. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 21 Desember 2019

Sambut Hangat Bandara Ngloram, Pariwisata Blora Siapkan Destinasi dan Paket Tur Pilihan

Kehadiran Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang tengah dibangun dan kabarnya akan dioperasikan pertengahan 2020, dinilai akan kian mencerahkan wajah pariwisata Blora. 

Guna menyambut hangat dampak positifnya, sejumlah destinasi beserta paket tur pilihan pun disiapkan agar bisa menjaring lebih banyak lagi kunjungan wisatawan. 

 "Saya optimis, pariwisata Blora akan semakin cerah dengan adanya bandara baru, Bandara Ngloram," ungkap Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamuji kepada TravelPlus Indonesia via telepon, Sabtu (21/12/2019).

Slamet Pamuji yang akrab disapa Mumuk berharap Bandara Ngloram juga menjadi pintu masuk wisnus dan wisman sehingga berujung pada peningkatan kunjungan wisatawan. 

"Diharapkan minimal akhir tahun 2020 pesawat charter sudah mulai mendarat di Bandara Ngloram. Selanjutnya ada pesawat chafter reguler yang beroperasi. Apapun itu, meskipun masih charter flight kita tetap mempersiapkan pariwisata Blora sebaik mungkin," terangnya. 

Efek positif lainnya, keberadaan Bandara Ngloram juga akan mempermudah pendataan jumlah wisnus dan wisman yang masuk ke Blora.

"Selama ini kami agak kesulitan mendatanya, hanya berpatokan pada jumlah wisatawan yang inap di hotel-hotel yang ada di Cepu dan lainnya," aku Mumuk.

Wisman yang berkunjung ke Blora, sambungnya, kebanyakan ke Cepu terutama ikut paket wisata heritage loco tour.

"Peminat utamanya turis Eropa antara lain dari Austria dan Jerman. Baru-baru ini juga ada wisman dari Singapura dan Malaysia yang mengunjungi objek wisata sumur-sumur minyak berusia tua," ungkap Mumuk.

Melihat realita itu, pihaknya dalam jangka pendek akan lebih fokus mempersiapkan destinasi wisata yang ada di Cepu dan sekitarnya mengingat Bandara Ngloram berada di Kecamatan Cepu. Ditambah amenitas dan atraksi di Cepu sudah lebih siap. "Misalnya di Cepu sudah tersedia lebih dari 7 hotel bintang 3 sampai bintang 5," ungkap Mumuk. 

Selain itu pihaknya sudah menyiapkan paket-paket wisata bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, antara lain paket wisata loco tour dan hutan wisata bersama dengan Perhutani.

"Ada juga paket tur ke sumur-sumur minyak tua antara lain Sumur Agung yang merupakan sumur minyak pertama kali dieksplorasi di Indonesia. Paket ini bekerjasama dengan Pertamina, dipadukan dengan wisata hutan jati berusia ratusan tahun," terangnya seraya menambahkan juga ada paket-paket wisata bersama komunitas terkait.

"Kedepan kita baru sambungkan dengan paket-paket wisata di luar Cepu yang juga menjadi andalan Kabupaten Blora," tegas Mumuk. 

Untuk menarik kunjungan wisatawan dan menambah lama masa kunjungan di Blora, lanjut Mumuk, pihaknya juga akan mempersiapkan event-event andalan, antara lain Festival Barongan yang digelar bulan November setiap tahun.

"Selama digelar 3-4 hari dibeberapa lokasi, luar biasa Festival Barongan mampu menjaring di atas 10 ribu pengunjung. Lewat event ini kita juga sekaligus sedang memperkuat predikat Blora sebagai Kota Barongan," jelasnya.

Sejumlah event andalan yang digelar juga dikombinasikan dengan ragam kuliner khas Blora antara lain Sate Blora, Soto Blora, Dumbeg, Lontong Tahu, Ikan Bakar 'Iwak Kali di tepi Waduk Tempuran, dan lainnya.

"Istimewanya, semua kuliner Blora itu lebih enak kalau dinikmati langsung di Blora. Jadi mau tak mau wisatawan harus datang ke Blora," ujarnya.

Mumuk juga berharap Pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf tidak ada hanya fokus pada pengembangan destinasi-destinasi super prioritas tapi juga daerah-daerah yang destinasi pariwisatanya tengah berkembang seperti Blora. "Sebab kita juga butuh bimbingan dan fasilitas-fasilitas pendukung," ungkapnya.

Terkait pengembangan destinasi wisata di Blora, Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional II (Jawa dan Kalimantan) Kemenparekraf Wawan Gunawan mengatakan  Kemenparekraf akan bersinergi antara Dispar Provinsi Jateng dengan Dispar Pemkab Blora.

"Untuk tahun 2020 akan melakukan pembinaan daya tarik wisata (DTW) di wilayah DPP Rembang Blora dengan materi tata kelola DTW berbasis budaya dan pengembangan desa wisata melalui bantuan fasilitasi pembangunan fasilitas pariwisata mendukung atraksi dan amenitas," terang Wawan.

Dalam pengembangan destinasi di Blora dalam menyambut kehadiran Bandara Ngloram, yang harus dilakukan Pemkab Blora adalah penggalian kembali potensi destinasi wisatanya.

"Jadi perlu dipetakan kembali. Potensi wisata Blora yang perlu dikembangkan antara lain ekowisata serta desa wisata keramik dan gerabah," ujar Wawan. 

Kemenparekraf, sambung Wawan lagi, akan memberi dukungan antara lain dukungan launching bandara baru, promosi melalui media ruang, cetak, dan elektronik serta membangun komunikasi dan kerjasama dengan stakeholder bidang airlines, airport, dan lainnya.

"Kami juga akan memberikan pendampingan dalam upaya pengembangan destinasi melalui pengemasan atraksi wisata dan buatan dengan menumbuhkembangkan sektor ekonomi kreatif masyarakat untuk kesejahteraan," pungkas Wawan. 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Wisatawan keliling Waduk Tempuran di Kabupaten Blora yang terkenal dengan kuliner ikan bakar 'iwak kuli'-nya. (foto: dok. @pariwisata_blora)
2. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamuji alias Mumuk.
3. Wisata heritage loco tour diminati wisman Eropa. (foto: dok. @pariwisata_blora)
4. Festival Barongan yang digelar  setiap tahun, salah satu andalan culture event Blora. (foto: dok. @humas.blora)
5. Sate Blora salah satu kuliner favorit khas Blora. (foto: dok. @pariwisata_blora)
6. Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional II (Jawa dan Kalimantan) Kemenparekraf Wawan Gunawan. (foto: dok. wayang ajen)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP