. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 22 Januari 2020

Empat Sport Tourism NTB 2020 Ini Bertaraf Internasional dan Sangat Menantang

Sepanjang tahun 2020 ada empat sport tourism yang bakal digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Keempat event itu bukan cuma bertaraf internasional pun sangat menantang.  

Keempat sport tourism NTB yang TravelPlus Indonesia maksud itu  L'etape Indonesia, Tambora Challenge, Rinjani 100, dan Ironman 70.3.

L'etape Indonesia adalah serangkaian acara bersepeda amatir yang dirancang untuk mengalami/merasakan pengalaman Tour de France (TdF), salah satu balapan bersepeda di Perancis yang sudah sangat melegenda.

Ikut sport tourism yang akan berlangsung di Lombok, 3 - 5 April mendatang ini Anda akan mendapatkan balapan sepeda dan merasa seperti juara TdF serta menikmati suasana dan semangat khas TdF.

Selain di Indonesia, L'Etape oleh seri TdF ini juga dibuat dibelasan lokasi internasional lainnya seperti Kolombia, Wales, Meksiko, Cina, dan Australia.

Nah, buat Anda yang gemar bersepeda dan ingin merasakan pengalaman balapan bernuansa TdF yang bergengsi dunia itu, sepertinya L'etape Indonesia patut diikuti. 

Tambora Challenge adalah lomba ultra marathon di Indonesia dengan batas waktu lomba 68 jam.

Lomba lari jarak jauh ini dilaksanakan di Pulau Sumbawa, NTB dengan melewati tiga kabupaten, yaitu Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Dompu sepanjang 320 kilometer atau disebut juga Lintas Sumbawa 320K.

Keistimewaan sport tourism ini akan mengambil rute jalan provinsi yang sepi dan tenang dengan pemandangan yang indah di sepanjang pesisir pantai, dengan rata-rata ketinggian di bawah 80 meter.

Tambora Challenge tahun lalu,  1-4 Mei 2019, start-nya dari Lapangan Pototano (0m) dan finish di Doro Ncanga (47m) kaki Gunung Tambora yang didominasi pemandangan padang savana berisi kerbau dan kuda.

Khusus untuk Anda yang senang olah raga lari di alam bebas dengan rute menantang dan suguhan spot-spot pemandangan menawan, sepertinya 'keganasan’ rute Tambora Challenge tahun ini layak dicoba.

Rinjani 100 merupakan trail ultramarathon yang juga berkelas internasional.

Kelebihan sport tourism yang bakal digelar di Gunung Rinjani, Lombok, 26 - 28 Juni mendatang ini bukan hanya menjadi ajang untuk menjajal kemampuan lari trail Anda tapi juga sarana buat Anda mendapatkan poin Ultra-Trail du Mont Blanc (UTMB). 

UTMB adalah trail race yang diadakan di Chamonix, Perancis, dan sering dianggap sebagai pertemuan dunia para pelari trail.

Dengan jarak 171 km , pada ketinggian 10.000 meter, dan COT 46 jam 30 menit, lomba ini memerlukan kecakapan pesertanya. Karena itulah, diterapkan sistem kualifikasi berdasarkan poin yang didapat dari berbagai trail race di berbagai belahan dunia yang telah disertifikasi UTMB, salah satunya adalah Rinjani 100.

Jadi Rinjani 100 ini sengaja dibuat juntuk memfasilitasi pelari Indonesia mendapatkan poin UTMB tanpa harus berlomba ke luar negeri.

Jika Anda berhasil menamatkan kategori 100 km di Rinjani 100 maka Anda berhak atas 6 poin, kalau 60 km mendapat 4 poin, 36 km mengantongi 2 poin, dan 27 km menyabet 2 poin. 

Sebagai gambaran, seorang pelari bisa mengikuti UTMB bila sudah mengumpulkan 15 poin dari maksimum tiga race.

Anda ingin lolos ke UTMB di Perancis? Ya harus ikut dulu Rinjani 100 tahun ini melewati rintangan rute klasik dan jalur yang terkenal 'brutal' dari Senaru ke Danau Segara Anakan untuk  mengumpulkan jumlah poin yang sudah ditentukan. 

Ironman 70.3 adalah lomba triathlon kelas dunia yang memadukan tiga cabang olahraga menantang yaitu lari, bersepeda, dan berenang.

Para peserta Ironman 70.3 akan menempuh 1,9 km berenang, 90 km bersepeda dan 21.1 km berlari.

Kalau Anda menguasai ketiga cabang olahraga itu, tak ada salahnya menjadi peserta Ironman 70.3 yang akan digelar di Lombok 1 - 4 Juli mendatang.

Jika belum pede, sementara datang dan lihat saja keseruannya sambil menikmati ragam pesona khas Lombok Barat.

16 Event Unggulan
Selain 4 sport tourism tersebut, masih ada 12 event lain di NTB yang bisa Anda pilih untuk masuk ke dalam event trip bucklet list Anda sepanjang tahun ini.

Kalau Anda ingin melihat event unggulan NTB yang masuk dalam Top 100 National Event atau 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020, hanya ada tiga yaitu Festival Pesona Bau Nyale yang akan digelar pada 9-15 Februari 2020 di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah (Loteng), Lombok;  Festival Pesona Khazanah Ramadhan digelar pada 29 April-18 Mei bertepatan bulan suci Ramadhan di Kota Mataram, Lombok; dan Festival Pesona Moyo digelar di Kabupaten Sumbawa pada 13-26 September mendatang.

Buat yang gemar belanja aneka produk UKM dan kerajinan dari berbagai daerah di NTB dan barang lainnya, bisa datang saat pelaksanaan Lombok Sumbawa Great Sale 2020 tanggal 25 Januari - 25 Februari.

Jika ingin menikmati ragam pesona sejumlah daerah di NTB dalam kemasan festival, maka pilihannya ada Festival Pesona Gili Indah 2020 (1 - 15 Maret) di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU); dan Festival Pesona Tambora 2020 (1 - 10 April) di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu di bagian tengah Pulau Sumbawa.

Selain itu ada Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus - 18 September) di Lombok dan Sumbawa; Pesona Bumi Selaparang (Agustus) di Kabupaten Lombok Timur; dan Festival Pesona Senggigi (September) di Kabupaten Lombok Barat.

Buat penggemar berat musik jazz, Anda bisa menyaksikan Mataram Jazz Festival (Agustus) di Kota Mataram, Lombok.

Kalau Anda termasuk wisatawan spesialis pemburu kuliner, ada baiknya datang ke Pulau Sumbawa bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Taliwang (November) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Di event tersebut, Anda juga bisa menikmati aneka masakan khas Sumbawa Barat.

Kalau kehabisan, Anda bisa cari di sejumlah rumah makan/restonya, antara lain Lesehan Extra Ex “ex" di Jl. Soekarno Hatta, Taliwang, Ibukota  Kabuparen Sumbawa Barat (KSB). Di sini Sepat dan Singgang-nya juara. 

Kalau mau santap Ayam Taliwang antara lain di  Grand Royal Resto di Taliwang dan Rumah Makan Anda di Jln. Raya Tano Taliwang SPBU, Taliwang.

Terakhir, kalau Anda ingin melihat perempuan-perempuan muda cerdas dan cantik khas NTB, lihat saja ajang Pemilihan Duta Wisata Puteri Indonesia (1 - 7 Desember) di Lombok.

Jadi seluruh event unggulan NTB sepanjang tahun ini seperti tertera di atas, berjumlah 16 yang di-launching di Jakarta, Rabu 22 Januari 2020.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Salah satu peserta Rinjani 100 tahun lalu di puncak Gunung Rinjani. (foto: dok.@rinjani100ultra)
2. Ikut L'etape Indonesia bakal rasakan pengalaman Tour de France. (foto: dok.@letape.indonesia)
3. Tambora Challenge, lari jarak jauh lintas Sumbawa sepanjang 320 kilometer dengan spot-spot pemandangan menawan. (foto: dok.@tambora_challenge)
4. Ironman 70.3 lomba triathlon kelas dunia yang akan menyuguhkan ragam pesona Lombok Barat. (foto: dok.@ironman703lombok)
5. Salah satu parade budaya dalam Festival Bau Nyale di Lombok Tengah. (foto: adji)






0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP