. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 22 Desember 2019

Overland Trip Nataru Via Tol Trans Jawa dan Sumatera, Biar Nyaman Ini Tipsnya

Punya rencana liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru) melalui perjalanan darat, terutama lewat tol Trans Jawa dan atau Trans Sumatera? Mungkin beberapa tips TravelPlus Indonesia di bawah ini, bisa Anda ikuti agar overland trip Anda berjalan nyaman dan menyenangkan.

Pertama-tama, tentukan kendaraan yang Anda gunakan. Apakah memakai mobil pribadi, sewa mobil/bus travel atau bus umum.

Kalau bawa mobil pribadi, periksalah terlebih dahulu kondisinya antara lain kampas rem, keadaan ban dan tekanannya, selang bensin, ketersediaan bensin, oli, dan air radiator.

Jangan lupa bawa e-Tol atau e-Money dengan isi saldo yang aman untuk sampai gerbang tol tujuan. Lebih baik isi e-Tol cukup untuk pergi-pulang agar Anda tak repot-repot top-up lagi.

Tapi tenang, kabarnya khusus ruas tol Kayuagung-Palembang yang dibuka secara fungsional sejak Jumat (20/12/2019) tak dikenakan tarif alias gratis hingga tanggal 5 Januari 2020 mendatang.

Begitupun ruas Tol Pekanbaru-Dumai (9,5 km) dan Tol Layang Jakarta-Cikampek II dan Kunciran-Serpong.

Perhatikan rambu jalan dan paculah mobil Anda dengan kecepatan sesuai rambu yang tertera.

Aktifkan GPS di dalam mobil agar Anda tahu kapan harus menurunkan kecepatan kendaraan untuk keluar tol, terutama saat malam, sekalipun ada papan petunjuk.

Manfaatkan rest area untuk melepas lelah sejenak, buang hajat atau ingin tunaikan sholat. Anda juga bisa sekalian berwisata kuliner khas daerah setempat yang ada di rest area.

Jika punya waktu panjang sambangilah destinasi wisata yang ada di dekat pintu keluar tol.

Kalau Anda menggunakan bis umum, pilihlah perusahaan bus yang bereputasi baik dan kondisi bus dalam keadaan sehat. Begitupun kalau sewa mobil/bus travel.

Catat nomor plat nomor bus, nama sopir dan kenek-nya, nomor telp/HP perusahaan busnya, termasuk petugas pool bus tempat Anda membeli tiket.

Sebelum berangkat, cek harga dan beli tiketnya beberapa hari sebelumnya, dimana menjemputnya atau titik pemberangkatannya.

Tentukan busnya, apakah kelas ekonomi yang tidak ada toilet dan tidak ber-AC atau menggunakan bus eksklusif yang ber-AC dan ber-toilet namun harganya jauh lebih mahal. 

Jangan lupa tanyakan apa saja fasilitas pendukung yang tersedia di busnya. Apakah Anda butuh smoking room, WiFi gratis, colokan listrik untuk HP, dan lainnya.

Bawa minuman dan makanan kecil untuk ngemil di perjalanan. Sediakan pula obat-obatan pribadi untuk kondisi darurat seperti obat sakit perut, masuk angin, pusing-pusing, sakit kepala, mual, dan obat anti mabok.

Siapkan kantong plastik untuk persediaan jika sewaktu-waktu Anda muntah.

Jangan lupa perlengkapan mandi (sikat gigi, odol, sambun, pembersih muka, dan sampo), serta handuk untuk mandi di MCK rest area. 

Kenakan sweater/jaket dan penutup kepala untuk menghalau dingin AC di dalam bus saat perjalanan. Sebab terlalu lama kena AC bus bisa bikin pusing dan masuk angin.

Kenakan pakaian yang santun dan sederhana, jangan memakai perhiasan mewah dan jangan memamerkan benda-benda berharga Anda.

Sebagai obat penghibur, bawa buku/novel, dan lainnya untuk mengusir jenuh.

Selama di perjalanan berkenalan dan berbincanglah dengan teman sebangku Anda seperlunya, jika memang belum kenal. Tapi ingat jangan menerima tawaran minum dan makanan dari orang lain.

Air mineral yang Anda sebaiknya dibawa terus, jangan ditinggalkan agar terhindar dari niat jahat orang lain memberi obat tidur dan lainnya. 

Hati-hati dengan tas Anda, jangan sampai ada orang jahat yang sengaja memasukkan barang terlarang seperti senjata api/tajam, ganja, sabu-sabu dan narkoba lainnya.

Jika membawa anak kecil, harus menyiapkan hal di atas termasuk mainan yang disukai anak, berikut susu dan makanan kesukaannya. 

Kalau sopirnya ugal-ugalan hingga membahayakan atau bahkan mengakibatkan kecelakaan, sebaiknya laporkan ke perusahaannya. Kalau perlu sebarluaskan ke media sosial (medsos) untuk memberi pelajaran agar tidak mengulangi lagi. 

Begitupun kalau keneknya tidak ramah/kasar, atau sopirnya tidak menepati janji mengantar sampai tujuan yang Anda ingin sesuai perjanjian awal atau kalau pelayanannya kurang baik.

Tips terakhir, sebelum berangkat jangan lupa berdoa agar overland trip Anda berjalan lancar, nyaman, menyenangkan, dan dipertemukan orang-orang yang baik, ramah, dan saling menolong, serta selamat sampai tujuan. 

Have a nice overland trip nataru…

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP