. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 28 Desember 2019

Destinasi Indonesia Ini Masuk Bucket List 2020 Versi Travel Online Dunia

Jelang akhir tahun sejumlah travel online dunia memuat tulisan tentang pengalaman perjalanan epik dan destinasi menarik di mancanegara yang masuk bucket list tahun 2020. Nah, beberapa destinasi  Indonesia termasuk di dalamnya. Apa saja? 

Pantauan TravelPlus Indonesia, sekurangnya ada 4 destinasi yang masuk bucket list tahun 2020 di media online mancanegara, yakini Pantai Merah (Pink Beach), Kawah Ijen, Pulau Komodo, dan NTT.

Di lifestyleasia.com, dari 10 tempat yang harus dikunjungi  sebagaimana tertera dalam tulisan berjudul 10 Must See Places That Need To Go On Your 2020 Travel Back List, memasukkan Pantai Pink di urutan kedua.

"Pantai Pink di Pulau Komodo, Indonesia juga disebut "Pantai Merah" dalam bahasa lokal, mendapatkan warna yang menakjubkan dari hewan mikroskopis seperti Foraminifera yang menghasilkan pigmen merah di terumbu karang," bunyi keterangan tulisan berbahasa Inggris itu.

Destinasi yang berada diposisi pertama adalah Laut Mati di antara Israel dan Yordania.

"Laut Mati adalah laut asin yang terkurung daratan yang terletak di antara Israel dan Yordania. Air yang tampak misterius dikelilingi oleh bukit-bukit emas keemasan yang menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi. Juga, itu terkenal karena menjadi salah satu badan air yang paling asin di dunia, yang berarti bahwa Anda akan mengapung di atasnya. Sangat keren," ungkap tulisan tersebut. 

Ditempat ketiga sampai kesepuluh ditempati destinasi Jembatan Emas di Vietnam, Taman Nasional Yellowstone di Wyoming-Montana-Idaho, Rain Vortex Bandara Changi di Singapura, Kakslauttanen Arctic Resort di Finlandia, Minnehaha Falls di Minnesota, Maladewa, Cappadocia di Turki, dan Sakura di Gunung Fuji Jepang.

Lain lagi di tourscanner.co, memasukan Pulau Komodo dan Kawah Ijen dalam tulisan berjudul 100 Bucket List Ideas 2020.

Snorkeling di Pulau Komodo, NTT berada diurutan 71.

"Salah satu pulau yang membentuk Republik Indonesia, Pulau Komodo adalah tempat dengan fauna dan flora yang unik, indah dari dasar laut ke atas pegunungan. Pulau ini juga dikenal sebagai "Pulau Naga" karena kadal terbesar di dunia tinggal di sini," begitu penjelasan di tulisan tersebut.

Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur tercantum diposisi ke 90.

"Gunung berapi Kawah Ijen di Indonesia, di Pulau Jawa, memiliki dua kejadian paling tidak biasa di perapian. Yang pertama adalah api biru listrik, sulit dilihat pada siang hari tetapi menyala pada malam hari. Ini dimungkinkan karena belerang terbakar pada kontak dengan udara menciptakan lava biru yang menakjubkan. Kejadian kedua adalah Danau Asam Kawah Ijen, di puncak gunung berapi, dipenuhi air biru. Faktanya, karena asam air menganggap warna aneh ini," terang tulisan itu.

Diurutan pertama sampai ketujuh ditempati Piramida Agung Giza di Mesir, Tembok Besar Tiongkok.(The Great Wall of China), Petra atau Kota batu pasir di Jordan yang berwarna merah muda, Colosseum atau arena gladiator di Roma, Chichen Itza atau jejak dari kota Maya kuno di negara bagian Yutacan Meksiko, Machu Picchu di Amerika Selatan, dan Taj Mahal di Agra India. Sedangkan destinasi diurutan ke-100 adalah Kuil Emas kaum Sikh di India.

Lain lagi dengan Lonely Planet. Perusahaan yang menerbitkan panduan wisata yang kerap memuat rekomendasi terbaik mengenai destinasi dunia mana saja yang layak dikunjungi ini menggelar ajang Best in Travel 2020 Competition. Hasilnya sudah diumumkan Kamis, 12 Desember 2019.

Salah satu kategori dalam kompetisi tersebut adalah 10 Best Value Places to Visit.

NTT menempati posisi teratas karena menawarkan suasana yang masih tenang dan pantai yang masih bersih dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Ditambah memiliki spot menyelam terbaik di Indonesia, tepatnya di Pulau Alor.

Lonely Planet juga merekomendasikan beberapa tempat yang patut dikunjungi saat traveling ke NTT, seperti Pulau Sumba, Pulau Rote, Pulau Rinca, dan tentu saja Pulau Komodo.

Diurutan kedua sampai kesepuluh dalam daftar Top 10 Value (10 Destinasi dengan Harga Terbaik) diduduki Budapest di Hungaria, Madhya Pradesh di India, Buffalo-New York di Amerika Serikat, Azerbaijan, Serbia, Tunisia, Cape Winelands di Afrika Selatan, Athena di Yunani, dan Zanzibar di Tanzania. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Pantai merah atau Pink Beach di Pulau Komodo, NTT
2. Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP