. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 29 April 2019

Jaring Wisatawan di Bulan Suci, Tiga Destinasi Halal Indonesia ini Bikin Special Event Ramadhan

Tiga destinasi halal Indonesia yakni Aceh, Sumatera Barat (Sumbar), dan Lombok (NTB), berupaya menjaring wisatawan sebanyak mungkin saat Bulan Suci Ramadhan dengan menggelar special event.

Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh meluncurkan pesona bulan Ramadhan dengan tagline ‘Wonderful Ramadhan in Aceh’. Nama special event-nya ‘Festival Ramadhan 2019’.

Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin, dalam siaran pers yang diterima TravelPlus Indonesia, baru-baru ini mengatakan Festival Ramadhan 2019 akan menjadi sebuah even menarik dan membawa pengalaman baru bagi wisatawan muslim selama berada di Aceh.

"Wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan di Aceh, sekaligus memperkuat positioning Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan nasional dan internasional," terangnya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menambahkan festival tersebut akan dipusatkan di Taman Budaya, Banda Aceh selama dua pekan, 7-21 Mei 2019 mulai pukul 16.30-20.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan pada pukul 21.30 WIB hingga selesai.

“Rangkaian acaranya bersifat islami seperti opening ceremony, bazar dan kuliner, jajanan berbuka puasa, pentas dan lomba seni budaya islami, pameran budaya islami, pemutaran film islami, buka puasa, tausyiah,” terangnya.

Selain itu ada sejumlah kegiatan pendukung menarik lainnya seperti lomba seni islami, adzan, mewarnai, nasyid, dalail, dan lain-lain yang akan dihadirkan di tiga panggung di area Taman Budaya.

“Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim, dan lelang baju artis nasional. Hasil lelangnya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa,” ungkap Rahmadhani.

Sumbar yang juga menjadi destinasi halal Indonesia, tak mau kalah.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumbar, Oni Yulfian dalam menjaring wisatawan ke Sumbar selama Ramadhan, pihaknya menyiapkan special event bertajuk 'Pesona Ramadhan Sumatera Barat' pada Minggu pertama bulan Ramadhan.

"Rangkaian acaranya terdiri atas acara keagamaan seperti dai cilik, talkshow pariwisata halal, dan lainnya," terang Oni kepada TravelPlus Indonesia.

Mengenai lokasi Pesona Ramadhan Sumatera Barat tersebut masih dalam pembicaraan dengan 19 kabupaten dan kota di Sumbar. "Yang pasti akan dipusatkan di Masjid Raya Sumbar di Kota Padang," ungkap Oni.

Selain Pesona Ramadhan Sumatera Barat, juga ada acara Potang Balimau (menyambut Ramadan) di Kabupaten 50 Kota tanggal 5 Mei. "Ada juga acara Balimau lainnya di beberapa kota dan kabupaten lain," tambah Oni.

Lain lagi dengan Lombok (NTB), selama Bulan Ramadhan, Pemprov NTB akan menghadirkan para Imam Besar dari 4 negara Timur Tengah dalam kegiatan 'Pesona Khazanah Ramadhan' di Masjid Bumi Seribu, 8 - 25 Mei 2019.

Selain itu juga ada bermacam kegiatan pendukung seperti pameran/bazaar, aneka lomba, talkshow, kegiatan sosial, dan lainnya.

Pemprov NTB berharap lewat special event tersebut wisatawan dari seluruh Indonesia dan mancanegara khusus Asia hadir di NTB untuk melaksanakan ibadah yang lebih baik lagi dan khusyuk selama Bulan Suci Ramadhan.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber lain, di beberapa daerah lain juga menggelar even pada Ramadhan tahun ini.

Di Kebumen, Jawa Tengah tepatnya di Alun-alun Kebumen akan ada Ramadhan Festival tanggal 29 Mei - 4 Juni 2019 dari pukul 10.00 - 22.00 WIB, gratis untuk umum.

Adapun agenda acarannya antara lain seminar, ramulan kuliner, bazzar murah multi produk, lomba adzan dan hadroh serta bagi takjil.

Sementara di Kota Sawalunto, Sumbar, akan ada Bazaar Ramadhan pada tanggal 27-29 Mei 2019 di Pelataran Parkir Balaikota/halaman Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. Disbudpar Aceh

Captions:
1. Aceh sebagai destinasi halal Indoneaia siap menyambut wisatawan selama Ramadhan dengan suguhan 'Festival Ramadhan 2019’.
2. Tadarus bersama di Masjid Raya Banda Aceh atau Masjid Baiturrahman.
3. Salah satu jajanan khas Bulan Suci di Aceh.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP