. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 27 Desember 2019

Buat Backpacker: Turun di Stasiun Ini, Tinggal Jalan Kaki Keliling Objek dan Kulineran di Jakarta

Ingin liburan akhir tahun ke Jakarta tapi dana pas-pasan? Coba ikuti kiat murah tapi menyenangkan ini. 

Jika isi dompet nggak tebal-tebal amat, terapkan gaya backpacker-an

Alat tranportasi yang dipilih ke Ibukota sebaiknya naik kereta lalu turun di Stasiun Gambir.

Nah, dari Stasiun Splein (nama lama Stasiun Gambir), tinggal jalan kaki ke sejumlah objek wisatanya.

Pilihan pertamanya, ke arah Barat menuju Monas, lokasi terdekat dengan Gambir.

Di Monas selain foto-foto, juga bisa kulineran di Lenggang Jakarta.

Pilihan menunya antara lain Nasi Rames Betawi Ibu Ririn lengkap dengan lauk semur jengkol dan ikan bandeng goreng, Soto Betawi Klawing plus nasi putih, Gado - Gado & Ketoprak Spesial Pak Madrae, Ketupat Sayur Ibu Arifin, Sop Kambing Anugrah, Mie Ayam Jakarta, Soto Mie Warung Efendi, Kari Ayam Medan Ibu Netty, Mie Kocok Bandung, Mie Aceh, dan jangan lupa icip-icip Kerak Telor serta membeli aneka cindera mata khas Monas di sentra suvenirnya.

Bisa juga lihat rusa tutul di area khusus, air mancur, dan acara Monas Week dalam museum dan di kawasan Monas yang dimulai sejak 24 Desember hingga pergantian tahun, 31 Desember 2019.

Coba juga naik bus listrik di Monas yang dioperasikan sejak 24 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020 secara cuma-cuma, mulai pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Nikmati pula atraksi video mapping di Tugu Monas pada malam hari. Atraksi ini berlangasung 22-30 Desember 2019 dengan pertunjukan pertama dimulai pukul 19.00 WIB dan pertunjukan kedua pukul 20.00 WIB.

Khusus tanggal 31 Desember 2019 atau malam pergantian tahun, durasi waktu pertunjukan lebih panjang. 

Video mapping di Tugu Monas akan menayangkan video beragam tema dengan menggunakan lampu laser yang disorotkan ke tugu.

Tema yang diangkat antara lain bertema Wonderfull Jakarta, nasionalisme, nusantara, dan transportasi Jakarta.

Pilihan kedua arah Timur dari Stasiun Gambir menuju ke Galeri Nasional (di Jl. Merdeka Timur No.14 Gambir, Jakarta Pusat atau sekitar 0,3 km dari stasiun, tinggal menyeberang).

Berikutnya ke Gereja Immanuel, terus ke Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, Gereja Katedral, Gedung Kesenian Jakarta, dan Pasar Baru (sekitar 1,5 km dari Stasiun Gambir) 

Kalau mau keliling Jakarta, bisa naik bus City Tour dari depan Masjid Istiqlal, persis depan halte Juanda busway Transjakarta.

Pilihan ketiga, dari Stasiun Gambir jalan kaki Utara ke Jl. Veteran untuk kulineran antara lain ke Dapur Babah Elite yang menyediakan beragam makanan Indonesia, salah satunya Nasi Tjampoer Babah yang nasinya berwarna hijau dan wangi beraroma daun pandan dengan aneka lauk rendang, tumis tahu buncis, peyek, dan lainnya.

Selanjutnya ke Kedai Es Krim khas Italia yang sudah berdiri sejak tahun 1930an, namanya Ragusa Italian Ice Cream. Variannya cukup banyak, antara lain Spaghetti Ice Cream

Pilihan keempat, dari Stasiun Gambir jalan kaki ke arah Selatan  menuju Balai Kota DKI Jakarta, mampir ke Perpustakaan Negara Indonesia yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, dan kulineran di Jalan Sabang. Malamnya bisa isi perut Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Lanjutkan ke Jalan Jaksa untuk ngopi atau sekalian pesan kamar untuk bermalam di penginapan kelas backpacker, tarifnya sekitar Rp 100 ribu per malam pakai kipas angin dan kamar mandi di luar. Sedangkan untuk kamar ber-AC dengan fasilitas TV dan kamar mandi dalam, tarifnya sekitar Rp 250.000 per malam.

Keesokan harinya, jalan-jalan sore ke kawasan Sarinah Thamrin dan sekitarnya, lanjut ke Bundaran HI untuk menyaksikan panggung hiburan perayaan menyambut tahun baru 2020 atau pas malam pergantian tahun, 31 Desember 2019. 

Selain di Bundaran HI, bisa juga melihat empat panggung hiburan lainnya yang tersebar di lokasi berbeda yakni di Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jl. Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), dan Spot Budaya Dukuh Atas. Acaranya dimulai pukul 17.00 WIB. 

Kalau Anda berangkat dari kota asal naik pesawat ke Bandara Soeta, tinggal naik bus Damri tujuan Stasiun Gambir.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Bagian luar Stasiun Gambir.
2. Monas, salah satu objek wisata terdekat dengan Stasiun Gambir.
3. Masjid Istiqlal, juga tinggal jalan kaki dari Stasiun Gambir.
4. Bagian dalam Stasiun Gambir.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP