. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 20 Desember 2019

Gaya Sabang Manjakan Penumpang Kapal Pesiar agar Kembali Datang

Sadar berpredikat sebagai salah satu cruise ship  destination andalan Indonesia, Sabang di Pulau Weh, Aceh punya gaya sendiri dalam memanjakan penumpang kapal pesiar dari berbagai negara yang bersandar di ujung Barat Indonesia ini,  supaya mereka terkesan dan mau kembali datang.

Gaya Sabang dalam memanjakan penumpang kapal pesiar, bisa dilihat dari foto-foto yang diunggah di dua akun Instagram (IG) terkait yakni @disbudparsabang dan @humas_kotasabang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Faisal membenarkan hal itu dan mengatakan setiap kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) di Kota Sabang dalam rangka kunjungan wisata, selalu disambut dengan acara penyambutan yang spesial.

Misalnya, Duta Wisata Kota Sabang yang disebut Cut Abang dan Cut Adek ataupun wakilnya, turut dihadirkan dengan mengenakan pakaian tradisional Aceh supaya menarik perhatian penumpang cruise.

Tak lupa mengalungkan bunga serta memberikan cendera mata khas Aceh untuk kapten sebagai tanda penghormatan.

Dalam rangkaian acara penyambutan, lanjut Faisal, para penumpang cruise mulai dari kapten kapal, anak buah kapal sampai turisnya juga dihibur dengan tarian tradisional Aceh.

Biar variatif, tarian yang disuguhkan pun berbeda-beda. Kadang Tari Saman, Seudati, Ratoh Jaroe, Tarek Pukat, dan lainnya.

Penarinya bukan cuma remaja dan orang dewasa, pun anak-anak.

TravelPlus Indonesia menilai Tari Tarek Pukat yang disuguhkan untuk menghibur penumpang cruise, amat sesuai dengan atmosfir kebahariaan.
Terlebih tarian tersebut sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara penyambutan, acara adat, dan acara budaya.

Tarian yang biasanya dibawakan oleh sekelompok penari wanita ini merupakan tarian khas Aceh yang menceritakan tentang aktivitas para nelayan saat menangkap ikan di laut.

Para menari menggunakan tali sebagai atribut menari kemudian membentuk formasi seperti jala/jaring ikan.

Kata Faisal, penumpang cruise terlihat senang dengan suguhan tarian-tarian tradisional tersebut.  Mereka bukan cuma melihat, juga memotret atau merekam para penari yang beraksi amat memikat.

Selepas acara penyambutan, sambung Faisal, penumpang cruise yang sudah membeli paket wisata, kemudian berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Sabang bersama tour guide.

 "Turis cruise yang tidak membeli paket wisata, biasanya diarahkan melakukan aktivitas keliling Kota Sabang, berbelanja, jalan-jalan dengan memakai transportasi lokal seperti becak sewa mobil, angkutan umum, dan lainnya," terang Faisal.

Berdasarkan info dari 2 akun IG tersebut di atas, tercatat sejumlah  kapal pesiar sudah bersandar di Sabang.  Dan kapal pesiar yang baru-baru ini merapat adalah Kapal Pesiar Ms. Seabourn Ovation yang berbendera Bahama.

Kapal yang dinahkodai Kapten Betten Stig itu melakukan perjalanan dari Trincomalee, Sri Lanka lalu singgah di Pelabuhan BPKS, Rabu 18 Desember 2019 pagi.

Total jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 994 orang, terdiri atas 569 turis mancanegara dan 425 Anak Buah Kapal (ABK).

Kata Faisal lagi, setelah acara penyambutan, para turis cruise tersebut mengunjungi sejumlah objek wisata di Sabang dan sekitarnya selama kurang lebih sembilan jam.

"Selanjutnya dari Pelabuhan Sabang, mereka menuju ke Port Klang Malaysia jam 4 sore hari itu juga dengan cruise yang sama," pungkas Faisal seraya berharap para penumpangnya kembali lagi ke Sabang tahun depan.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@diabudparkotasabang & @humaskotasabang

Captions:
1. Suguhan musik dan tarian Aceh dalam menyambut kedatangan penumpang kapal pesiar di Sabang, sekaligus jadi ajang promosi seni budaya Aceh.
2. Duta Wisata Kota Sabang yang disebut Cut Abang dan Cut Adek atau wakilnya turut dihadirkan menyambut penumpang cruise sambil membawa cenderamata khas Aceh.
3. Tarian Tarek Pukat khas Aceh ditampilkan dalam rangkaian acara penyambutan penumpang kapal pesiar di Pelabuhan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.
4. Penumpang cruise bukan hanya melihat pun mengabadikan suguhan tarian tradisional Aceh.
5. Kapal Pesiar Ms. Seabourn Ovation yang bersandar di Pelabuhan BPKS, Rabu 18 Desember 2019 pagi.
6. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Faisal saat menyambut kedatangan penumpang kapal pesiar di Sabang.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP