. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 04 Mei 2019

Ngabuburit di Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen, Bikin Puasa Lebih Berwarna

Punya rencana ngabuburit di kampung orang lain dua atau tiga hari di bulan puasa Ramadhan tahun ini? Coba saja ke Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen, pasti bakal bikin Bulan Suci Anda lebih berwarna.

Berdasarkan video dari akun Instagram @kampoengramadhankadjen diinfornasikan bahwa Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen 2019 atau yang ketiga ini berlokasi sama sebagaimana tahun lalu di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng) tepatnya di Kompleks Halaman Selatan Balai Desa Kajen (sepanjang Jalan Kandjengan), pertigaan jalan desa tersebut, mulai 1-15 Ramadhan 1440 H atau tanggal 6-20 Mei 2019.

Puluhan pedagang dipastikan akan kembali mewarnai sepanjang tepi jalan balai desa tersebut.

Aneka panganan dan minuman khas berbuka puasa atau takjil akan menjadi sajian utama para pedagang dalam even tahunan yang digawangi Karang Taruna Sumohadiwidjaya Kajen.

Pengunjung juga akan dihibur dengan bermacam kesenian Islami antara lain rebana, tongtek, dan musik akustik dari berbagai komunitas yang ada di Kajen.

Ribuan pengunjung baik dari kalangan warga, santriwan-santriwati dari sekitar Kajen dan pengunjung dari berbagai kota di Jateng diperkirakan akan kembali memadati area Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen tahun ini sebagaimana tahun lalu.

Menurut Ketua Pelaksana Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen (KRSK) 2019 Aem Alkhajainy, penyelenggaraan KRSK tahun lalu setiap harinya sekitar seribu-an pengunjung yang datang.

"Sejauh ini masih dominan pengunjung lokal Kabupaten Pati. Ada juga dari Jepara, Kudus, Demak, dan Semarang," terang Aem kepada TravelPlus Indonesia lewat pesan WA baru-baru ini.

Di Desa Kajen terdapat sebuah makam seorang wali bernama K.H.Ahmad Mutamakkin yang haulnya diperingati setiap tanggal 1 pada bulan syuro sampai tanggal 10 syuro (Muharram).

Syeh Ahmad Mutamakin dipercaya sebagai salah satu tokoh yang berjasa besar dalam penyebaran Agama Islam di Utara Pulau Jawa terkhusus wilayah Pati.

Travel Tips
Tak sulit menjangkau Desa Kajen.

Menurut  Gus Farid, Ketua Karang Taruna di Desa Kajen, pengunjung backpacker dari Jakarta yang ingin melihat dan menikmati KRSK 2019, bisa naik Bus Santika, Bejeu, Nusantara, dan atau Bus Haryanto dari berbagai terminal di Jakarta seperti Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Lebak Bulus menuju Terminal Pati.

Selanjutnya naik bus jurusan Tayu lalu turun di pertigaan Ngemplak. Dari pertigaan itu tinggal jalan kaki sekitar 100 meter ke Kajen.

Biasanya bus dari Jakarta yang ke terminal Pati, lanjut Gus Farid, berangkat pukul 3 sore dengan ongkos Rp 210 ribu per orang selama sekitar 8 jam.

"Ada juga Bus Haryanto dari Lebak Bulus yang melewati pertigaan Ngemplak. Bilang saja turun pertigaan Ngemplak," terang Gus Farid yang tengah menimba kuliah pascasarjana di UI Depok dan kini tinggal di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Soal penginapan atau hotel di Kajen, sementara belum ada. "Tapi bisa tinggal izin di rumah warga atau di pesantren. Ada 40 pesantren lebih di sini. Kalau ke pesantren minta izin sama pengasuh atau kiai pesantrennya. Kalau di rumah warga bisa minta informasi dengan Mas Aem," tambah Gus Farid.

Di Kajen, sambungnya  juga sudah ada ojek online, jadi memudahkan backpacker kalau mau kemana-mana.

"Objek wisata di Kajen banyak situsnya antara lain Makam, Masjid, dan Heritage. Nanti detilnya bisa bertanya dengan Mas Zuli sebagai pemandu untuk wisata religi dan sejarah di Kajen," pungkas Gus Farid.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. kampoengramadhankadjen & aem

Captions:
1. Kampoeng Ramadhan Sumohadiwijayan Kajen (KRSK) siap mewarnai puasa Ramadhan 1440 H/ 2019.
2. Siap ngabuburit memburu aneka takjil khas Ramadhan di KRSK ketiga ini.
3. KRSK tahun lalu dikunjungi seribuan pengunjung setiap hari.
4. Pengunjung bukan hanya warga lokal dan santriwati-santriwan, pun dari berbagai kota di Jateng.
5. Bakal dihibur dengan aneka kesenian Islami.
6. Desa Kajen mudah di Kabupaten Pati, Jateng mudah diakses dari Jakarta dan kota lainnya.




0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP