. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 04 Mei 2019

Ke Solo Bulan Puasa, Ngabuburitnya di Kampoeng Ramadhan Laweyan

Solo juga punya Kampoeng Ramadhan Laweyan yang rutin digelar tiap tahun di sepanjang Jalan Sidoluhur, Kampung Batik Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

Kampoeng Ramadhan Laweyan (KRL) 1440 H atau tahun 2019 ini baru saja dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo, Sabtu (4/5).

Acara pembukaan juga dihadiri Lurah Laweyan Yuyuk Yuniman yang memaparkan laporan kegiatan dan Natsir yang membacakan doa diawal acara.

Acara opening ceremony atau pembukaan dimeriahkan dengan penyambutan para tamu dan warga Kelurahan Laweyan oleh Tim Hadrah Muslimah Laweyan.

Dilanjutkan dengan Kirab Tarhib Ramadhan yang diikuti perwakilan RT se-Kelurahan Laweyan mulai ba'da Ashar sampai selesai dengan titik start dan finish di Masjid Al Khirmani.

KRL 2019 yang mengusung tema "Menjalin Ukhuwah Menjemput Berkah" ini digelar mulai 4-29 Mei dengan beragam acara menarik antara lain menyuguhkan Pasar Takjil Ramadhan.

Kabarnya akan ada 50 lebih stan yang menjual bermacam panganan dan minuman untuk berbuka puasa atau takjil dengan harga amat terjangkau, bahkan juga akan ada Kolak Laweyan gratis.

Dalam agenda acara yang disebarluaskan lewat akun IG @kampoengramadhanlaweyan, juga ada acara Ngabuburit Bareng yang akan dilaksanakan tanggal 11, 18 & 25 Mei, mulai ba'da Ashar.

Selain itu Buka Puasa Bersama tanggal 11 & 25 Mei, mulai jelang Maghrib, dilanjutkan Shalat Maghrib dan Taraweh di Masjid Al Khirmani.

Suguhan acara lainnya Lomba Anak Islam di Masjid Baiturrohom, Ahad (19/5).

Sebagai acara pamungkas sekaligus penutupan akan digelar Takbligh Akbar di panggung yang ada di Jalan Sidoluhur, Sabtu (25/5) ba'da Tarawih.

Tabligh tersebut akan diramaikan dengan ceramah da'i terkenal H. Sunaryo, M.Si serta suguhan Hadrah dan Shalawat Nawa Kartika Ceper Klaten.

Guna menjadikan Ramadhan semakin semarak, tampilan fisik Kampung Batik Laweyan terutama di titik utama yakni  di Jalan Sidoluhur, Gondosuli, dan Nitik pun dihias sedemikian rupa dengan bermacam asesoris dan pernak-pernik bernuansa Islami.

Harapannya, tentu saja agar warga makin bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan dan juga menarik perhatian wisatawan untuk datang menyaksikan KRL tahun ini.

Kegiatan KRL sendiri, untuk pertama kali digagas oleh pengurus Masjid Agung Keraton Surakarta (Solo), dan kemudian mendapat dukungan positif dari Pemerintah Kota, dimana kelurahan yang ditunjuk akan mendapatkan dana untuk menggelar kegiatan yang menarik dan bermanfaat selama bulan Ramadhan.

(kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.@kampoengramadhanlaweyan

Captions:
1. Kirab Tarhib Ramadhan meramaikan acara pembukaan Kampoeng Ramadhan Laweyan (KRL) 1440 H di Jalan Sidoluhur, Kampung Batik Laweyan, Sabtu (4/5).
2. Tim Hadrah Muslimah Laweyan semarakkan pembukaan KRL 2019.
3. Nasi Liwet khas Solo. (dok. adji)
4. Agenda acara KRL 2019.
5. KRL turut lambungkan pesona Kampung Batik Laweyan. (dok.@roemahkoeheritage)


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP