. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 09 Januari 2020

Car Free Month di Bromo, Pengunjung Boleh Jalan Kaki, Naik Sepeda atau Kuda

Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan Car Free Month (CFM) atau Bulan Bebas Kendaraan di kawasan Kaldera Tengger Gunung Bromo, Jawa Timur.

Selama sebulan pelaksanaan CFM yang akan diberlakukan tanggal 24 Januari mulai pukul 00.00 WIB hingga 24 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, baik pengunjung maupun warga tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor di kawasan Kaldera Tengger Bromo yang meliputi Laut Pasir, Gunung Bromo, Savana, dan sekitarnya. 

"Aktivitas di lokasi tersebut tetap diperkenankan tapi dengan berjalan kaki, ditandu, naik sepeda, atau menunggang kuda tapi kudanya wajib memakai kantong kotoran," terang Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie dalam siaran persnya yang diunggah di akun Instagram (IG) @tnbromotenggersemeru, Kamis (8/1/2020).

Pengunjung yang berkendara dari Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang hanya boleh sampai pintu masuk di Jemplang.

Buat kendaraan yang datang dari Kabupaten Probolinggo cuma diijinkansampai pintu masuk Cemorolawang. Sedangkan kendaraan yang masuk dari Kabupaten Pasuruan hanya boleh sampai di Pakis Bincil.

Menurut John, CFM diberlakukan di kawasan tersebut bertujuan untuk menghormati Megengan Wulan Kepitu atau bulan yang disucikan.

Wulan Kepitu adalah bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger dan merupakan bulan yang oleh sesepuh/tokoh masyarakat Tengger dianggap sebagai bulan suci.

"Pada bulan itu, selama satu bulan para sesepuh Tengger melakukan laku puasa mutih yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri dengan Tuhan sang Maha Pencipta," ungkap John.

CFM ini, lanjut John selain menjadi salah satu implementasi 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan terhadap adat/budaya (kearifan lokal) masyarakat Tengger, pun sekaligus menjadi momentum untuk memulihkan (recovery) ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya. 

"Tapi khusus buat kepentingan Dinas Pemerintahan yang bersifat kegawatdaruratan atau emergency rescue dan pantroli pemantauan, ke kawasan itu dapat menggunakan kendaraan bermotor," tutup John.

Nah, buat pengunjung yang ingin menikmati suasana kawasan Kaldera Tengger Bromo dan sekitarnya yang lebih tenang seperti jaman doeloe, tanpa hirup-pikuk kendaraan, sepertinya CFM ini momen yang tepat untuk berwisata ke destinasi pariwisata prioritas satu ini.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) Foto: dok.@tnbromotenggersemeru

Captions:
1. Car Free Month (CFM) atau Bulan Bebas Kendaraan akan diberlakukan di kawasan Kaldera Tengger Gunung Bromo, Jawa Timur.
2. Pintu masuk dari Cemorolawang.
3. CFM untuk menghormati warga Tengger melaksanakan Wulan Kepitu.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP