. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 01 Mei 2019

Ragam Tradisi Jelang Ramadhan di Sumatera Ini Menambah Daya Tarik Wisata

Berbagai tradisi menyambut Ramadhan bukan hanya ada di sejumlah daerah di Jawa. Di beberapa daerah di Sumatera bermacam tradisi jelang Bulan Suci ini pun sudah ada sejak lama dan masih bertahan sampai kini, hingga menambah daya tarik sebagai destinasi wisata.

Di Aceh misalnya, masyarakat di sejumlah daerah, terutama di wilayah Pantai Barat Selatan memiliki tradisi Meugang atau potong sapi/kerbau beberapa hari menjelang Ramadhan.

Selama tradisi itu berlangsung, orang Aceh bersama-sama menyembelih sapi atau kerbau lalu dimasak sebagai lauk untuk dimakan bersama keluarga dan juga diantar ke rumah sanak saudara maupun tetangga.

Biasanya daging sapi/kerbau dalam tradisi ini diolah menjadi masakan Kuah Beulangong khas Aceh Besar yang dimasak dengan belangan dan kayu nangka.

Tak sedikit warga Aceh yang mengolahnya menjadi Dendeng, Kari, dan Masak Mirah.

Ada juga yang menjadikannya Sie Reuboh, kuliner khas Aceh Besar juga dengan aneka bumbu Aceh.

Selain jelang Ramadhan, Meugang juga biasa dilaksanakan jelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sebuah kesempayan menjelaskan Meugang merupakan tradisi yang menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh yang sudah turun temurun.

Saat Meugang, masyarakat Aceh berupaya membeli daging sapi atau kerbau untuk diolah lalu disantap bersama keluarga sekalipun harga daging jelang Ramadhan bisa naik sampai 50 persen.

Berdasarkan informasi dari rekan di Aceh, harga daging Sapi di pasar tradisional Peunayung  Banda Aceh jelang Ramadhan 2019 ini mulai bergerak naik dari Rp125.000 menjadi Rp130.000 per kilogram.

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), menetapkan Hari Meugang jatuh pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2019. Hari Meugang ditandai dengan penyembelihan sapi dan kerbau dalam jumlah besar oleh para pedagang untuk dijual memenuhi kebutuhan daging yang kerap melonjak drastis harganya jelang Ramadhan.

Sebagaimana tahun lalu, Hari Meugang 1440 H/2019 M tahun ini, pedagang di Kabupaten Abdya dikabarkan menyembelih sapi dan kerbau antara 100 sampai 200 ekor.

Lokasi penyembelihannya di bantaran aliran Sungai Krueng Beukah, masuk Gampong Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie.

Tempat lainnya  di Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee dan di Lapangan Teungku Peukan, Manggeng serta Tanjong Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan.

Lokasi-lokasi penyembelihan tersebut diperkirakan akan dipadati masyarakat dari berbagai pelosok daerah untuk membeli daging sapi dan kerbau segar pada Hari Meugang.

Di samping tradisi Meugang, sejumlah warga Aceh pun ada yang melakukan mandi di laut jelang Ramadhan.

Tujuannya untuk membersihkan diri. Tapi juga ada yang beralasan karena kalau di bulan puasa tidak bisa mandi di laut, jadi ini kesempatan terakhir mandi sebelum puasa.

Di Sumatera Barat (Sumbar) ada tradisi Balimau yakni mandi basamo (bersama) untuk menyucikan diri dengan limau (jeruk nipis), ditambah ramuan alami beraroma wangi dari daun pandan wangi, bunga kenanga, dan akar tanaman gambelu yang direndam dalam air hangat kemudian dioleskan ke kepala.

Konon, ramuan tradisional untuk balimau tersebut adalah warisan turun-temurun sejak ratusan tahun silam.

Dulu sebelum ada shampo seperti sekarang, limau kasai (ramuan balimau) tersebut digunakan untuk keramas.

Sebelumnya para perempuan Minang melakukan manjalang mintuo alias mengunjungi mertua dengan membawa hantaran berupa ketupat atau lainnya disertai limau ukur untuk keperluan mandi balimau.

Ujung dari tradisi itu adalah kedua belah pihak saling bersalaman dan maaf-maafan untuk mensucikan hati sebelum memasuki bulan puasa.

Biasanya tradisi tersebut digelar bulan Sya’ban, satu minggu sebelum Ramadhan.

Kalangan alim ulama di Ranah Minang menganggap tradisi ini perbuatan bid’ah bahkan ada yang mengharamkan. Di pihak lain ngotot ingin melestarikannya. Yang pasti, pro-kontra Balimau ini tak menyurutkan sejumlah masyarakat untuk melakukannya hingga kini.

Balimau atau mandi dengan air limau ini, merupakan tradisi masyarakat Minang di Kota Padang, Ibukota Sumbar yang hingga kini masih terjaga

Tradisi ini biasa dilakukan umat muslim di wilayah tersebut tepat sehari sebelum masuknya bulan Ramadhan.

Tradisi balimau bermakna untuk membersihkan hati dan tubuh manusia dalam rangka mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah puasa.

Wisatawan yang ingin merasakan balimau tidak harus dipemandian umum, tapi bisa di tempat pemandian masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian acara Potang Balimau (menyambut Ramadan) tahun ini akan digelar di Kabupaten 50 Kota tanggal 5 Mei.

Selain itu ada juga acara Balimau lainnya di beberapa kota dan kabupaten lain di Sumbar.

Di Riau, tepatnya di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, masyarakatnya juga punya tradisi menyambut Ramadhan dengan menggelar upacara Balimau Adat Potang Mogang di tepian Sungai Kampar.

Balimau Adat Potang Mogang adalah tradisi adat yang sudah berlangsung selama variasi tahun.

Masyarakat Langgam meyakini upacara ini merupakan ucapan syukur dan menyambut kegembiraan menyambut datangnya bulan puasa.

Gubernur Riau H Syamsuar saat datang di upacara Balimau Adat Potang Mogang, Rabu (1/5/2019) mengatakan nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal yang mendukung di dalam tradisi Balimau Adat Potang Mogang adalah salah satu daya tarik wisata dan kekayaan khazanah budaya negeri ini, serta perekat persatuan dan ikatan.

Tradisi ini, lanjutnya menjadi potensi wisata Riau yang harus dilestarikan mengingat Riau sebagai pusat Pariwisata Melayu di Bentangan Asia Tenggara.

Di Jambi, tepatnya di Desa Semurup, Kecamatan Air Hangat dan Air Hangat Barat, ratusan masyarakatnya menggelar tradisi Mandi balimau di Sungai Batang Merao, Rabu (1/5/2019 ).

Mandi balimau merupakan tradisi turun temurun masyarakat Desa Semurup.

Acara tersebut biasanya dilaksanakan jelang kenduri sko tigo luhah semurup yang di adakan setiap lima tahun sekali.

Menurut Dedi Azhari ninek mamak rio mudo, mandi belimau merupakan tradisi turun temurun nenek moyang adat semurup.

"Setiap anak jantan, butino, tuo, mudo, gedang maupun kecik di arah kan ke pinggir sungai batang merao, melewati di bawah anjungan yang sudah di buat panitia lalu di percik dengan air berisi potongan limau oleh orang adat yang sudah di bacakan mantra," terang Dedi Azhari.

Di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung warganya juga punya tradisi Sedekah Ruah.

Tradisi ini biasanya dilakukan pertengahan bulan Sya’ban, sebagai tanda puji syukur kepada Allah SWT.

Isi acaranya doa dan makan bersama di rumah dengan cara mengundang tetangga terdekat, keluarga, dan teman-teman.

Di akhiri saling memaafkan agar bersih jiwa sebelum memasuki bulan suci.

Ada juga yang melanjutkan berziarah ke kuburan keluarga untuk mendoakan yang sudah meninggal dunia dan membersihkan pusara.

Sementara di Bangka Barat, masyarakatnya mengadakan kegiatan perang ketupat menjelang Ramadhan.

Penduduk lokal di Telung Betung, Lampung pun punya tradisi serupa, mandi massal tapi di tepi Kali Akar.

Penduduk setempat yakin dengan mandi bersama ini dapat membuang sifat buruk dan memberi ketenangan dalam beribadah puasa.

Selain dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan. Masyarakat menganggap tradisi mandi massal ini sebagai tradisi melepas masa lajang atau gadis.

Beragam tradisi jelang Ramadhan itu amat potensial sebagai daya tarik wisata daerah masing-masing, yang mampu menjaring wisatawan baik lokal, nusantara bahkan mancanegara jika dikemas menarik dan gencar dipromosikan jauh-jauh hari lewat bermacam media serta tepat sasaran.

Salah satu contohnya tradisi Meugang di Aceh, dengan menjadikannya sebagai Festival Meugang sebagaimana dilakukan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh berisnergi dengan Pemkot Banda Aceh tahun lalu di Lapangan SMEP atau lokasi pasar daging Meugang, Banda Aceh.

Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti mengatakan Festival Meugang merupakan tindak lanjut dari tradisi Meugang yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda pada 2016 lalu.

"Salah satu bentuk tindaklanjut itu ya dengan Festival Meugang yang baru pertama kali kita gelar ini," terang Irini ketika itu.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat itu juga mengatakan kalau tradisi Meugang penting dilestarikan karena bisa dijadikan sebagai salah satu daya tarik atau atraksi wisata islami di Aceh yang potensial menjaring wisnus maupun wisman.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. bpnb aceh

Captions:
1. Tradisi Meugang di Aceh, terutama wilayah Pantai Barat Selatan digelar jelang Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha rutin setiap tahun sejak dulu.
2. Daging sapi atau kerbau biasanya diolah menjadi Kuah Beulangong dan masakan khas Aceh Besar lainnya, lalu disantap bersama keluarga serta diantar ke sanak kerabat dan tetangga.
3. Daging sapi atau kerbau hasil penyembelihan bersama.
4. Lomba belah kepala sapi, salah satu acara dalam Festival Meugang 2018 yang baru pertama kali digelar BPNB Aceh bersama Pemkot Banda Aceh.
5. Festival Meugang perdana tahun lalu menjadi daya tarik wisata sekaligus melestarikan nilai-nilai tradisi yang membudaya.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP