. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 28 Januari 2020

Akhirnya Menparekraf Wishnutama Angkat Bicara Soal Langkah Antisipatif dari Kasus Virus Corona

Setelah ditunggu-tunggu langkah antisipatif apa yang akan dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait kasus virus corona yang dikhawatirkan berdampak buruk/merugikan pariwisata Indonesia, akhirnya Menparekraf Wishnutama angkat bicara.

Dia menegaskan perlunya langkah antisipatif semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air untuk mencegas masuknya virus corona ke Indonesia.

"Bila menemukan wisatawan yang mengalami gejala-gejala terinfeksi virus corona, antara lain mengeluh sakit, terganggunya saluran pernapasan, pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam yang berlangsung beberapa hari, wisatawan tersebut harus langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat,” kata Wishnutama sebagaimana tertera dalam siaran pers yang TravelPlus Indonesia terima, Selasa (27/1/2020).

Dia juga mengimbau para agen perjalanan wisata agar memperhatikan situasi dan imbauan pemerintah dalam penjualan paket wisata outbond ke China maupun inbound China ke Indonesia.

Terkait promosi wisata, Wishnutama menegaskan Kemenparekraf telah mengalihkan untuk sementara waktu aktivitas promosi dan pemasaran wisata ke daerah-daerah yang tidak terdampak penyebaran virus corona. 

“Kementerian Luar Negeri telah menerbitkan ‘travel advice’ atau imbauan perjalanan bagi WNI ke China, sedangkan untuk promosi kami alihkan untuk pasar Wuhan, masih banyak market besar lainnya yang bisa kita ambil seperti Amerika Serikat, Australia, Eropa, New Zealand, dan lainnya, tidak hanya China,” ungkapnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memastikan hingga rilis ini disiarkan tidak ada WNA atau WNI di Indonesia yang terjangkit virus yang berasal dari negera tirai bambu itu.

Selain itu pemerintah juga sudah menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh di 135 pintu masuk di Indonesia dan menunjuk sedikitnya 100 rumah sakit untuk bersiaga menangani penyebaran virus corona.

“Sebanyak 243 WNI di pusat kejadiannya, di Hubei, Wuhan dalam kondisi sehat. Yang terpenting, cara mencegahnya adalah menjaga imunitas agar tetap tinggi. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, pola hidup dijaga, makan tepat waktu nantinya kondisi tubuh akan baik. Sehingga tidak mudah terjangkit virus maupun penyakit,” kata Menkes Terawan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) Foto: biro komlik kemenparekraf

Captions:
1. Terkait kasus virus corona, Menparekraf Wishnutana mengalihkan sementara promosi wisata dari China (pasar Wuhan) ke Amerika Serikat, Australia, Eropa, New Zealand, dan lainnya.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP