. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 22 Desember 2019

Delapan Destinasi Keluarga di Jawa Ini Cocok untuk Rayakan Hari Ibu

Menyenangkan hati ibu saat Hari Ibu tanggal 22 Desember tentu boleh-boleh saja. Dan itu banyak caranya, salah satunya mengajak bunda tercinta melepas rutinitas harian dengan pelesiran santuy (santai) ke destinasi wisata keluarga.

Nah, kebetulan destinasi wisata keluarga di Tanah Air cukup banyak dan beragam. Jadi sepertinya tak perlu jauh-jauh ke negeri orang lain, kecuali punya waktu dan dana yang cukup.

Saking banyaknya akhirnya untuk edisi kali ini TravelPlus Indonesia memilih destinasi wisata keluarga yang ada di Jawa saja. 

Berdasarkan pengamatan ditambah beberapa faktor pendukung, sekurangnya ada 8 destinasi wisata keluarga yang TravelPlus Indonesia rekomendasikan dalam merayakan special moment mother's day untuk ibu Anda atau simbok/mamak dalam Bahasa Jawa, indung (Sunda), enyak (Betawi), emak (Melayu), mak/nyak (Aceh), inong (Batak), amak/amai (Minang), biang/meme (Bali), ajus (Manado), amma'/anrong (Bugis/Makassar), dan ummi/ummah dalam Bahasa Arab.

Kedelapan destinasi wisata keluarga di Jawa tersebut adalah Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Jogja, Semarang, Kota Batu Malang, dan Banyuwangi.

Pertama, menikmati kemegahan Jakarta masa kini.

Aktivitas yang bisa dilakukan bersama ibu antara lain berkunjung keenam objek wisata ternama di Jakarta (Monas, TMII, Ancol, Ragunan, kawasan Kota Tua, dan Kampung Betawi Setu Babakan; city tour dengan bis wisata, trans jakarta dan atau naik MRT.

Ajak pula bunda makan bersama di resto yang menyajikan makanan khas Betawi; belanja baju di salah satu mall ternama di Jakarta; serta menginap di salah satu hotel di kawasan strategis dan nyaman untuk menyenangkan hati ibu.

Kedua, menikmati suasana rindang Kota Hujan Bogor yang dekat dengan Jakarta. 

Aktivitasnya antara lain berkunjung Kebun Raya Bogor menikmati keteduhan dan kerindahan aneka pohon besarnya dan makan duren di Kebun Durien Warso Farm.

Teruskan ke beberapa objek wisata buatannya antara lain The Jungle Water Park, Devoyage Bogor, Kuntum Farmfield, dan The Illusion Bogor.

Setelah itu kulineran Sunda di saung lesehan Gurih 7 Bogor dan di Jl. Raya Bina Marga, terus  belanja pakaian di factory oulet (FO) di Jl. Pajajaran antara lain Raja FO Bogor, Grande FO, dan Brasco FO Bogor.

Tak lupa belanja oleh-oleh khas Bogor seperti roti unyil, lapis talas, asinan, dll di pusat wsiata kuliber Jl. Suryakencana dan Jl. Raya Pajajaran; serta menginap di salah satu hotel di jalan utama Kota Bogor.

Ketiga, menikmati suasana sejuk Kota Bandung dan sekitarnya.

Aktivitasnya antara lain makan bareng bunda di salah satu resto yang menyajikan makanan khas Sunda; mengunjungi objek wisata yang ada di kawasan Lembang dan sekitarnya antara lain Farmhouse Susu Lembang, Kampung Korea (Little Seoul Bandung), Dusun Bambu Family Leisure Park, dan Orchid Forest Cikole.

Tak lupa membawa bunda belanja oleh-oleh khas Bandung antara lain di Kartika Sari, Brownies Amanda di Jl. Pasarkaliki no.27, Rumah Sosis, Batagor Riri, Gepuk Ny. Ong, kawasan Cibaduyut, dan kawan Cihampelas; serta belanja pakaian di FO.Rumah Mode (kawasan Setiabudi), Blossom dan Grande (Dago), Heritage dan The Secret di kawasan Jl. Riau .

Lanjutkan jalan-jalan ke kawasan penuh deretan bangunan tua bersejarah di Braga dan Asia-Afrika; serta menginap di salah satu hotel yang berada di kawasan heritage tersebut.

Keempat, merasakan rona pariwisata Kota Cirebon yang kian cerah berkat adanya Tol Cipali.

Kegiatannya antara lain  kulineran khas Cirebon seperti Empal Gentong H Apud Pusat, Nasi Jamblang Ibu Nur, Rumah Makan Klapa Manis, H. Moel Seafood Pusat Cirebon, dan kuliner khas Kasepuhan di Resto Segajimat.

Berikutnya belanja batik motif mega mendung dan oleh-oleh lainnya di Sentra Batik Trusmi.

Lanjut berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon, Makam Sunan Gunung Jati, dan ke Ade Irma Suryani Waterland;  serta menginap di salah satu hotel berbintang di pusat kota Cirebon. 

Kelima, menikmati atmosfir Jogja yang romantis.

Aktivitasnya antara lain makan dan belanja di Malioboro dan sekitarnya, mengunjungi Keraton Jogja, dan Masjid Gede Kauman, Taman Sari, Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Titik Kilometer O Jogja, Taman Pintar, dan Taman Budaya Yogyakarta.

Ajak pula bunda kulineran di gudeg pecel pasar Beringharjo Bu Yamtini, Oseng-Oseng Mercon Bu Narti, Soto Sampah, Gudeg Yu Djum Wijilan 167, dan Bakmi Jawa Pak Pele.

Malamnya menikmati suasana Alun-Alun Kidul, Taman Pelangi Monjali, Bukit Bintang Patuk, dan atau nyantai di kafe yang ada di Prawirotaman.

Lanjutkan ke objek-objek di luar Kota Joga seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Kukup, Wisata Kalibiru Kulon Progo, Jurang Tambelan, Hutan Pinus Mangunan, dan Candi Ijo.

Inapnya di salah satu hotel di Malioboro atau dekat Stasiun Tugu dan kawasan strategis lainnya.

Keenam, menikmati geliat Kota Semarang.

Kegiatannya antara lain jalan-jalan ke Lawang Sewu, Kota Lama Semarang, Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Old City 3D Art Museum Semarang, dan Taman Lele Bagus.

Selanjutnya kulineran di kawasan Simpang Lima, Warung Semawis, Soto Bangkong, Toko Oen, Lumpia Gang Lombok, Nasi Goreng Babat Pak Taman, dan Mie Kopyok Pak Dhuwur.

Ketujuh, menikmati udara sejuk Kota Batu, Malang.

Aktivitasnya antara lain ke objek wisata buatan Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular

Pilihan lain ke Taman Kelinci Pujon yang dilengkapi rumah hobbit unik, Kampoeng Cafe, pondok susu olahan, dan homestay.

Jangan lupa ajak bunda wisata kuliner di kawasan Alun Alun Batu, Bakso Arema Cak Tonon Warung Khas Batu dan lainnya.

Selanjutnya ke pinggiran Kota Batu antara lain ke  Coban Talun, Omah Kayu dan Taman Langit yang tak kalah indahnya.

Kedelapan, menikmati pesona Banyuwangi yang kian mendunia. 

Aktivitasnya antara lain jalan-jalan ke Desa Wisata Osing, Marina Boom Beach, Taman Balambangan, Kalilo Banyuwangi, dan wisata Pantai Dermaga Cinta.

Tak lupa kulineran Nasi Tempong Mbok Nah, Pondok Rujak Soto, Jaran Goyang spesial seafood & masakan khas Banyuwangi, dan ke Pusat Kuliner Taman Sritanjung.

Nah, buat Anda yang masih punya ibu dalam kondisi sehat dan bugar, tak ada salahnya sesekali mengajak bundanya pelesiran ke destinasi-destinasi wisata keluarga tersebut saat Hari Ibu ataupun pada momen lain.

Tapi kalau tak lagi punya ibu (alias sudah wafat), doakanlah selalu agar beliau diberi tempat terbaik di sisi-Nya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Sesekali ajaklah ibu berwisata, apalagi saat momen Hari Ibu 22 Desember.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP