. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 30 Desember 2019

Travel Insurance Syariah Makin Diminati, Ini Sederet Faktor Pemantiknya

Asuransi perjalanan atau travel insurance berkonsep syariah kedepan diprediksi bakal semakin mendapat tempat di hati para travelers. Dengan kata lain peminatnya bertambah.

Hal itu terjadi bukan tanpa sebab dan tidak pula seketika, melainkan ada beberapa faktor yang menjadi pemantiknya.

Berdasarkan pengamatan TravelPlus Indonesia ditambah informasi dari berbagai sumber, faktor pemantiknya antara lain;

Semakin banyak traveler (terlebih yang muslim) yang kian sadar untuk mulai mengikuti apapun ajaran dalam agama Islam, termasuk dalam hal menabung, menggadaikan barang, memakai lembaga pembiayaan, dan menggunakan asuransi perjalanan yang berlabel syariah.

Bertambah banyak traveler yang menyadari kelebihan/keuntungan kalau menggunakan asuransi perjalanan syariah.

Keuntungannya bukan sebatas karena asuransi perjalanan syariah menggunakan akad sesuai syariah, tapi karena memang ada kelebihan lainnya seperti memberikan manfaat kepada peserta berupa jaminan kecelakaan dalam perjalanan, sakit dan cidera dalam perjalanan (dengan kata lain menanggung biaya medis jika terjadi kecelakaan ketika melakukan perjalanan).

Pun menanggung ketidaknyamanan dalam perjalanan dan layanan tambahan lainnya selama melakukan perjalanan umrah maupun wisata religi dan halal tour ke luar negeri seperti memberikan kompensasi ketika perjalanan dibatalkan diluar kuasa, uang pengganti untuk barang yang hilang dan uang kematian. 

Peserta asuransi perjalanan syariah ada yang bisa untuk usia mulai dari 1 sampai 90 tahun.

Wilayah asuransi perjalanan syariah pun semakin luas, bukan hanya mencakup Saudi Arabia, UAE, Asia, Europa, dan Afrika tapi juga seluruh dunia (worldwide).

Mengingat banyak kelebihannya, peminat asuransi perjalanan syariah ternyata bukan hanya muslim treveler tapi juga non muslim. 

Ditambah mulai banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan dan mempromosikan produk asuransi perjalanan syariah ke masyarakat, terutama para travelers.

Lembaga pembiayaan yang memiliki produk asuransi perjalanan berlabel syariah itu bukan cuma untuk kebutuhan perjalanan haji dan umrah, tapi juga melayani asuransi untuk keperluan wisata halal, wisata religi, dan jenis wisata lainnya. 

Apalagi semakin banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan mendaftar asuransi perjalanan via internet atau secara online.

Traveler cukup mengunjungi website perusahaan asuransi tersebut lalu isi data diri, memilih tempat tujuan perjalanan apakah domestik atau internasional, lamanya perjalanan, dan lainnya termasuk memilih metode pembayarannya apakah transfer atau dengan kartu kredit. 

Cara itu tentu jauh lebih praktis dan efisien, karena traveler tidak dibikin rempong harus ke kantor asuransi atau cari agen asuransi.

Faktor pemantik berikutnya, semakin banyak negara di Amerika, Eropa, dan bahkan Asia yang mengeluarkan peraturan buat setiap turis yang datang ke nagaranya wajib memiliki asuransi perjalanan, dengan kata lain tidak diijinkan masuk kalau traveler tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.

Peraturan itu, mau tak mau membuat traveler yang ingin traveling ke mancanegara harus memiliki travel insurance terlebih dahulu.

Melihat semua faktor pemantik itu, wajar rasanya kalau tahun depan dan tahun-tahun berikutnya jumlah traveler peminat asuransi perjalanan syariah akan terus bertumbuh, termasuk para pemainnya dalam hal ini lembaga pembiayaan yang tertarik membuat produk asuransi perjalanan syariah mengingat peluang pasarnya semakin besar. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Asuransi perjalanan syariah memberikan lebih dari sekadar jaminan kecelakaan bagi traveler selama melakukan perjalanan wisata religi, halal, dan atau jenis wisata lainnya.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP