). Anda juga dilarang membawa senjata tajam, narkoba dan minuman keras.

Satu lagi Anda diharapkan datang di tempat pertemuan tepat waktu. Jika  terlambat dan tidak dapat ditoleransi maka Anda akan ditinggal dan pembayaran hangus.

Biar lebih nyaman lagi menikmati gaya hidup liveaboard, TravelPlus Indonesia sarankan Anda membawa perlengkapan seperti tas daypack, baju ganti minimal 2 pasang, baju untuk berenang, obat-obatan pribadi, sunglasess/kacamata hitam, kamera digital, SLR, kamera underwater untuk dokumentasi pribadi, sunblock, peralatan mandi, botol air minum, dan jaket/sweater.

Kenapa gaya hidup liveaboard bakal kian berdenyut (baca: semakin ngehits)?  Ya karena banyak faktor pemantiknya.

Di antaranya, pertama seperti sudah disinggung di atas, kehadiran Presiden Jokowi ke Labuan Bajo bahkan kali ini merasakan berlayar liveaboard dengan kapal Phinisi Felecia Plataran kemudian mengunggah video dan beberapa foto perjalanannya itu ke akun IG-nya, jelas akan membuat banyak wisatawan baik di dalam negeri maupun mancanegara jadi iri kemudian ingin ke Labuan Bajo, spesial untuk menikmati gaya hidup liveaboard

Apalagi sebelumnya sudah ada sejumlah selebritas ternama Indonesia dan asing yang menikmati gaya hidup tersebut lalu membagikan kebahagiannya di akun IG-nya masing-masing.

Contohnya Titi Kamal beserta suami Cristian Sugiono beserta dua buah hatinya dan Dian Sastro bersama suami serta dua anaknya, awal dan akhir Desember 2019.

Penyulut kedua, Labuan Bajo disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan acara bertaraf internasional antara lain G20 Summit dan ASEAN Summit pada tahun 2023 mengingat pada tahun 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN sekaligus Ketua G20, sebagaimana diutarakan Presiden Jokowi dalam unggalan berikutnya. 

Penyulut ketiga, penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas dan super premium sebagaimana dilontarkan Presiden Jokowi, bakal membuat banyak pihak termasuk wisatawan yang ingin melihat wajah Labuan Bajo pasca-menyandang status-status keren tersebut, sekaligus menikmati gaya hidup liveaboard sekalipun itu hanya sekali seumur hidup.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Inilah sepenggal pesona keindahan bahari kawasan perairan Labuan Bajo, Mabar, Floret Barat, NTT. (dok.@jokowi)
2. Presiden Jokowi menyaksikan sunset di Pantai Labuan Bajo dari atas geladak Kapal Phinisi Felecia, Plataran, Senin (20/1) sore. (dok.@jokowi)
3. Di atas Kapal Phinisi, Presiden Jokowi bilang tak salah Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. (dok.@kabinet_jokowi)
4. Inilah Kapal Phinisi Felecia Plataran yang ditumpangi Presiden Jokowi di Labuan Bajo. (dok.@jokowi)
5. Fasilitas kamar di dalam Kapal Phinisi Felecia Plataran.
6. Artis papan atas Dian Sastro dan keluarga kecilnya berlayar di perairan Labuan Bajo dengan The Cordelia Phinisi akhir Desember 2019. (dok.@therealdisastr)
7. Selebritas ternama Titi Kamal dan Cristian Sugiono menikmati gaya hidup liveaboard di kawasan Labuan Bajo dengan kapal Yacht Magia Indonesia, awal Desember 2019. (dok.@titi_kamall)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP