. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 19 Desember 2019

Tingkatkan Kualitas Borobudur, Wishnutama Lontarkan 4 Pesan

Sekurangnya ada 4 pesan yang dilontarkan Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam upaya meningkatkan kualitas kawasan Borobudur saat meninjau langsung perkembangan terkini destinasi super prioritas tersebut di Magelang, Jawa Tengah tersebut, Kamis (19/12/2019). 

Pesan pertama, Wishnutama menekankan soal pentingnya pengemasan produk UKM yang ada di destinasi super prioritas Borobudur.

Kepada para pelaku UKM setempat, ia mengatakan sebaiknya aneka produk yang dijual bukan hanya memperhatikan kualitas tapi juga 'look’-nya.

 "Packaging-nya nanti kami bantu," kata Wishnutama sembari menyeruput Kopi Moka Menoreh saat berbincang dengan para pelaku ekonomi kreatif, seperti produsen batik dan UKM di Desa Wisata Nglinggo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Berikutnya, Wishnutama juga berpesan agar setiap desa wisata di sekitar Destinasi Super Prioritas Borobudur serius mengembangkan sektor ekonomi kreatif (ekraf)-nya. 

Kata dia, terdapat 16 subsektor ekraf yang bisa dikembangkan di suatu desa wisata supaya pendapatan masyarakatnya bertambah.

"Di mana ada destinasi wisata, di situ ada ‘local wisdom’. Di situlah berkembang ekonomi kreatif seperti kuliner, suvenir sampai fotografi yang akan menyejahterakan masyarakat," terangnya.

Pesannya yang ketiga, menurutnya pengembangan Destinasi Super Prioritas Borobudur harus memiliki nilai keunikan tersendiri.

"Keunikan itu akan membuat Borobudur semakin mudah dipromosikan kepada wisatawan Nusantara dan mancanegara," jelasnya.

Adapun soal hambatan kerjasama dengan beberapa kementerian terkait, Wishnutama berjanji akan membantu menyampaikannya, termasuk soal penerbangan langsung internasional.

"Saya juga akan bertemu dengan petinggi-petinggi maskapai asing sekaligus meminta mereka membuka penerbangan ke Yogyakarta International Airport," ungkap Wishnutama yang datang ke kawasan tersebut bersama Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo beserta jajarannya.

Sementara Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita saat menampilkan masterplan Destinasi Prioritas Borobudur, juga menyampaikan pesan agar pembangunan villa dan berbagai fasilitas penunjang pariwisata seperti restoran dan lainnya, selaras dengan alam.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. biro komlik kemenparekraf

Captions:
1. Menparekraf Wishnutama Kusubandio saat meninjau sekaligus menyampaikan pesan-pesan terkait pengembangan Destinasi Super Prioritas Borobudur.
2. Wishnutama berpesan agar kualitas dan kemasan aneka produk UKM lebih diperhatikan.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP